News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
KPPN Bojonegoro Gelar Konferensi Pers Kinerja APBN Tahun 2023

KPPN Bojonegoro Gelar Konferensi Pers Kinerja APBN Tahun 2023

Bojonegoro - Dalam rangka transparansi dan keterbukaan informasi terkait penyaluran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bojonegoro, yang meliputi Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan, pada Rabu (23/01/2024) menggelar Konferensi Pers Kinerja APBN tahun 2023.
 
Dari data yang ada, realisasi pendapatan di wilayah kerja KPPN Bojonegoro yang mencakup kabupaten Bojonegoro dan Lamongan telah melampaui target, baik target tahun 2023 maupun year on year-nya.
 
 
Untuk target pendapatan tahun 2023 ditetapkan sebesar Rp 3.976 miliar, sementara realisasi pendapatan sebesar Rp 4.888 miliar, sehingga deviasi realisasi penerimaan telah melebihi target sebesar Rp 911 miliar.
 
Demikian juga untuk target pengeluaran, ditetapkan pagu sebesar Rp 7,930 miliar, sementara realisasi pengeluaran sebesar Rp 9,443 miliar, sehingga total deviasi pengeluaran (belanja) sebesar Rp 1,513 miliar.
 
Jika dibanding tahun 2022, kinerja pendapatan tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar Rp 1.514 miliar (44,88 persen). Kenaikan terbesar disumbang oleh pendapatan Cukai yang naik sebesar Rp 1.148 miliar (59 persen), PPn sebesar Rp 296 miliar (52 persen) dan PNBP lainnya 117 miliar (81 persen), sedangkan yang mengalami penurunan di banding tahun 2022 adalah PPh non migas turun sebesar Rp 25 miliar dan PBB turun Rp 16,79 miliar.
 
 
Sementara kinerja belanja APBN tahun 2023 jika dibanding tahun 2022, untuk Belanja Pemerintah Pusat mengalami kenaikan sebesar Rp 137 miliar (18 persen). Kenaikan terbesar berasal dari belanja kementerian atau lembaga (K/L), disumbang dari kenaikan Belanja Barang sebesar Rp 127 miliar (47 persen).
 
Demikian juga untuk transfer ke daerah (TKD), juga mengalami peningkatan sebesar Rp 1,366 miliar (19 persen). Peningkatan terbesar disumbang oleh realisasi Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp 1,196 miliar (34 persen), Dana Alokasi Umum (DAU) Rp 104 miliar (5 persen). Sedangkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik mengalami kontraksi (penurunan) sebesar Rp 34 miliar (18 persen).
 
Dan untuk Dana Insentif Fiskal juga mengalami kenaikan sebesar Rp 8 miliar (17 persen)
 
“Pendapatan melampaui target, baik target 2023 sendiri maupun year on year-nya. Karena ada peningkatan tarif, salah satunya penerimaan cukai. Yang kedua belanja, secara over all itu sudah mencapai target. Target kita kan 95 persen, (tercapai) 97 persen, meskipun ada belanja pagu minus,” tutur Kepala KPPN Bojonegoro Teguh Ratno Sukarno saat memberikan sambutan dalam Konferensi Pers Kinerja APBN tahun 2023 di lingkup KPPN Bojonegoro. Rabu (23/01/2024).
 
 

Kepala KPPN Bojonegoro Teguh Ratno Sukarno saat memberikan sambutan dalam Konferensi Pers Kinerja APBN tahun 2023 di lingkup KPPN Bojonegoro. Rabu (23/01/2024). (Aset: Istimewa)

 
Pada kesempatan tersebut Kepala KPPN Bojonegoro juga menyoroti masih besarnya belanja operasional, khususnya honor dan biaya perjalanan dinas dari satuan kerja (satker) di lingkup KPPN Bojonegoro.
 
“Kemudian tadi di belanja operasional, itu juga masih besar, itu negatif ya, honor dan perjalanan dinas cukup besar. Yang paling besar honor. Harapan kami honor itu untuk mencapai target. Dan semoga ke depan honor-honor itu berkurang.” kata Teguh.
 
Saat ditanya terkait Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) atau kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja satuan kerja (satker) khususnya di Kabupaten Bojonegoro, Teguh mengaku ada tiga hal yang menjadi penilaian, yaitu perencanaan, penyerapan, sama output.
 
“Penyerapan sama output sudah sangat bagus. Perencanaannya ya kurang. Perencanaan ini yang harus kita dorong. Teman-teman di satker, masih belum bisa merencanakan.” kata Teguh.
 
 
Teguh mengungkapkan bahwa masih banyak satker yang penyerapannya berbeda dengan yang direncanakan. “Mungkin mindset-nya seperti dulu, yang ditekankan penyerapannya berapa persen. Artinya berlomba-lomba untuk melakukan penyerapan meskipun tidak direncanakan." kata Teguh.
 
Untuk itu pihaknya akan mendorong satker untuk lebih memprioritaskan perencanaan. “Kita ke depan mulai harus menyadarkan teman-teman di satker, agar untuk perencanaan lebih diprioritaskan,” kata Teguh.
 
Sekadar diketahui, di Jawa Timur terdapat 15 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Sementara, wilayah kerja KPPN Bojonegoro meliputi Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan. (red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714208941.1749 at start, 1714208941.7559 at end, 0.58102107048035 sec elapsed