News Ticker
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 6
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 5
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 4
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 3
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 2
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 1
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 6
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 5
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 4
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 3
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 2
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 1
  • Kasus Dugaan Korupsi Mobil Siaga Desa di Bojonegoro, Kejari Panggil Sejumlah ‘Sales’ Mobil
  • Sesosok Mayat Perempuan Ditemukan di Area Persawahan Kalitidu, Bojonegoro
  • Kecelakaan di Sukosewu, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal di TKP
  • Tenggelam di Embung, Seorang Bocah di Sumberrejo, Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Ratusan Peserta Ikuti Pesta Siaga Kwarcab Blora
  • Dirut Perum Bulog Serahkan Bantuan pada Korban Kebakaran Pasar Ngawen, Blora
  • Kunjungi Blora, Dirut Bulog Pastikan Utamakan Beras Lokal
  • Bawaslu Blora Rekomendasi 18 TPS untuk Dilakukan Penghitungan Ulang
  • Bawaslu Blora Rekomendasikan Penghitungan Suara Ulang di 8 TPS
  • Bupati Lantik 7 Pejabat Eselon II di Linkungan Pemkab Blora
  • Bupati Harap Pembangunan Bendungan Cabean, Todanan, Blora Bisa Dipercepat
  • Warga Desa Karangdinoyo, Sumberrejo, Bojonegoro Tangkap Seekor Ular Piton Sepanjang 3,5 Meter
Pameran Foto: Jejak Karya Almarhum Budi 'Uglu' Sugiharto

Pameran Foto: Jejak Karya Almarhum Budi 'Uglu' Sugiharto

Surabaya - Budi Sugiharto yang akrab disapa Uglu, pada Selasa (16/03/2021) sekitar pukul 06.00 WIB, tutup usia. Fotografer sekaligus wartawan senior itu meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit PHC Perak, Surabaya.
 
Untuk mengenang 7 hari kepergian almarhum, sejumlah sahabatnya memamerkan 77 foto hasil karya almarhum. Foto-foto hasil karya almarhum dipamerkan secara virtual di www.ruangvirtual.id dengan judul 'Jejak Karya Budi Sugiharto'.
 
Pameran foto hasil karya almarhum itu untuk mewujudkan keinginan almarhum yang pernah disampaikan kepada teman dan sahabat-sahabatnya pada pertengahan Februari 2021.
 
Saat itu almarhum menyampaikan keinginannya untuk menggelar pameran tunggal atas karya-karya terbaiknya pada Maret 2021 di www.ruangvirtual.id, salah satu website yang lahir dari ide gilanya.
 
Tentu pameran tunggal foto-foto karya terbaik almarhum ini digelar dengan seizin istri, putra-putri, dan keluarga besarnya, yang alhamdulillah menyetujui.
 
 
Pameran foto virtual ini kami beri judul "Jejak Karya Budi Sugiharto" yang akan dibuka oleh Presiden Komisaris kumparan.com, Budiono Darsono, kakak kandung almarhum.
 
77 foto yang dipamerkan itu merupakan hasil hunting dan liputan semasa almarhum segar bugar hingga kondisinya sudah sakit.
 
Almarhum yang banyak dikenal oleh teman-temanya sebagi pekerja keras tersebut mempunyai banyak prestasi yang diraih dalam ajang perlombaan foto yang bisa dilihat di budisugiharto.com. Banyak karya fotonya yang menjadi juara, juga ditampilkan dalam pameran ini.
 
Sepak terjang almarhum di dunia jurnalistik dimulai dengan menjadi jurnalis foto di Koran Surabaya Post dan Memorandum. Lulusan Stikosa-AWS jurusan jurnalistik ini juga pernah menjadi stringer jurnalis foto kantor berita asing seperti Reuters, AP maupun AFP untuk Jawa Timur, sebelum menjadi Kepala Biro Detikcom Biro Surabaya. Almarhum juga menjadi salah satu pendiri media online beritajatim.com.
 
Pria kelahiran Bojonegoro 7 Oktober 1974 ini juga pernah meliput demo reformasi Tahun 1998 di Surabaya, kasus Bom Bali 1 Tahun 2002, Lumpur Lapindo Brantas Inc di Sidoarjo dan masih banyak lainnya.
 
Pekerjaannya sebagai jurnalis (bukan jurnalis foto) tidak membuat dirinya berhenti belajar dan terus mengembangkan kemampuan fotografi. Berbagai kompetisi fotografi diikuti. Dari tangan dinginnya, juara dan penghargaan diraih. Bahkan almarhum sempat menggelar pameran foto tunggal maupun ikut pameran foto bersama jurnalis lainnya.
 
Terakhir, almarhum mendirikan media online jatimnow.com. Di media yang berkantor di Jalan Jimerto Nomor 17A, Surabaya itu, almarhum menjadi pemimpin redaksi (pemred) hingga akhirnya dipercaya menjadi direktur utama.
 
 
 
 
 
Testimoni Presiden Komisaris kumparan.com, Budiono Darsono, kakak kandung almarhum:
 
Ugik … Uglu … Kau Abadi Melalui Karyamu.
 
Budi Sugiharto, adik bungsu saya. Saya memanggilnya Gik. Ugik. Teman-teman wartawan di Surabaya atau Jawa TImur memanggilnya Uglu. Ugik Lucu.
 
Sejak penyakit mulai menggerogoti Ugik beberapa tahun lalu, semangatnya tak pernah padam. Tetap aktif. Tetap mengurus media yang ia dirikan: jatimnow.com. Tentu saja, ia tetap memotret. Bidang yang ia geluti dengan sepenuh hati.
 
Beberapa bulan lalu, kepada saya, Ugik dengan penuh semangat membeberkan niatnya untuk menggelar pameran foto karya-karyanya secara virtual.
 
Tuhan rupanya berkehendak lain. Tuhan memanggilnya sebelum Ugik sempat memamerkan foto-foto karyanya. Dan kini, teman-teman baiknya mewujudkan niat Ugik: Pameran foto karyanya.
 
"Gik. Kau memang sudah tiada. Namun kau tetap abadi melalui karya-karyamu. Kau tetap abadi di hatiku."
 
Budiono Darsono, Jakarta, 24 Maret 2021
 
 
Testimoni Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Abdullah Azwar Anas, sahabat Budi Sugiharto:
 
Pertama saya merasa kehilangan Mas Budi atau Mas Uglu. Karena menurut saya, Mas Uglu ini komitmentnya sangat luar biasa."
 
Dan saya merasakan awal-awal saya menjabat sebagai bupati di Banyuwangi, ketika Mas Uglu menjadi wartawan di detik (Detikcom), ketika saya punya ide, gagasan terkait kemajuan daerah, terkait pembelaan terhadap masyarakat kecil di desa-desa, Mas Uglu begitu bersemangat.
 
Bahkan Mas Uglu ini sering memotivasi saya agar terus semangat untuk tumbuh dan berkembang bersama daerah. Dan saya lihat Mas Uglu ini totalitas orangnya, kadang waktu tidak menjadi pertimbangan. Bisa larut malam bahkan pagi kembali, tidak mengenal panas ataupun hujan, dia tetap datang jika memang telah punya komitmen untuk bertemu dan memotivasi mengembangkan daerah.
 
Saya merasa kehilangan yang mendalam. Semoga Mas Uglu diterima di sisi Allah SWT dan keluarganya, istri, putra-putrinya dan juga keluarga besar Mas Uglu mudah-mudahan diberikan kesabaran oleh Allah SWT. Semoga bisa melanjutkan ide-ide, gagasan Mas Uglu yang luar biasa.
 
Dirasakan hari ini meskipun beliau wafat, empati, simpati dari banyak teman, saudara-saudara yang di luar sana karena supportnya Mas Uglu itu bisa diterima oleh banyak orang dan itu bisa dirasakan di hari ini.
 
Sekali lagi saya ikut berbelansungkawa yang mendalam, mudah-mudahan Mas Uglu diterima di sisi Allah SWT. Terimakasih. (*/imm)
 
Ucapan SELAMAT HARI PERS NASIONAL 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Hiburan Komplit Khas Karnaval SCTV Hadir di Blora

Hiburan Komplit Khas Karnaval SCTV Hadir di Blora

Blora- Sejumlah musisi terbaik tanah air dan artis sinetron memeriahkan Karnaval SCTV yang digelar selama dua hari di Lapangan Kridosono,Blora, ...

1709402194.4664 at start, 1709402194.6038 at end, 0.13738608360291 sec elapsed