News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Resmikan Pasar Daerah Unit Banjarejo I

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Resmikan Pasar Daerah Unit Banjarejo I

Bojonegoro - Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, pada Kamis (07/01/2021), resmikan pengoperasian Pasar Daerah Unit Banjarjo I, yang berlokasi di Kelurahan Banjarejo Kecamatan Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro.
 
 
Pasar Daerah Unit Banjarejo I Bojonegoro, dibangun dengan anggaran sebesar Rp 47,67 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro Tahun 2020.
 
Selain membangun Pasar Banjarejo I, pada tahun 2020 Pemkab Bojonegoro juga membangun Pasar Sroyo yang berlokasi di Desa Sroyo Kecamatan Kanor, dengan angaran Rp 8,9 miliar, serta merevitalisasi 7 Pasar Daerah atau pasar tradisional lainnya, yaitu Pasar Malo, Kalitidu, Padangan, Dander, Sugihwaras, Kedungadem dan Pasar Kanor.
 
 
 
 

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Drs Sukemi MSi, saat beri sambutan dalam peresmian Pasar Daerah Unit Banjarjo I, Kamis (07/01/2021) (foto: dan/beritabojonegoro)

 
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Drs Sukemi MSi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pasar Banjarejo I, dibangun dalam waktu kurang lebih 5 bulan, dengan anggara yang bersumber dari APBD Kabupaten Bojonegoro sebesar Rp 47.67 miliar.
 
Sukaemi menjelaskan bahwa Pasar Banjarejo I terdiri dari dua lantai. Di lantai pertama terdapat 693 toko, bedak (kios) dan lesehan, dan tidak ada los. Kemudian di lantai dua, ada 104 toko dan bedak (kios). Selain itu, di lantai dua juga ada wahana permainan anak, food court, dan area untuk promosi. Sementara sarana prasarana yang melekat di gedung pasar tersebut yaitu kamar mandi dan WC di lantai bawah ada 6 dan lantai 2 ada 6.
 
 
Menurut Sukaemi, sebelum peresmian tersebut, pihaknya telah melakukan undian penempatan dan sosialisasi kepada pedagang agar menggunakan toko adau bedak yang disewa, sesuai dengan peruntukkannya, antara lain tidak boleh dipergunakan sebagai gudang, kemudian tidak tutup, dan tidak boleh di sewakan lagi kepada pedagang lain.
 
"Jika ada pelanggaran maka dalam waktu 15 hari nanti akan di tarik oleh Pemkab Bojonegoro. Alhamdulillah para pedagang setuju, sehingga bisa dilaksanakan dengan baik," kata Sukaemi
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat beri sambutan dalam peresmian Pasar Daerah Unit Banjarjo I, Kamis (07/01/2021) (foto: dan/beritabojonegoro)

 
Bupati Anna Muawanah dalam sambutannya menyampaikan bahwa pasar tersebut adalah asset negara atau asset pemerintah, yang dikuasakan kepada pemerintah daerah, maka siapapun yang menggunakan asset negara tidak bisa memiliki tetapi hanya menyewa.
 
"Tolong di pahami, ini tidak memiliki namun hanya menyewa. Karena seluruh asset negara yang digunakan, sifatnya warga hanya menyewa dan tidak boleh memiliki.
 
Menurut Bupati, dengan menyewa tersebut tentunya ada kirteria-kriteria, misal kalau luasnya lebih besar tentunya lebih mahal dibanding yang kecil. Bupati menegaskan bahwa penetapan harga sewa pasar tersebut sudah digunakan standar apraisal dan penilaian-penilaian.
 
"Saya yakin ini bisa menjadi bagian penopang pendapatan asli daerah." kata Bupati Anna Muawanah.
 
Bupati mengungkapkan bahwa di beberapa pasar daerah milik Pemkab Bojonegoro ada sebagian yang kurang berfungsi dengan baik. Salah satunya ada beberapa kios atau bedak pedagang di dalam pasar yang tutup atau dipergunakan sebagai gudang, sehingga pasar menjadi sepi, yang kemudian karena di dalam pasar sepi membuat para pedagang mulai berjualan di luar pasar atau di pinggir jalan.
 
"Kalau sudah digunakan gudang maka tetangganya sepi. Kemudaian akan pindah ke jalan atau pindah dekat dengan lapangan parkir, atau pindah ke tempat yang tidak sesuai.
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat resmikan Pasar Daerah Unit Banjarjo I, Kamis (07/01/2021) (foto: dan/beritabojonegoro)

 
Pada kesempatan tersebut Bupati mengingatkan kepada para pedagang atau penyewa agar menggunakan toko atau kios yang disewanya agar benar-benar dipergunakan untuk berdagang sesuai dengan peruntukannya dan tidak boleh dipindah tangankan.
 
Bupati juga meminta kepada pengelola pasar dan dinas terkait untuk melakukan penertiban terhadap pedagang pasar yang ada indikasi menyalahi aturan. Bupati juga meminta kepada Satpol PP, Camat, dan pengurus pasar, untuk melakukan pengawasan, dan tidak boleh ada perdagangan di luar toko atau pasar, karena kalau satu dibiarkan semerawut, dua menyusul dan seterusnya, maka pasar akan kosong dan di luar menjadi semrawut lagi.
 
"Kalau sudah tutup atau tidak dagang, silakan diserahkan kuncinya ke Dinas Perdagangan, agar Pemkab bisa memberikan kesempatan kepada yang lain. Harapan kami yang di tugaskan harus kontrol. Mereka yang ada indikasi menyalahi, harus segera ditertibkan," kata Bupati Anna Muawanah.
 
Di akhir sambutannya Buppati mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perdagangan atas pelaksanaan pembangunan pasar tersebut dapat dilaksanakan tepat waktu. Bupati berpesan agar apa yang sudah baik dapat dirawat dan dijaga sebaik-baiknya.
 
 
Sementara itu salah satu perwakilan pedagang pasar tersebut, Sri Utaminingsih (48) warga Kelurahan Banjarjo Kecamatan Bojonegoro Kota dirinya megaku sangat senang dengan diresmikannya pasar Banjarejo tersebut. Dirinya berharap dengan adanya pasar tersebut akan meningkat pendapatan dari para pedagang.
 
"Sekarang ini sudah tidak semrawut seperti sebelumnya. Sekarang sudah ditata per zona. Semoga dengan diresmikannya pasar ini pendapatan pedagang akan lebih baik lagi," kata Sri Utaminingsih.
 
 
Selain dihadiri Bupati Bojonegoro, peresmian tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariyanto, Kapolres Bojonegoro, Yang diwakili Kapolsek Bojonegoro Kota, Kompol Hariadi Agus Wahono SH; Ketua DPRD Bojonegoro, Imam Sholikin, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Drs Sukemi MSi, Forpimca Bojonegoro Kota dan perwakilan pedangang serta warga masyarakat Kelurahan Banjarejo. (adv/imm)
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714134951.1364 at start, 1714134951.3822 at end, 0.24574089050293 sec elapsed