News Ticker
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 6
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 5
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 4
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 3
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 2
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 1
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 6
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 5
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 4
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 3
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 2
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 1
  • Kasus Dugaan Korupsi Mobil Siaga Desa di Bojonegoro, Kejari Panggil Sejumlah ‘Sales’ Mobil
  • Sesosok Mayat Perempuan Ditemukan di Area Persawahan Kalitidu, Bojonegoro
  • Kecelakaan di Sukosewu, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal di TKP
  • Tenggelam di Embung, Seorang Bocah di Sumberrejo, Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Ratusan Peserta Ikuti Pesta Siaga Kwarcab Blora
  • Dirut Perum Bulog Serahkan Bantuan pada Korban Kebakaran Pasar Ngawen, Blora
  • Kunjungi Blora, Dirut Bulog Pastikan Utamakan Beras Lokal
  • Bawaslu Blora Rekomendasi 18 TPS untuk Dilakukan Penghitungan Ulang
  • Bawaslu Blora Rekomendasikan Penghitungan Suara Ulang di 8 TPS
  • Bupati Lantik 7 Pejabat Eselon II di Linkungan Pemkab Blora
  • Bupati Harap Pembangunan Bendungan Cabean, Todanan, Blora Bisa Dipercepat
  • Warga Desa Karangdinoyo, Sumberrejo, Bojonegoro Tangkap Seekor Ular Piton Sepanjang 3,5 Meter
Mochlasin Afan, Caleg DPRD Bojonegoro Partai Demokrat, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

Serba-Serbi Pemilu 2019

Mochlasin Afan, Caleg DPRD Bojonegoro Partai Demokrat, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

Bojonegoro - Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 telah usai dilaksananan dan perolehan suara partai politik peserta Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Bojonegoro juga telah diriilis dalam laman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro.
 
Berdasarkan data tersebut, khusus untuk pemilihan Calon Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro, dari 50 caleg yang perkirakan lolos menjadi dewan, ada satu nama yang mendapatkan sura terbanyak dalam pemilu yang digelar 17 April 2019 lalu.
 
Dia adalah Mochlasin Afan SH, politisi Partai Demokrat, Calon Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Bojonegoro 3 yang meliputi Kecamatan Sugihwaras, Kedungadem, Kepohbaru, dan Kecamatan Baureno, yang memperoleh 10.268 suara.
 
 
 
 
Mochlasin Afan SH, lahir di Bojonegoro 41 tahun lalu, suami dari Ety Hernami SPd ini tinggal bersama kedua buah hatinya, Reval Haidar Afan Nararya (12) dan Evo Raseddriya Afan Nitisara (8), di Jalan Munginsidi III Nomor 36 Bojonegoro Kota.
 
Afan menempuh pendidikan terakhir di Fakultas Hukum, Universitas Bojonegoro, dan meraih gelar Sarjana Hukum pada 2005.
 
Selain masih berstatus sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro dari Fraksi Demokrat (2014-2019), Afan saat ini juga menjabat sebagai Badan Pengawas Lembaga Studi Penguatan Masyarakat (LSPM) Bojonegoro.
 
Sementara dari sisi pengalaman organisasi, Afan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua I, DPC Partai Demokrat Bojonegoro (2012 - 2017); Sebagai Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM DPC Partai Demokrat Bojonegoro (2007-2012). Saat ini ia juga masih menjabat sebagai Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Bojonegoro (2018-2023) dan sebagai ketua DPC Laskar Demokrat Penegak  Hukum dan HAM (LDP KUMHAM) Kabupaten Bojonegoro (2015 -2020)
 
Sedangkan dari sisi pengalaman pekerjaan, ia pernah menjabat direktur perusahaan yang bergerak di bidang Konsultan Proyek pengadaan tenaga kerja dalam proyek PLKP-PKS PU Kimpraswil jatim Tahun 2000 di Bojonegoro; Staff Program YPSDI untuk program Penguatan Kapasitas Parlemen di Tiga Kab/Kota (Bojonegoro, Surabaya, Malang)  Kerjasama dengan CSSP Tahun 2001-2002; Staff Program LP3ES untuk program Quick Count dan survey Preferensi pemilih pada pemilu 2004 Sebagai Koordinator Propinsi Jawa Timur Tahun 2004.
 
Selain itu ia juga pernah bekerja sebagai Fasilitator Kecamatan dalam Program Kompensasi Pengurangan Subsidi BBM Infrastruktur Pedesaan (PKPS BBM IP) Kabupaten Gresik tahun 2005; Sebagai Fasilitator Pendamping Kecamatan dalam Program Aksi mengatasi dampak Kenaikan BBM (PAM-DKB) Propinsi Jawa Timur di Kabupaten Bojonegoro Tahun 2006; Sebagai Fasilitator  Pendamping Program Jaring Pengaman Ekonomi Sosial (JPES) Propinsi Jawa Timur di Kabupaten Bojonegoro Tahun 2007; Dan sebagai Fasilitator Kecamatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Kabupaten Bangkalan dan Tuban jawa Timur (2010-2013).
 
 
Saat ditanya awak media ini, apa konsep yang ia terapkan sehingga dapat memperoleh suara terbanyak dalam pemilu kali ini. Dengan lugas ia menjawab, “Tagline saya dalam pemilu kali ini: Mewujudkan perolehan suara dari yang paling sedikit menuju perolehan terbanyak.”
 
Lantas apa saja kunci keberhasilan untuk mewujudkan konsep tersebut, ia menyebutkan bahhwa ada tiga hal yang ia tempuh, yaitu, Pertama, menyiapkan infrastruktur pemenangan sejak setahun sebelum pemilu; Kedua,
membangun infrastruktur pemenangan di semua desa di Dapil Bojonegoro 3; Ketiga, memberikan target suara yang jelas dan terukur kepada semua tim.
 
Alhamdulillah, taget tersebut dapat tercapai. Terima kasih pada seluruh tim dan segenap pengurus Partai Demokrat,” tuturnya mengimbuhkan.
 
Setelah dirinya hampir dipastikan menduduki jabatan Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro periode 2019-2024, kepada awak media ini ia menuturkan bahwa selanjutnya dirinya akan berupaya untuk mengemban amanat masyarakat, terutama konstituennya tersebut, agar dirinya atau jabatannya dapat memberikan manfaat kepada sesama.
 
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia,” tuturnya mengutip salah satu sabda Rasulullah Muhammad SAW.
Karena menurutnya, menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang muslim, termasuk dirinya. Setiap muslim diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain.
 
“Memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaatnya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri. Eksistensi manusia sebenarnya ditentukan oleh kemanfataannya pada yang lain,” pungkasnya. (*/imm)
 
 

Foto: Mochlasin Afan SH (kedua dari kiri), bersama Istrinya, Ety Hernami SPd, dan kedua anaknya, Reval Haidar Afan Nararya (paling kanan) dan Evo Raseddriya Afan Nitisara (paling kiri). (Foto koleksi pribadi)

pribadi)
Ucapan SELAMAT HARI PERS NASIONAL 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Hiburan Komplit Khas Karnaval SCTV Hadir di Blora

Hiburan Komplit Khas Karnaval SCTV Hadir di Blora

Blora- Sejumlah musisi terbaik tanah air dan artis sinetron memeriahkan Karnaval SCTV yang digelar selama dua hari di Lapangan Kridosono,Blora, ...

1709396566.3277 at start, 1709396566.5423 at end, 0.21452498435974 sec elapsed