News Ticker
  • Angin Kembali Terjang Bojonegoro, 2 Rumah Roboh, Puluhan Lainnya Rusak, 1 Orang Patah Kaki
  • Bupati Blora Lantik 12 Kades yang Terpilih dalam Pilkades Serentak 2019
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Bimtek Pengelolaan dan Pemanfaatan Barang Milik Daerah
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Pelatihan Manajemen Pengelolaan Asset dan Barang Milik Desa
  • Kapolres Bojonegoro Pimpin Sertijab Kapolsek Trucuk dan Kapolsek Kalitidu
  • Difabel, Membangun Kesadaran Inklusivitas
  • 2 Hari Beruntun Bojonegoro Diterjang Angin, Inilah Data Kerusakan Yang Ditimbulan
  • Menikmati 'Nasi Gulung' di Lokasi Objek Wisata Geopark Teksas Wonocolo Bojonegoro
  • DLH Koordinasi Dengan Polisi, Usut Keberadaan Limbah di Desa Mayangrejo Kalitidu Bojonegoro
  • Warga Keluhkan Bau Limbah di Lahan Kosong di Desa Mayangrejo Kalitidu Bojonegoro
  • Angin Terjang Kedungadem Bojonegoro, 3 Bagunan Roboh, Kerugian Capai Rp 350 Juta
  • Pemkab Bojonegoro Kembali Gelar Festival Geopark Teksas Wonocolo 2019
  • Diduga Akibat Lilin, Rumah Warga Ledokkulon Bojonegoro Kota Terbakar
  • Tertimpa Rumahnya Yang Roboh, Seorang Warga Kalitidu Bojonegoro Luka-Luka
  • Kota Bojonegoro Diterjang Angin, Belasan Pohon Tumbang, Separo Kota Listrik Padam
  • Bayi Prematur Yang Lahir di Pinggir Jalan di Hutan Bojonegoro, Akhirnya Meninggal Dunia
  • Meski Sungai Bengawan Solo Diduga Tercemar, Air PDAM Bojonegoro Aman Dikonsumsi
  • Dinas Lingkungan Hidup Bersama Kodim Bojonegoro Tanan Pohon Penghijauan
  • Kapolres Bojonegoro Apresiasi Anggota Polisi yang Bantu Persalinan Warga di Tengah Hutan
  • Novel 'Pulang ke Desa', Karya Penulis Bojonegoro Dapat Apresiasi dari Menteri Desa PDDT
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Rakor dan Pembinaan Pengelolaan Lumbung Pangan Desa
  • 34 Bidan Dukuhan di Kabupaten Bojonegoro Terima Kendaraan Dinas Jenis Motor Tril
  • Wakil Bupati Bojonegoro Buka Kegiatan Training Service Excellence
  • Kondisi Air Bengawan Solo di Bojonegoro Tercemar atau Lebihi Ambang Batas Baku Mutu

Pemkab Bojonegoro Kembali Gelar Bursa Inovasi Desa di Wilayah Kecamatan Cluster VII

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), pada Rabu (13/11/2019), kembali menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Bojonegoro untuk wilayah atau Cluster VII, Kecamatan Gayam, Kecamatan Purwosari, Kecamatan Ngambon, Kecamatan Ngasem, dan Kecamatan Kalitidu.
 
 
Kegiatan yang digelar di GOR Desa Gayam Kecamatan Gayam, tersebut mengambil tema "Desa Inovatif dan Produktif."
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Pelaksana Tugas Kepala DPMD Kabupaten Bojonegoro, Djuana Poerwiyanto SSos MM, Forpimca Gayam, dan diikuiti Camat dan Kasi PMD dari masing-masing Kecamatan, Kades dan BPD dari masing-masing desa dari 5 kecamatan tersebut.
 
 
 
 

Plt Kepala Dinas PMD, Djuana Poerwiyanto SSos MM, saat beri sambutan dalam acara Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Bojonegoro untuk wilayah Cluster VII. Rabu (13/11/2019)

 
Plt Kepala Dinas PMD, Djuana Poerwiyanto SSos MM dalam sambutannya menuturkan bahwa Bursa Inovasi Desa berasal dari kata bursa yang artinya pasar, dan inovasi yang artinya kreatifitas.
 
"Bursa Inovasi Desa berarti desa berinovasi menciptakan inovasi-inovasi kemudian dipasarkan," tutur Djuana Poerwiyanto SSos MM.
 
Pada kesempata tersebut, Djuana Poerwiyanto berharap pada desa-desa agar supaya mengelola berbagai potensi lokal yang ada, sehingga mampu meningkatan ekonomi lokal.
 
"Tentunya hal ini harus dibarengi dengan sumber-sumber dana yang ada baik dari Alokasi Dana Desa atau pun dari Dana Desa. Maka perlu suport dari pemerintah desa setempat." tuturnya.
 
Djuana Poerwiyanto juga menyampaikan bahwa perlu adanya tata kelola yang baik dari kepala desa, BPD, dan BUMDes yang ada, untuk mengembangkan potensi-potensi desa, agar digali dan dikelola dengan baik.
 
"Maka perlu perencanaan dan dipikirkan, sehingga apa yang dilakukan ini nantinya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Sehingga ke depan lebih baik dan berkuaalitas. Dengan begitu pembangunan di desa berkuaalitas dan mampu menjadi desa yang produktif." kata Djuana Poerwiyanto.
 
 
Sementara itu Camat Gayam, Ir Agus Hariana MSi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkup Kabupaten Bojonegoro.
 
"Bursa inovasi desa ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten." kata Ir Agus Hariana MSi.
 
Agus Hariana juga menyampaikan bahwa Program Inovasi Desa Tahun 2019 memasuki tahapan penting dalam siklus kegiatan tahunannya, yakni pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID). Program yang diinisiai oleh Kemdes ini merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa, dan merupakan media belajar bagi masyarakat dan pemerintah desa untuk memperoleh informasi (referensi) yang dapat mendukung pembangunan desa.
 
"Adanya BID membuat pemerintah desa memiliki referensi dalam merencanakan dan menjalankan pembangunan desa, serta menggunakan Dana Desa (DD) secara lebih optimal, inovatif dan berkualitas." tutur Ir Agus Hariana MSi.
 
 
Agus Hariana mengungkapkan bahwa perlu diketahui BID wajib dilaksanakan di kabupaten di seluruh Indonesia dan dikelola oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK). Namun pada 2019, BID dilaksanakan di tingkat kecamatan yang dikelola oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan.
 
"Sehingga lebih dekat ke desa. Baik di kecamatan maupun cluster kecamatan. Dalam hal ini cluster terdiri dari Kecamatan Gayam, Kalitidu, Ngasem, Ngambon, dan Purwosari." tuturnya mengimbuhkan.
 
Masih menurut Agus Hariana bahwa kegiatan BID  dilaksanakan setiap tahun, yang diharapkan secara efektif mampu mendorong pelipatgandaan inisiasi desa dalam merancang program inovatif dalam rancangan pembangunannya. 
Hal tersebut diketahui dari tingginya jumlah rencana replikasi program inovasi desa dalam struktur perencanaan penganggaran pembangunan setiap tahunnya.
 
Menurut Agus Hariana, dari BID 2018 mampu mendorong desa-desa merancang program atau kegiatan inovatif dalam APBDesa 2019. Sementara  dari BID 2019, jumlah desa yang mereplikasi inovasi, sebagaimana terkonfirmasi dari APBDesa 2019 meningkat, dibandingkan tahun yang lalu.
 
"Adapun maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif." kata Agus Hariana.
 
Kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.
 
 
Bursa Inovasi Desa ini bisa memberikan manfaat bagi desa. Dengan demikian para kepala Desa dan perangkat desa serta BPD dalam penggunaan dana desa untuk mendorong produktivitas. Kemudian juga mendorong pertumbuhan ekonomi, peningkatan kapasitas desa yang berkelanjutan untuk kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat menuju desa mandiri, dalam rangka peningkatan pembangunan perdesaan, upaya terobosan percepatan dan efektivitas penggunaan dana desa.
 
"Program Inovasi Desa ini bertujuan untuk mendongkrak dan membangkitkan semangat melakukan terkait hal-hal pembangunan, seraya menggali potensi sumber daya alam, terutama SDM di Kecamatan Claster BID Ini." kata Agus Hariana. (dan/imm)
Berita Terkait

Videotorial

Ademos The Series, Geliat Desa Menuju Perubahan

Videotorial

Ademos The Series, Geliat Desa Menuju Perubahan

Web Series Ademos The Series, Geliat Desa Menuju Perubahan, garapan Ademos Indonesia bekerja Yayasan Mannah dan Jampro, mengusung tema tentang ...

Berita Video

Viral! Video Pengendara Motor di Bojonegoro Masuk Got, Disenggol Truk Trailer

Berita Video

Viral! Video Pengendara Motor di Bojonegoro Masuk Got, Disenggol Truk Trailer

Bojonegoro - Video pengendara motor disenggol truk trailer di Bundaran Adipura Bojonegoro, yang diunggah oleh akun facebook @Mila Yanana, di ...

Teras

Hari Batik Nasional, Sudahkah Anda Menggunakan Batik?

Hari Batik Nasional, Sudahkah Anda Menggunakan Batik?

HARI INI, 2 Oktober 2019, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Peringatan Hari Batik Nasional ini terjadi ketika pada 2 Oktober ...

Opini

Peran dan Pentingnya Dokter Hewan bagi Manusia

Opini

Peran dan Pentingnya Dokter Hewan bagi Manusia

DOKTER hewan, mungkin masih asing di telinga masyarakat dan kadang masih sering diremehkan oleh yang mendengar. Berdasarkan motto dokter hewan ...

Quote

Pendekatan

Quote

Pendekatan

Seorang kepala sekolah selalu datang 30 menit sebelum jadwal pelajaran dimulai atau pintu gerbang ditutup untuk memberi salam, berjabat tangan ...

Sosok

Mbah Sapurah, Nenek 80 Tahun Warga Trucuk Bojonegoro ini Bertahan Hidup di Usia Senja

Mbah Sapurah, Nenek 80 Tahun Warga Trucuk Bojonegoro ini Bertahan Hidup di Usia Senja

Di depan gedung Kantor Sat Reksrim Polres Bojonegoro yang sepi karena hari libur, pada Sabtu (16/11/2019) siang, nampak seorang nenek ...

Eksis

Novel 'Pulang ke Desa', Karya Penulis Bojonegoro Dapat Apresiasi dari Menteri Desa PDDT

Novel 'Pulang ke Desa', Karya Penulis Bojonegoro Dapat Apresiasi dari Menteri Desa PDDT

Bojonegoro - Penulis asal Bojonegoro Didik Wahyudi, mendapat apresiasi dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim ...

Infotorial

Difabel, Membangun Kesadaran Inklusivitas

Difabel, Membangun Kesadaran Inklusivitas

Bojonegoro - Bersama sekitar 40 penyandang difabel, Hamim, Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Makmur Desa Lengkong Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, ...

Berita Foto

Suasana Baru di Depan Pendapa Pemkab Bojonegoro

Berita Foto

Suasana Baru di Depan Pendapa Pemkab Bojonegoro

#adsense# Bojonegoro - Pemandangan berbeda terlihat di depan Pendapa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, di Jalan Mas Tumapel Bojonegoro. Papan nama kantor ...

Religi

Ribuan Jemaah Hadiri Pengajian dan Gema Salawat di Alun-Alun Bojonegoro

Ribuan Jemaah Hadiri Pengajian dan Gema Salawat di Alun-Alun Bojonegoro

Bojonegoro - Ribuan jemaah pada Minggu (06/10/2019) siang, tumpah ruah berdatangan ke Alun-alun Kota Bojonegoro, untuk menghadiri acara Gema Salawat ...

Pelesir

Menikmati 'Nasi Gulung' di Lokasi Objek Wisata Geopark Teksas Wonocolo Bojonegoro

Menikmati 'Nasi Gulung' di Lokasi Objek Wisata Geopark Teksas Wonocolo Bojonegoro

Bojonegoro - Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro, yang dikenal dengan sumur minyak tua (tradisional), selain menawarkan objek wisata Geo ...

Hiburan

Kapolres Bojonegoro Ajak Pelajar, Netizen dan Awak Media, Nonton Bareng Film Sang Prawira

Kapolres Bojonegoro Ajak Pelajar, Netizen dan Awak Media, Nonton Bareng Film Sang Prawira

Bojonegoro - Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan SIK MH, pada Rabu (04/12/2019) malam, mengajak sejumlah pelajar, netizen dan awak ...

Statistik

Hari ini

352 kunjungan

523 halaman dibuka

25 pengunjung online

Bulan ini

98.049 kunjungan

138.795 halaman dibuka

Tahun ini

2.221.215 kunjungan

3.422.094 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 594.009

Indonesia: 7.331

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1575926498.001 at start, 1575926498.3585 at end, 0.35750484466553 sec elapsed