News Ticker
  • Jalan Penghubung Desa di Blora Ambles
  • Antisipasi Kejahatan dan Balap Liar, Satlantas Polres Bojonegoro Optimalkan Patroli Malam
  • Antisipasi Peredaran Narkoba BNNP Jateng Kosek Hiburan Malam Di Cepu
  • Jelang Peringatan Natal dan Tahun Baru 2018, Polres Bojonegoro Adakan Rakor Lintas Sektoral
  • Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro Belajar Industri Hulu Migas
  • PEPC Terima Persetujuan Desain Proyek JTB dari Ditjen Migas
  • Polres Blora Operasi Pasar Menjelang Natal dan Tahun Baru
  • Siswa SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro Fieldtrip ke Seloliman
  • Bermain Biola Bagian dari Hidup Akip
  • Tim Buser Sat Reskrim Polres Blora Amankan Komplotan Pelaku Spesialis Curanmor
  • Pemkab Blora Berikan Tunjangan Kesejahteraan Bagi Guru Madin dan TPQ
  • Letkol Inf Ryzadly Syahrazzy Themba S.Sos Jabat Dandim 0721/Blora
  • Dua Pasangan Diciduk Saat Berduaan di Rumah Kos
  • Kader Posyandu Kecamatan Gayam Ikuti Diskusi dan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri
  • Gerakan Koperasi Gelar Studi Lapangan di Banyuurip
  • Avanza Tabrak Viar di Tuban, Pengendara Viar Meninggal Dunia
  • Jelang Pilkada 2018, Polres Bojonegoro Gelar Pembinaan Tiga Pilar se Kabupaten Bojonegoro
  • Bupati Bojonegoro Hadiri Survey Akreditasi RSUD Sosrodoro Djatikoesoemo
  • Supra X 125 Tubruk Supra Fit, Seorang Pengendara Luka-Luka
  • Dewan Pers : Setiap Tahun Ada 600 Aduan Terkait Masalah Pers

Sosok Dibalik Aplikasi CAS dan System e-Police Polres Bojonegoro

Sosok Dibalik Aplikasi CAS dan System e-Police Polres Bojonegoro

Oleh Imam Nurcahyo

SEBAGAIMANA diketahui, berkat ide dan gagasan cemerlang dari Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro SH SIK MSI, jajaran Polres Bojonegoro telah berhasil mengembangkan aplikasi laporan kejadian, kegiatan dan panic button berbasis android bernama CAS (Crime Alarm System).

Sebelumnya, di era kepemimpinan Kapolres AKBP Ady Wibow SIK MSi, Polres Bojonegoro juga telah mengembangkan system aplikasi digitalisasi penyidikan berbasis WEB bernama e-Police.

Namun, siapakah sosok dibalik terciptanya kedua aplikasi tersebut, yang saat ini telah diadopsi oleh puluhan satuan kepolisian lain dan juga lembaga swasta.

Dia adalah Brigadir Polisi Nanang Saiful Hanafi, yang memiliki peran sebagai seorang analis sekaligus programer dari kedua aplikasi tersebut.

Brigpol Nanang Saiful Hanafi, terlahir di Bojonegoro pada 22 Desember 1987 dan baru tergabung di korp kepolisian, tepatnya di Polres Bojonegoro,  pada usia ke 20 atau tahun 2007, setelah menempuh Diktukba Polri Gelombang II di tahun 2006.

Sementara, pendidikan formalnya, lulus dari SDN Somodikaran 1 Kecamatan Dander tahun 2000, lalu lulus SMPN 1 Bojonegoro tahun 2003 kemudian lulus dari SMAN 1 Bojonegoro tahun 2006 dan langsung mengikuti seleksi Penerimaan Bintara Polisi.

Ketika ditemui awak media ini pada Rabu (09/08/2017) kemarin sore di kantornya, Brigadir Nanang mengungkapkan bahwa memang dirinya tidak pernah mengenyam pendidikan formal Teknologi Informasi (TI) atau pemrograman, namun sejak duduk di bangku SMA, dirinya mengaku sudah rajin belajar tentang pemrograman. “Belajarnya melalui buku dan internet,” tuturnya.

Namun Brigadir Nanang mengaku juga sempat berhenti belajar tentang pemrograman, saat dirinya menjalani masa pendidikan bintara polri, hingga saat awal penugasan di Polres Bojonegoro.

“Saat tugas awal di Polres Bojonegoro, ditempatkan di satuan Sabhara, saat itu sering tugas lapangan” terangnya.

Adapun riwayat penugasan Brigadir Nanang selama menjadi anggota kepolisian di Polres Bojonegoro, tahun 2007-2009 bertugas di Sat Sabhara. Tahun 2009-2017 bertugas di staf Bag Ops dan mulai awal tahun 2017 kemarin, beralih tugas di Sitipol (Seksi Teknologi Informasi Polri) hingga sekarang.

“Sejak bertugas di Bag Ops itulah saya mulai kembali belajar dan mendalami pemrograman,” lanjutnya

Lalu, sejak kapan dirinya mulai membuat program ?

Brigadir Nanang mulai menceritakan awal dirinya dipercaya untuk membangun atau mengembangkan program system applikasi.

Berawal pada tahun 2013 lalu, saat Polres Bojonengoro dipimpin oleh AKBP Ady Wibowo SIK MSi, saat itu dirinya diperintahkan untuk mencari seorang programer yang dapat mengkap dan menjabarkan ide serta gagasan Kapolres AKBP Ady Wibowo, untuk dibuat menjadi sebuah system atau program aplikasi.

Selanjutnya, guna memenuhi permintaan tersebut, Brigadir Nanang terlebih dulu melakukan konsultasi dengan sejumlah ahli pemrograman. Dari hasil konnsultasi tersebut diperoleh kesimpulan, bahwa untuk membuat system aplikasi yang baik, diperlukan seorang analis yang baik pula.

Dari situlah selain lebih giat belajar pemrograman, Brigadir Nanang juga belajar menjadi seorang analis dalam pembuatan program aplikasi yang diinginkan pimpinannya.

Singkat kata, dengan dibantu seorang programer, Brigadir Nanang mulai membangun system aplikasi, yang saat itu diberi nama e-Police. Dan hingga akhir kepemimpinan AKBP Ady Wibowo SIK MSi di Polres Bojonegoro, program aplikasi e-Police nyaris sempurna. Selain telah diaplikasikan di Polres Bojonegoro, saat ini sejumlah satuan kepolisian lain, juga telah mengadopsi e-Police.

Sepak terjang Brigadir Nanang dalam pembuatan aplikasi atau pemrograman, tidak berhenti sampai disitu. Ketika berganti pimpinan, dari AKBP Ady Wibowo SIK MSi ke AKBP Hendri Fiuser SH SIK MHum, pada pertengahan tahun 2015, Brigadir Nanang juga dipercaya untuk membangun portal atau website tribratanewsbojonegoro.com. Brigadir Nanang, juga berperan dalam membidani lahirnya portal atau website beritabojonegoro.com.

Selanjutnya, saat kepemimpinan Polres Bojonegoro berganti dari AKBP Hendri Fiuser SH SIK MHum ke AKBP Wahyu S Bintoro SH SIK MSi, disinilah sepak terjang Brigadir nanang dalam pemrograman semakin tampak. Brigadir Nanang kembali dipercaya untuk membangun aplikasi CAS (Crime Alarm System).

Saat ini, aplikasi CAS sudah mendapat pengakuan dari Mabes Polri, bahkan peluncurannya langsung dilakukan oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian di Mapolres Sidoarjo pada pertengahan tahun 2016 lalu. Selain itu, aplikasi CAS juga telah mendapatkan penghargaan dari Kementrian PAN RB, sebagai sarana Pelayanan Publik Polri Berbasis Teknologi  Informasi (TI).

Selain itu, aplikasi CAS dan turunannya, saat ini telah di adopsi atau diaplikasikan diberbagai satuan kepolisian dan juga oleh pihak swasta.

“Ada 12 satuan kepolisian dan 3 lembaga swasta yang mengadopsi CAS atau turunannya.” terang Brigadir Nanang.

Selain kedua program aplikasi tersebut, Brigadir Nanang juga dipercaya membangun Posko Panel Digital, yaitu panel laporan kegiatan Polres, dalam bentuk digital. “Untuk panel digital ini bahkan telah direkomendasikan oleh Polda Jatim, sebagai panel digital percontohan .Setidaknya telah ada 14 Polres yang mengadopsi atau memesan panel digital dari Bojonegoro,” terangnya.

Kepada awak media ini, Brigadir Nanang juga ingin menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para pimpinannya, yang selama ini telah memberi kepercayaan terhadap dirinya dalam membangun dan mengembangkan teknlogi informasi dalam pelayanan kepolisian.

“Terima kasih Pak Ady, Pak Hendri dan terlebih lagi terima kasih kepada Pak Wahyu,” pungkasnya.

Aplikasi CAS, saat ini telah diadopsi oleh Polres Cimahi Polda Jawa Barat, dengan nama TRUST; Polres Minahasa Selatan Polda Sulawesi Utara, dengan nama AREA; Polres Lampung Selatan Polda Lampung, dengan nama SIAGA; Polresta Pekanbaru Polda Riau, dengan nama Polisi ZAPIN; Polres Madiun Polda Jatim, dengan nama MBT; Polres Trenggalek Polda Jatim, dengan nama Monster; Ditreskrimum Polda Jatim, dengan nama Kring Serse dan Polrestabes Surabaya, yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Sementara aplikasi serupa CAS atau turunannya, juga telah diadopsi oleh STIKES ICSADA Bojonegoro dan EMCL, dengan nama Sapa Banyuurip dan Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, dengan nama C-Trac. Sedangkan yang masih dalam proses pengerjaan, pesanan dari EMCL dengan nama PGA-Mobile; Polrestabes Surabaya, dengan nama e-TFG; Ditbinmas Polda Jatim, dengan nama e-Satpam; Labfor Cabang Surabaya, dengan nama SMC dan SPN Polda Metro Jaya, dengan nama SPN PMJ.

Sedangkan untuk system aplikasi e-Police, telah diaplikasikan di Polres Gresik Polda Jatim; Polresta Pekanbaru Polda Riau; Ditreskrimum Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya masih dalam proses pengerjaan.

Dan untuk Posko Panel Data Digital, yang menggunakan produk dari Bojonegoro adalah, Polres Gresik, Polres Gianyar Polda Bali, Polres Pasuruan, Biroops Polda Jatim, Polres Tulungagung, Polres Sidoarjo, Polres Malang, Polres Bondowoso, Polres Lumajang, Polres Blitar, Polres Madiun, Polres Lamongan, Polres Trenggalek dan Polres Jombang. (*/imm)

Berita Bojonegoro
Berita Terkait
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro

Sosok

Bermain Biola Bagian dari Hidup Akip

Bermain Biola Bagian dari Hidup Akip

Oleh Angga Reza Bojonegoro (Kota) - Sambil menikmati sore hari di sekitar Alun Alun Kota Bojonegoro di bawah teduhnya pohon ...

Quote

Indonesia Emas, Siapa Tahu?

Catatan Dahlan Iskan

Indonesia Emas, Siapa Tahu?

*Oleh Dahlan Iskan TOLONGLAH saya. Bantu berikan pencerahan kepada saya: siapa yang pertama kali mencetuskan istilah 'Indonesia Emas 2045'? Kalau ...

Opini

AIDS Masihkah Mengerikan?

Hari AIDS Sedunia

AIDS Masihkah Mengerikan?

*Oleh dr Achmad Budi Karyono HARI ini 1 Desember merupakan hari yang cukup menakutkan bagi setiap warga yang mengetahui tentang ...

Eksis

Bripka Juhair, Punya Inovasi Sampaikan Pesan-Pesan Kamtibmas Melalui Wayang

Polisi Inovatif

Bripka Juhair, Punya Inovasi Sampaikan Pesan-Pesan Kamtibmas Melalui Wayang

*Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Banyak cara untuk menunjang tugas pokok dan fungsinya sebagai seorang anggota Korps Bhayangkara. Bripka Juhair ...

Pelesir

Warung Semok Iwak Gloso Mbak Sumi yang Fenomenal

Warung Semok Iwak Gloso Mbak Sumi yang Fenomenal

Oleh Angga Reza Bojonegoro (Temayang) Sebuah warung sederhana berdiri di ujung selatan Kabupatan Bojonegoro di dekat jembatan Kedungjati turut Desa ...

Kegiatan Masyarakat Bojonegoro

Sabtu, 16 Desember 2017

Berita Foto

Jembatan Tersumbat Sampah, Aliran Sungai Meluber ke Jalan

Jembatan Tersumbat Sampah, Aliran Sungai Meluber ke Jalan

Oleh Vera Astanti Malo - Sebuah jembatan di Desa Sumberrejo Kecamatan Malo tersumbat tumpukan sampah saat hujan deras sore tadi, ...

Infotorial

Kualitas Pendidikan Meningkat, SMP Negeri 1 Gayam Makin Membanggakan

Program Pengembangan Sekolah SKK Migas - EMCL

Kualitas Pendidikan Meningkat, SMP Negeri 1 Gayam Makin Membanggakan

*Oleh Imam Nurcahyo SUASANA tenang dan asri sangat terasa saat memasuki pintu masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Gayam, ...

Resensi

Kisah Pi yang Inspiratif

Kisah Pi yang Inspiratif

Oleh Vera Astanti Ini adalah kisah petualangan Piscine Molitor Patel, biasa di panggil Pi, si tokoh utama, anak keturunan India ...

Feature

Muhammad Jamil Muhlisin, Dokter Teladan Tingkat Nasional Asal Blora

Muhammad Jamil Muhlisin, Dokter Teladan Tingkat Nasional Asal Blora

Oleh Priyo Spd Blora- Siapa yang tidak mengenal Dokter Jamil?dia adalah Dokter asal Kecamatan Kunduran dengan nama lengkap dr. Muhammad ...

Teras

Ada Konten Gambar Gerak (GIF) Pornografi di WhatsApp

Ada Konten Gambar Gerak (GIF) Pornografi di WhatsApp

*Oleh Imam Nurcahyo Lindungi anak-anak dari pornografi! SEJUMLAH media pada Minggu (05/11/2017) ramai memberitakan adanya unsur pornografi yang terdapat pada ...

Statistik

Hari ini

285 pengunjung

629 halaman dibuka

49 pengunjung online

Bulan ini

40.869 pengunjung

125.003 halaman dibuka

Tahun ini

1.000.655 pengunjung

3.992.033 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 580.212

Indonesia: 12.062

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015