News Ticker
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
Bakso Beranak dalam Mangkuk di Temayang, Nyam Nyam

Kuliner

Bakso Beranak dalam Mangkuk di Temayang, Nyam Nyam

Oleh Muliyanto

Temayang – Makanan popular ini banyak diperbincangkan di media sosial akhir – akhir ini. Rasa penasaran yang berawal dari perbincangan di media sosial itu akhirnya sirna saat semangkuk bakso mongah – mongah terhidang di meja disertai senyum sang koki yang juga penyaji, Pak Mordiono (28), di warung miliknya di Temayang, dua hari lalu, Senin (17/04/2017).

Warung bakso Pak Mordiono namanya Warung 71, terletak di tepi jalan raya Bojonegoro – Nganjuk, tepatnya di sebelah utara SMK Negeri Temayang, timur jalan. Dari Bojonegoro kota, butuh waktu hanya sekitar 15 menit perjalanan dengan motor.

“Habiskan,” kata Pak Mordiono dengan ramah menggunakan bahasa Jawa setelah meletakkan dua mangkuk di meja.

Saya menatap dua mangkuk itu. Yang satu berisi mie, bawang goreng, kubis, seledri dan kuah kaldu. Satunya lagi pentol separuh berukuran jumbo seukuran bola bisbol sedang tengkurap, ditemani satu butir pentol kecil dan kerupuk.

 

 Foto bakso beranak porsi separuh. Ada pentol - pentol kecil di dalam pentol besar. 

 

Aroma gurih menguar menusuk hidung dari mangkuk itu. Tanpa pikir panjang lagi, bismillah, segera saya jamah pentol jumbo itu dengan sendok dan garpu. Kedua mata saya membelalak setelah pentol itu saya iris, dari dalamnya muncul butir 5 pentol ukuran kecil yang mongah mongah minta disantap. Ada juga sebutir telur puyuh empuk di antara pentol - pentol itu. Tak ada alasan lain untuk tidak mengiyakan makanan itu disebut bakso beranak. Nama yang mengandung kreativitas dan semangat juang.

“Yang sedang sampeyan santap itu bakso beranak kecil,” kata Pak Mordiono di sela – sela saya mengunyah pentol.

Sebab, kata bapak satu anak itu, sepanjang dia buka warung bakso ini, belum ada yang sanggup menghabiskan semangkuk bakso beranak besar. Bakso beranak besar yang Pak Mordiono maksud adalah porsi utuh. Sementara yang tengah saya makan adalah porsi separuh. Awalnya saya kurang percaya bisa menghabiskan porsi kecil yang tengah saya santap. Tapi tak lebih dari 10 menit, dua mangkuk di meja tandas. Ini pertanda bahwa bakso ini benar – benar, seperti kara Bondan Winarno, “mak nyus”.

Selain itu, kata banyak orang, bakso termasuk jenis makanan yang menggairahkan di awal namun senyap di akhir. Maksudnya kelezatan bakso seringkali tidak bertahan lama. Orang bisa sangat lahap saat awal – awal mulai mengunyah pentol, namun sampai pentol yang ke lima, seringkali sudah puas, tak sanggup lagi meneruskan. Namun saya rasa itu tidak berlaku pada bakso beranak milik Pak Mordiono. Rasa gurih daging sapi pada pentolnya bertahan hingga kunyahan terakhir. Kesegaran kuahnya terasa hingga tetes paling akhir.

“Yang saya prioritaskan adalah rasa. Bukan melulu keuntungan. Yang dititeni (diperhatikan) pembeli itu rasanya. Toh harganya juga termasuk murah. Bakso beranak di kota – kota lain harganya rata - rata lebih mahal,” kata Pak Mordiono saat bincang – bincang seusai makan.

Pak Mordiono kemudian mengisahkan sedikit tentang sejarah warung bakso 71 miliknya. Berawal dari sekitar tiga tahun lalu sebenarnya dia mulai berbisnis pentol. Dia mengawali dari nol dengan berkeliling menggunakan rombong. Saat itu dia baru saja bangkrut dari usaha yang digelutinya yang juga di bidang kuliner. Dia hampir putus asa saat itu. Usahanya bangkrut dan dia harus menjual sapi untuk menutupi kerugian.

Hingga kemudian dia bangkit dan memulai berbisnis lagi hanya dengan modal hutangan Rp 600 ribu. Dari modal kecil itu dia telaten hingga semakin lama semakin berkembang. Dari satu rombong hingga bisa memiliki 3 rombong tambahan yang dijalankan oleh anak buahnya. Dengan keberadaan Warung 71 ini, dia tak lagi keliling menjajakan pentol.

Nama Warung 71 yang dia gunakan pun, memiliki filosofi tersendiri. Kata Pak Mor, angka 71 itu dalam kepercayaan masyarakat Jawa merupakan kesadaran ilahiah dimana yang bisa memberikan pitulungan (pertolongan) adalah hanya satu, Tuhan.

Dengan kesadaran itu, dia menjalankan dan mengembangkan bisnisnya dan juga tentu saja keseharian laku hidupnya.

Kemudian gambar Semar yang dia sematkan sebagai logo yang terpampang pada baner depan warung juga amat berarti bagi Pak Mordiono. Dia mengaku begitu mengagumi tokoh ponakawan dalam kisah Mahabharata versi Jawa itu. Sosok buruk rupa yang sebenarnya adalah dewa namun memilih menjadi manusia biasa itu memang dipercaya menjadi simbol sosok suci dalam pewayangan. Gambar Semar itu pula yang dipasang di rombong miliknya sejak pertama kali merintis usaha pentol beberapa tahun lalu.

Apapun itu, yang penting bakso beranak benar – benar lezat. Buktinya, selang 30 menit kemudian, saya sudah kepingin makan lagi meski tahu perut saya masih penuh. Dan yang menggembirakan lagi, harganya pas di kantong.

Satu porsi besar bakso beranak milik Pak Mordiono dibanderol harga Rp 20 ribu. Untuk porsi kecil (separuh) seharga Rp 10 ribu. Selama ini yang meminati kebanyakan yang porsi kecil. Selain kedua itu, masih ada satu pilihan lagi, bakso menu biasa dengan harga Rp 5 ribu. Cukup murah tentu saja. Kalau tidak murah, tentu saja, cukup ajaib dalam sehari paling tidak ada 200 sampai 300 atau bahkan lebih kalau pas hari libur, yang mampir di Warung 71.  Tetapi tetap saja yang paling utama adalah rasa. Hmm..., nyam nyam. (mol/moha)

Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714027865.4894 at start, 1714027865.6801 at end, 0.19068002700806 sec elapsed