News Ticker
  • Pekerja PEPC Bersama Masyarakat, Lakukan Aksi Pelestarian Lingkungan di Bojonegoro
  • Bupati Ajak SKK Migas Jabanusa Dukung Pembangunan Blora
  • Guncangan Gempa di Malang Dirasakan Warga Bojonegoro
  • Jelang Ramadan, Petani Blewah di Desa Kadungrejo, Baureno, Bojonegoro, Raup Berkah
  • Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan
  • Komunitas Difabel Blora Segera Punya Kantor Sekretariat
  • Kejaksaan Negeri Bojonegoro Beri Pembinaan Hukum pada Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan
  • Sekjen Kementerian Agama RI Hadiri Launching Kartu Blora Mengaji
  • Kapolres Bojonegoro Ajak Muslimat dan Fatayat NU Bersinergi Tanggulangi Paham Radikalisme dan Intoleran
  • Kapolres Launching Program Orang Tua Asuh bagi Pelajar dan Mahasiswa Papua di Bojonegoro
  • 5 Kegiatan Bareng Orang Tua Ini Bantu Si Kecil Jalani Puasa Secara Maksimal
  • Inilah Pejabat dan Kepala Sekolah di Lingkup Pemkab Bojonegoro yang Baru Dilantik Bupati
  • Bupati Bojonegoro Lantik 2 Pejabat Administrator dan 131 Kepala Sekolah yang Baru Dimutasi
  • Bupati Bojonegoro Laksanakan Groundbreaking Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel
  • Diduga Akibat Korsleting Listrik, 3 Rumah di Bojonegoro Kota, Terbakar, Kerugian Rp 505 Juta
  • EMCL Beri Pelatihan Relawan Keselamatan Jalur Pipa di Bojonegoro dan Tuban
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Bimtek Pengelolaan Bantuan Keuangan Kepada Desa
  • Terkait Larangan Mudik, Bupati Blora Akan Koordinasi dengan Gubernur Jateng
  • Kementerian Pertanian Lakukan Riset Pengembangan Padi Lahan Sawah Tadah Hujan di Blora
  • Komisaris Utama Pertamina, Ahok, Lakukan Kunjungan Kerja ke Proyek JTB di Bojonegoro
  • Kapolres Bojonegoro Beri Bantuan pada Istri Terduga Teroris di Temayang
  • Gedung Sekolah Dasar di Ngasem, Bojonegoro, Ambruk, Kerugian Capai Rp 150 Juta
  • Tips Praktis Menikmati Hiburan di Masa Pandemi
  • TPID Bojonegoro Gelar Pertemuan, Jaga Stabilitas Bahan Pokok Jelang Hari Besar Keagamaan

Sehari Setelah Diresmikan, Ribuan Warga Kunjungi Taman Lokomotif Bojonegoro

Bojonegoro - Sebagaimana diketahui, Taman Lokomotif yang berada di Jalan Teuku Umar Bojonegoro Kota, pada Jumat (24/01/2020) kemarin pagi, diresmikan pembukaannya oleh Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah.
 
 
Sehari setelah resmi dibuka, atau pada Sabtu (25/01/2020) pagi hingga siang, ribuan warga berdatangan mengunjungi Taman Lokomotif tersebut, baik pengunjung dari warga kota Bojonegoro maupun warga dari berbagai wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro.
 
Hingga pukul 12.00 WIB, setidaknya hampir 3 ribu orang telah datang berkunjung ke Taman Lokomotof tersebut. Kebanyakan warga yang datang karena penasaran dan ingin mengetahui secara langsung keberadaan Taman Lokomotif yang baru diresmikan oleh bupati tersebut.
 
 
 
 
 
 
 

Suasana pengunjung Taman Lokomotif di Jalan Teuku Umar Bojonegoro. Sabtu (24/01/2020) siang.

 
Seperti diutarakan oleh warga dari wilayah di Kecamatan Ngasem yang mengaku bernama Fredy (42), dirinya datang bersama istrinya dan kedua anaknya karena penasaran adanya taman ruang terbuka hijau atau Taman Lokomotif yang baru tersebut.
 
"Tahu dari media mas. Karena penasaran dan sekalian mengisi waktu liburan, untuk menyenangkan keluarga sambil refreshing lah mas." kata Fredy.
 
Fredy mengungkapkan bahwa dirinya bersama keluarga merasa senang dan dapat menikmati keberadaan Taman Lokomotof tersebut. Menurutnya Taman Lokomotif cukup luas dan cocok untuk bersantai bersama keluarga.
 
"Itu lihat, kebanyak warga yang datang ke sini sama anak dan istrinya, kebanyakan lebih suka berfoto di dekat kereta api atau lokonya. Namun tak jarang anak-anak juga lebih senang lihat diorama kereta api. Kalau tadi pagi, saya lihat banyak warga atau orang dewasa di spot taman olahraga, soalnya mereka sambil olahraga." kata Fredy mengimbuhkan.
 
 
 
Lain halnya dengan Rahmat (45), warga Kecamatan Malo, dirinya bersama anaknya tidak sengaja datang ke Taman Lokomotif kerena usai berbelanja di salah satu swalayan di Bojonegoro, dan kebetulan lweat di depan Taman Lokomotif yang sedang ramai dikunjungi warga.
 
"Tadi habis bebelanja terus pas lewat sini anak saya lihat. Kok ramai ada kereta api yah, ayo lihat," katanya menirukan permintaan anaknya.
 
Rahmat mengaku dirinya baru saja tahu kalau ada taman di tengah kota Bojonegoro, karena menurutnya dulunya di tempat tersebut memang lahan kosong yang tidak terawat.
 
"Baru tahu sekarang ini kalau tempat ini sudah jadi taman. Semoga dengan dibangunya taman ini bisa memperindah Kota Bojonegoro agar menjadi lebih nyaman dan asri. Selain itu juga sebagai sarana bermain bersama keluarga." katanya.
 
 
 
Ramat juga berharap kepada pemerintah agar pembangunan taman tidak hanya di kota saja. Dirinya berharap kalau bisa di setiap kecamatan ada tamannya juga, biar seluruh wilayah Kabupaten Bojonegoro menjadi lebih indah dan asri.
 
"Semonga dengan adanya taman ini masyarakat bisa turut merawat dan menjaganya, misalnya saja dengan membuang sampah pada tempatnya dan jangan merusak tanaman yang saat ini baru tumbuh. Rumput dan bunga yang baru tumbuh jangan diinjak-ijak, biar segera tumbuh dengan baik," katanya berharap.
 
 
 
 

Suasana tempat parkir di Taman Lokomotif di Jalan Teuku Umar Bojonegoro. Sabtu (24/01/2020) siang.

 
Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pertamanan dan Pemakaman, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro, Doni Agus Setiawan mengatakan bahwa sehari setelah diresmikan oleh Bupati Bojonegoro, atau pada Sabtu (25/01/2020) hingga pukul 12.00 WIB siang, jumlah pengunjung di Taman Lokomotif diperkirakan mencapai hamppir 3.000 orang, dengan rincian pukul 05.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB sekitar 2.500 orang, sementara pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB sekitar 400 orang lebih.
 
"Pagi tadi yang paling ramai, kami perkiraan setiap menit kurnang lebih 10 orang yang datang, sementara jelang siang mulai menurun. Total pengunjung hingga pukul 12.00 WIB kurang lebih 3 ribu orang," kata Doni Agus Setiawan.
 
Doni menambahkan bahwa saat ini petugas kebersihan yang bertugas di Taman Lokomotif tersebut sebanyak 5 orang terdiri dari seorang pengawas atau mandor dan 4 tenaga harian lepas (THL).
 
"Tadi sempat ada genangan air di sekitar lokomotif dan juga di taman, namu suda dapat kami kondisikan." kata Doni.
 
 
 
Terkait petugas parkir, sementara ini sudah ditangani petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro, sambil menunggu keputusan lebih lanjut. Sedangkan untuk petugas keamanan, hari ini memang belum ada namun pihaknya sudah berkoordinasi dan meminta bantuan pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), untuk membantu pengamanan di lokasi taman tersebut.
 
"Kami sudah minta bantuan pada Satpol PP untuk membantu pengamanan dan penertiban pedangan kaki lima yang berada di dalam taman," kata Doni Agus Setiawan.
 
Di akhir keterangannya, Doni juga berharap kepada warga masyarakat yang berkunjung ke Taman Lokomotif, untuk bersama sama menjaga kelestarian dan keindahan taman tersebut, mengingat saat ini taman tersebut masih dalam tahap pertumbuhan.
 
"Kami harap para pengunjung agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Nantinya kami juga akan membuat beberapa papan petunju atau larangan agar pengunjung tidak menginjak rumput atau bunga yang belum tumbuh dengan sempurna," kata Doni Agus Setiawan.
 
 
 
Pembangunan Taman Lokomotif merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam rangka menambah keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota Bojonegoro, sekaligus sebagai sarana persediaan taman dan sarana edukasi, khususnya terkait dengan masalah kereta api. (dan/imm)
 
Berita Terkait

Videotorial

Video: Kapolres Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Videotorial

Video: Kapolres Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia SIK MM MH, beserta staf dan jajaran sampaikan ucapan Selamat Hari Natal 2020 dan ...

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Bojonegoro - Seekor buaya air tawar (crocodylus novaeguinae) ditemukan di tengah sawah Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Tuberkulosis, Sang Monster yang Mematikan

Opini

Tuberkulosis, Sang Monster yang Mematikan

SAYA kali ini mencoba membahas penyakit TBC. Apakah nanti COVID-19 ini akan menjadi penyakit TBC yang sudah ratusan tahun kita ...

Quote

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

Quote Islami

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

KONDISI mewabahnya virus Corona (Covid-19) dalam bulan Ramadan ini tidak mengalami penurunan, bahkan semakin meningkat, maka untuk mencegah bahkan memutus ...

Sosok

Pameran Foto: Jejak Karya Almarhum Budi 'Uglu' Sugiharto

Pameran Foto: Jejak Karya Almarhum Budi 'Uglu' Sugiharto

Surabaya - Budi Sugiharto yang akrab disapa Uglu, pada Selasa (16/03/2021) sekitar pukul 06.00 WIB, tutup usia. Fotografer sekaligus wartawan ...

Eksis

Komunitas Difabel Blora Segera Punya Kantor Sekretariat

Komunitas Difabel Blora Segera Punya Kantor Sekretariat

Blora - Setelah belasan tahun numpang di rumah salah satu anggota, Komunitas Difabel Blora Mustika (DBM) akan segera memiliki kantor ...

Infotorial

5 Kegiatan Bareng Orang Tua Ini Bantu Si Kecil Jalani Puasa Secara Maksimal

5 Kegiatan Bareng Orang Tua Ini Bantu Si Kecil Jalani Puasa Secara Maksimal

BAGI setiap orang tua, keistimewaan untuk dapat menyelesaikan tanggung jawab kantor tanpa perlu berat hati meninggalkan si kecil di rumah ...

Berita Foto

Foto: Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Berita Foto

Foto: Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Bojonegoro - Goa Janggut memang masih belum banyak dikenal orang. Namun goa ini menyimpan keindahan berupa stalaktit dan stalagmit berusia ...

Feature

Desa Ngunut, Dander, Bojonegoro, Berupaya Kembangkan Agrowisata Jeruk Keprok

Desa Ngunut, Dander, Bojonegoro, Berupaya Kembangkan Agrowisata Jeruk Keprok

Bojonegoro - Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, selama ini dikenal karena memiliki objek wisata air Grogoland. Namun kini, sejumlah ...

Religi

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

Oase Ramadan

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

KARENA pelaksanaan salat idulfitri berjamaah di tanah lapang atau di masjid rentan mengorbankan kepentingan yang lebih utama, yaitu memutus rantai ...

Pelesir

Melihat Keindahan Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Wisata Alam

Melihat Keindahan Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Bojonegoro - Goa Janggut, merupakan goa yang berada di kawasan hutan lindung milik Perhutani, tepatnya di RPH Ngorogunung, BKPH Cilebung, ...

Hiburan

Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan

Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan

Bojonegoro - Sebanyak 50 lukisan hasil karya seni 16 pelukis perempuan Bojonegoro dan 5 pelukis perempuan dari Solo, Surabaya, dan ...

Statistik

Hari ini

1.715 kunjungan

2.315 halaman dibuka

124 pengunjung online

Bulan ini

35.347 kunjungan

52.056 halaman dibuka

Tahun ini

378.600 kunjungan

533.830 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 1.513.774

Indonesia: 36.497

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1618056786.0452 at start, 1618056786.2349 at end, 0.1896800994873 sec elapsed