News Ticker
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
Menikmati 'Nasi Gulung' di Lokasi Objek Wisata Geopark Teksas Wonocolo Bojonegoro

Menikmati 'Nasi Gulung' di Lokasi Objek Wisata Geopark Teksas Wonocolo Bojonegoro

Bojonegoro - Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro, yang dikenal dengan sumur minyak tua (tradisional), selain menawarkan objek wisata Geo Heritage (Geopark) Teksas Wonocolo, ternyata juga menawarkan kuliner yang unik, yang berbeda dan jarang ditemukan di daerah lain, yaitu 'Nasi Gulung' Wonocolo.
 
 
Saat anda mendengan nama 'nasi gulung', boleh jadi anda membayangkan makanan yang serupa dengan Arem-arem, atau masakan nasi yang dibungkus sedemiakan rupa menggunakan daun pisang, yang didalamnya terdapat isi berupa adonan atau campuran sayuran dengan daging atau ayam, sehingga untuk memakannya tinggal dibuka bungkusnya kemudian disantap.
 
Namun dugaan anda keliru. Nasi Gulung Wonocolo ini, ternyata hanya nasi yang sudah jadi, kemudian dibungkus sedemikian rupa menggunakan daun pisang dan digulung, kemudian kembali dikukus sehingga nasi tersebut memiliki aroma daun pisang yang khas.
 
Sementara untuk lauknya, ada beberapa jenis yang dibungkus terpisah dari nasi gulung tersebut, antara lain sambal teri, rica-rica ayam atau entok, dan oseng-oseng daun pepaya dengan campuran teri.
 
Saat anda berkunjung di lokasi wisaata Geopark Teksas Wonocolo, kuliner yang satu ini mudah anda temukan di warung-warung di sekitar lokasi tambang minyak sumur tua Wonocolo .
 
 
 

Nasi Gulung Wonocolo, makanan khas di objek wisata Geo Heritage (Geopark) Teksas Wonocolo, Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaen Bojonegoro.

 
Anggi (30) salah seorang pemilik warung di area sumur minyak tua Wonocolo, yang menjual Nasi Gulung, pada Minggu (08/12/2019), kepada awak media ini mengatakan bahwa dirinya jualan kalau ada event saja, namun untuk kebanyakan warung yang ada di lokasi wisata tersebut, berjualan setiap hari.
 
"Saya penjual dadakan. Tapi kebanyakan warung di sini berjualan setiap hari. Menyediakan makanan untuk para pekerja tambang tradisional yang kerjanya 24 jam, silih berganti," tutur Anggi.
 
 
Anggi mengaku di warungnya juga menjual menu makanan atau masakan lain, karena pengunjung yang berwisata di Geopark Teksas Wonocolo, khususnya saat ada kegiatan, kebanyakan dari luar desa atau kecamatan setempat, sehingga dirinya tetap menyedian menu masakan yang dijual pada warung kebanyakan. Namun untuk menu nasi gulung, semua warung di lokasi wisata tersebut pasti menyediakan.
 
Sementara untuk harga per bungkus nasi gulung dengan lauknya, Anggi menjual dengan harga antara Rp 8.000 hingga Rp 10.000, tergantung jenis lauk yang dipilih pembeli.
 
"Nasi Gulung ini tetap menu wajib mas. Tiap kali ada acara seperti ini, saya bisa jual sekitar 30 bungkus," tuturnya mengimbuhkan.
 
 
 
 

Wakil Bupati Bojonegoro, Drs H Budi Irawanto MPd; saat nikmati Nasi Gulung Wonocolo, sebelum membuka kegiatan Festival Geopark ke-2 Teksas Wonocolo 2019. Minggu (08/12/2019)

 
Menurut Heri (35) warga kecamatan setempat, kepada awak media ini mengaku tidak tahu sejak kapan nasi gulung Wonocolo tersebut mulai ada. Ia mengaku sejak kecil sudah mengenal nasi gulung, yang biasa dibawa oleh para pekerja tambang sumur minyak tua tradisional di area tersebut.
 
"Mungkin karena praktis untuk dibawa kemana-mana, karena lokasi sumur tua tempat pekerja kan ada yang di atas bukit dan ada yang di bawah. Jadi nasi bungkus ini menjadi makanan pilihan bagi para pekerja tambang," tutur Heri.
 
Heri menambahkan bahwa para pengunjung objek wisata Geopark Texas Wonocolo tidak perlu kawatir jika ingin menikmati Nasi Gulung Wonocolo, karena makanan yang satu ini banyak ditemukan di warung-warung di area tersebut.
 
"Kalau berkunjung ke Geopark Teksas Wonocolo bisa dicoba Nasi Bungkus khas Wonocolo. Penampilannya yang unik dengan dibungkus daun pisang dan lauknya yang khas masakan pedesaan, dengan sambel yang pedas, sangat cocok bagi anda yang suka masakan pedas," tutur Heri.
 
 
Hal senada juga disampaikan salah satu anggota Pposramil Kedewan, Peltu Ali Mukson, bahwa dirinya mengenalnya Nasi Gulung sudah sejak lama, karena makanan yang satu ini sudah ada sejak jaman dulu dan menjadi makanan andalan bagi para penambang.
 
"Dari penampilanya yang simpel, Nasi Gulung ini bisa dibawa ke mana-mana, untuk dijadikan bekal para penambang yang menambang minyak tradisional." tuturnya.
 
 
Terpisah, Wakil Bupati Bojonegoro, Drs H Budi Irawanto MPd; sebelum membuka kegiatan Festival Geopark ke-2 Teksas Wonocolo 2019, ditemui awak media ini di Rumah Singgah Geopark Wonocolo, yang saat itu sedang yang juga menikmati sajian Nasi Gulung Wonocolo menyampaikan bahwa Nasi Gulung Wonocolo rasanya cukup lezat dan gurih
 
Wakil Bupati berharap, makanan khas Nasi Gulung Wonocolo tersebut dapat dikenalkan lebih luas kepada masyarakat, agar masyarakat tahu bahwa di lokasi wisata Geopark Teksas Wonocolo tesebut ada makhana khas yang layak untuk dinikmati.
 
"Saya harap semua pihak dapat memperkenalkan sekaligus mempromosikaan nasi gulung tersebut lebih luas lagi. Ini lho makanan khas tradisional Wonocolo," tutur Wakil Bupati Budi Irawanto. (red/imm)
 
Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713539201.5225 at start, 1713539201.6669 at end, 0.1443989276886 sec elapsed