News Ticker
  • Lagi, Akibat Diterjang Angin, Atap Bengkel Milik Warga Baureno Bojonegoro Runtuh
  • Akibat Diterjang Angin, Rumah Warga Kanor Bojonegoro Roboh
  • Diterjang Angin, 3 Dapur dan 1 Rumah Warga Baureno Bojonegoro Roboh
  • Pembangunan Perumahan Polri Bhayangkara Angling Dharma Residence di Bojonegoro Dimulai
  • Angkut Kayu Jati Tanpa Disertai Dokumen, Seorang Warga Ngasem Bojonegoro Diamankan Polisi
  • YKIB Adakan Konsultasi dan Pemeriksaan Gigi Gratis bagi Siswa
  • Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 15 Oktober 2019
  • Sejumlah Desa di Sumberrejo Bojonegoro Laksanakan Pembentukan Panitia Pilkades
  • Rumah Warga Bojonegoro Terbakar, 2 Balita Berhasil Diselamatkan Petugas Damkar
  • 68 Desa di 19 Kecamatan di Bojonegoro Krisis Air Bersih, BPBD Droping 928 Tangki Air Bersih
  • Dinas Pertanian Bojonegoro Gelar Rakor Upsus Percepatan Swasembada Pajale
  • Antisipasi Peredaran Narkoba di Lapas, Petugas Lapas Blora Jalani Tes Urine
  • Tahapan Pilkades Serentak 2020 Kabupaten Bojonegoro Dimulai Hari Ini
  • Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 14 Oktober 2019
  • Perempuan Bojonegoro Pamerkan Hasil Karya di Jatim Fair 2019
  • Masyarakat Bojonegoro Cinta Damai Gelar Aksi 'Damailah Indonesiaku, Bojonegoro Untuk Indonesia'
  • Bojonegoro, City of Bougenville
  • Menikmati Indahnya Bunga Bugenvil saat Kemarau di Bojonegoro
  • 2 Unit Rumah Warga Sumberrejo Bojonegoro Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp 70 Juta
  • Usai Pilkades, Wakil Bupati Bojonegoro Ajak Warga Jaga Kerukunan
  • Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 13 Oktober 2019
  • Kebakaran Semak Kembali Terjadi di Bojonegoro, Ini Kebakaran Semak Kedua Hari Ini
  • Hadiri Lokakarya Anti Radikalisme, Kapolres Bojonegoro Ajak Waspadai Paham Radikalisme
  • Akibat Pembakaran Sampah, Semak di Ledokkulon Bojonegoro Terbakar
  • Perwosi Bojonegoro Gelar Sosialisai Senam Kesegaran Jasmani di Gayam

AKP Roro Sri Harwati, Ketua Polwan Polres Bojonegoro

Dimana Bisa Eksis, Disana Pasti Ada Ilmu Yang Bermanfaat

Oleh Linda Estiyanti

POLISI dimanapun mempunyai tugas yang sama tidak peduli polisi laki-laki maupun polisi wanita (polwan). Setidaknya prinsip itulah yang menjadikan AKP Roro Sri Harwati teguh dengan profesinya sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat. Sudah 32 tahun lamanya, ia mengabdi untuk negara dengan selalu mengupayakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Wanita polisi kelahiran Tulungagung, 30 Mei 1964 tersebut adalah sosok wanita yang lembut dan sangat penyayang. Meskipun telah berbalut seragam polisi, sosok keibuan tetap saja masih melekat dari seorang AKP Roro Sri Harwati. Namun, meski demikian, kemampuannya dalam melindungi mengayomi dan melayani masyarakat tidak bisa diragukan. Ia pernah menjadi Kapolsek di Sumberrejo pada 1999 dan Kapolsek Kapas pada 2000.

“Saya bukan orang yang penuh prestasi mbak,” ujar AKP Roro Sri Harwati menyambut dengan senyum saat awak mediaberitabojonegoro.com menemuinya di Mapolres Bojonegoro.

AKP Roro Sri Harwati, wanita asli Tulungagung tersebut memulai karir sebagai polisi pada tahun 1984. Pada masa itu, polisi wanita masih sangat jarang, sehingga besar kemungkinan ia pun langsung diterima untuk menjalani pendidikan di Sekolah Polwan di Ciputat, Jakarta. “Pada waktu itu belum tahu Polwan itu seperti apa, di kabupaten belum ada soalnya. Saat diajak teman dan diterima ternyata pendidikan fisiknya cukup berat. Namun saya selalu meyakini bahwa berat yang saya rasa itu karena belum terbiasa, sehingga saya terus berlatih fisik selama pendidikan itu,” kenang AKP Roro Sri Harwati.

Ketika usai menjalani pendidikan selama 9 bulan, pada tahun 1986, ia ditugaskan kembali ke Jawa Timur. Dengan tugasnya diperbantukan sebagai perbentukan DIT personel Binjas di DIT Denma. Hingga setahun kemudian ia ditugaskan di Polres Bojonegoro, di fungsi Intelkam. “Sejak 1987 itu, saya ditugaskan di Polres Bojonegoro. Alhamdulillah hingga sekarang,” tutur polwan yang juga aktif dan pernah menjadi pelatih bela diri anggota Polri tersebut.

Selain melatih bela diri, ia juga mempunyai kesibukan untuk melatih hansip (linmas,red). Dan rupanya kesibukan itu membuat ia bertemu dengan lelaki yang kini menjadi pasangan hidupnya. Lelaki yang juga adalah anggota sesama Polri, Kompol Masduki SH, menjadi pasangan hidupnya hingga kemudian ia dikaruniai dua orang putri, Dewi Indah Setyoutami (28) dan Sinta Aprilia Wirapradhani (22).

Pada tahun 1998, ia menempuh pendidikan Capa (stupa), yakni pendidikan pembentukan perwira di Sukabum. Usai menyelesaikan pendidikan tersebut, ia pun diamanati sebagai Kasat Binmas Polres Bojonegoro. “Yang paling ingat itu saat pendidikan di Stupa, karena anak saya yang nomor dua masih berusia tiga tahun waktu itu, saya sering dilema karena tidak tega meninggalkan anak masih kecil. Tetapi mau bagaimana itu sudah menjadi jalan hidup saya. Akhirnya ketika di sana ternyata ada teman senagkatan yang juga mempunyai anak masih kecil, yang bahkan lebih keecil dari anak saya. Lalu saya yakinkan diri, saya bisa melampaui ini,” bebernya kepadaberitabojonegoro.com.

Ternyata rasa dilema itu belum juga berakhir, AKP Roro melanjutkan, ketika pada tahun 1999 ia ditugasi menjadi KBO satuan Intelkam Polres, tak lama kemudian ia diperbantukan untuk menjadi PJ (penanggung jawab) di Mapolsek Sumberrejo tahun 1999. Disanalah terkadang ia harus menepis perasaan lemah seorang ibu dan bersikap tega kepada anak serta keluarganya. Ia menjelaskan bahwa waktu di Sumberrejo ada konflik antar warga. Ketika itu ada warga yang hendak menggelar pertunjukan tayub saat hajatan, namun ada warga yang menolak sehingga ramailah tuntutan ke Polsek. Hingga kemudian ia yang dari Polsek mencoba menggandeng Muspika dan membuat mediasi untuk menyelesaikan konflik tersebut.

“Saat itu, yang tidak bisa saya hindari adalah anak saya yang merengek dan tidak mau ditinggal, ya bagaimanapun saya adalah seorang ibu, sehingga pada waktu mediasi itu, saya bawa anak. Saya pangku dan saya tidurkan di lantai,” kenang ibu dua anak itu.

Dengan berbagai pertimbangan dan dasar hukum yang mendukung, pengorbanannya tidak sia-sia. Ia berhasil menengahi permaslahan tersebut dan akhirnya warga yang menolak bersedia menerima tayub dengan ketentuan. Akhirnya, yang semula tayub tidak diperbolehkan ada di Sumberrejo, saat ini menjadi boleh ada. Namun tidak berhenti disitu, saat di pindahtugaskan di Kapas pun, ia harus berhadap-hadapan dengan kebringasan warga yang sering bentrok.

“Kalau di Kapas, waktu itu pas gencar-gencarnya reformasi, jadi sering ada bentrokan antar warga. Warga menjadi sangat mudah diprovokasi dan perang menggunakan senjata dan parang antara warga satu dan lainnya. Saya dan anggota selalu patroli malam untuk menjaga situasi. Terkadang muncul rasa takut dan ngeri kalau saya ini hanya seorang perempuan, mereka semua laki-laki, tapi ya kembali lagi, ini sudah menjadi tugas saya,” ujarnya.

Selesai dengan dilematik melawan dirinya sendiri, AKP Roro Sri Harwati, selain sebagai Polwan juga mempunyai peran ganda dalam tubuh Polri. Sebagaimana perempuan istri Polri yang lainnya, ia juga harus menjadi anggota Bhayangkari, organisasi persatuan istri polri. Peran double tersebut, seringkali membuat AKP Roro harus selalu membawa dua seragam yang berbeda di dalam tasnya.

“Ya kalau dipikir itu lucu juga, sering dalam satu acara saya harus berseragam dua. Habis tugas sebagai anggota Polri, saya harus mendampingi suami bertugas sebagai Bhayangkari. Agak ribet namun saya menikmati sekali proses itu, ada banyak ilmu juga yang bisa diambil dari organisasi Bhayangkari,” tutur perempuan yang juga Pengurus Cabang Bhayangkari Bojonegoro tersebut dengan senyum mengembang.

AKP Roro Sri Harwati, dengan pandangan lembut khas milik seorang ibu, dan kebiasaannya yang selalu semangat memotivasi orang menjadi daya pikat tersendiri. Kini ia ditugaskan di bagian Sumber Daya (sumda) Polres Bojonegoro dan dipercaya untuk mengelola mencukup kebutuhan pengembangan SDM personel Polres Bojonegoro. Tidak terasa pengabdian selama 32 tahun dalam tubuh Polri, membuat ia sangat menyayangi Polwan. Sebagai seorang Ketua Polwan Polres Bojonegoro, AKP Roro Sri Harwati harus selalu aktif memberikan sengatan motivasi untuk para anggota.

“Ya kita harus pandai juga mencari bakat dan potensi dari anggota. Itulah yang harus dikembangkan, karena kita polisi dituntut bisa dalam segala hal, makanya kita juga harus terlatih dalam segala hal,” ungkapnya.

Pada HUT Polwan ke-68 yang jatuh pada 1 September ini,AKP Roro Sri Harwati berpesan kepada seluruh anggota Polwan agar bisa selalu eksis dalam segala hal yang berhubungan dengan pengembangan potensi dan tugas-tugas kepolisian.  “Saya harap anggota Polwan, bisa selalu menambah wawasan dan ilmunya, sekecil apapun ilmu itu ia akan sangat berguna  di waktu yang lain. Semoga Polwan kedepan bisa menjadi semakin bagus dan eksis. Dimana kita bisa eksis, disitu pasti ada ilmu bermanfaat yang bisa diambil,” pesannya. (lyn/kik)

Berita Terkait

Videotorial

Ketua Umum PBNU Sampaikan Ucapan Selamat Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro ke-342

Ketua Umum PBNU Sampaikan Ucapan Selamat Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro ke-342

Ketua Umum PBNU Sampaikan Ucapan Selamat Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro ke-342 Ketua Umum pengurus Besar Nahdlatur Ulama (PBNU), Prof Dr ...

Berita Video

Bojonegoro, City of Bougenville

Berita Video

Bojonegoro, City of Bougenville

Bojonegoro, City of Bougenville Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah bersama empat orang model, saat menabadikan momen indahnya bunga bugenvil, ...

Teras

Hari Batik Nasional, Sudahkah Anda Menggunakan Batik?

Hari Batik Nasional, Sudahkah Anda Menggunakan Batik?

HARI INI, 2 Oktober 2019, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Peringatan Hari Batik Nasional ini terjadi ketika pada 2 Oktober ...

Opini

‘Sesat Pikir’ atas Keberadaan Media Siber

Opini

‘Sesat Pikir’ atas Keberadaan Media Siber

PAGI sangat cerah, seperti hari-hari sebelumnya. Tapi saat tengah menikmati kopi panas, beberapa pesan masuk berantai dengan disertai gambar tulisan ...

Quote

Pendekatan

Quote

Pendekatan

Seorang kepala sekolah selalu datang 30 menit sebelum jadwal pelajaran dimulai atau pintu gerbang ditutup untuk memberi salam, berjabat tangan ...

Sosok

Perempuan Bojonegoro Pamerkan Hasil Karya di Jatim Fair 2019

Perempuan Bojonegoro Pamerkan Hasil Karya di Jatim Fair 2019

Surabaya - Nurul, perajut asal Desa Bonorejo Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, pada Minggu (13/10/2019), turut hadir membawa nama Bojonegoro di ...

Eksis

Batik Nimas Barokah Blora, Terima Sertifikat Batik dari Presiden Jokowi

Batik Nimas Barokah Blora, Terima Sertifikat Batik dari Presiden Jokowi

Blora - Peringatan Hari Batik Nasional ke 10, di Pura Mangkunegaran, Surakarta pada Rabu (2/10/2019), yang dihadiri Presiden Joko Widodo, ...

Infotorial

Rayakan Kemerdekaan, Energi Membangun Negeri

Rayakan Kemerdekaan, Energi Membangun Negeri

SINAR matahari pagi membakar semangat peserta upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 74 di Lapangan Minyak Banyu ...

Berita Foto

Menikmati Indahnya Bunga Bugenvil saat Kemarau di Bojonegoro

Bojonegoro, City of Bougenville

Menikmati Indahnya Bunga Bugenvil saat Kemarau di Bojonegoro

Bojonegoro - Saat musim kemarau ini, di sepanjang jalan nasional, baik jalur Bojonegoro - Babat, maupun jalur Bojonegoro - Cepu, ...

Feature

Soto Ayam Dr Soetomo Bojonegoro, Kelezatannya Karena Pertahankan Resep Keluarga

Kuliner

Soto Ayam Dr Soetomo Bojonegoro, Kelezatannya Karena Pertahankan Resep Keluarga

Bojonegoro - Bagi anda yang hobi kuliner, anda wajib mencoba dan merasakan sensasi Soto Ayam kampung yang satu ini, 'Soto ...

Religi

Ribuan Jemaah Hadiri Pengajian dan Gema Salawat di Alun-Alun Bojonegoro

Ribuan Jemaah Hadiri Pengajian dan Gema Salawat di Alun-Alun Bojonegoro

Bojonegoro - Ribuan jemaah pada Minggu (06/10/2019) siang, tumpah ruah berdatangan ke Alun-alun Kota Bojonegoro, untuk menghadiri acara Gema Salawat ...

Pelesir

Blora Punya Objek Wisata Dinding Sungai Purba Kalinanas Yang Eksotis

Wisata

Blora Punya Objek Wisata Dinding Sungai Purba Kalinanas Yang Eksotis

Blora - Keindahan potensi alam kelokan dinding Sungai Purba Kalinanas yang eksotis, tepat di bawah Jembatan Merah di Desa Kalinanas ...

Hiburan

Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 15 Oktober 2019

Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 15 Oktober 2019

Rencana Kegiatan Masyarakat di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Selasa (15/10/2019): KEGIATAN MASYARAKAT KOMERSIAL Waktu: Pukul 17.00 WIB s/d Selesai Tempat: Lapangan ...

Statistik

Hari ini

35 kunjungan

47 halaman dibuka

67 pengunjung online

Bulan ini

122.622 kunjungan

176.654 halaman dibuka

Tahun ini

1.647.732 kunjungan

2.586.798 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 668.531

Indonesia: 9.905

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015