News Ticker
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
  • Berkah Ramadan, Petani Blewah di Blora Mengaku Untung Besar
Inilah Capaian Kinerja 100 Hari, Pemerintahan Anna-Wawan di Bojonegoro

Inilah Capaian Kinerja 100 Hari, Pemerintahan Anna-Wawan di Bojonegoro

 

Bojonegoro - Pemerintahan pasangan Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah dan Wakil Bupati Bojonegoro, Drs Budi Irawannto MPd, atau yang dikenan dengan pasangan Anna-Wawan, pada Kamis (03/01/2019) kemarin, telah memasuki 100 hari, sejak dilantik pada Senin (24/09/2018) lalu.

Informasi yang diterima media ini dari bagian Humas dan Protokol, Setda Pemkab Bojonegoro menyebutkan sejumlah capaian kinerja 100 hari, yang sudah dilakukan  pemerintahan Anna-Wawan, sebagai berikut:

 

Bidang Infrastruktur.

Jalan: Meliputi pembangunan jalan, berupa jalan cor beton dan hotmix, untuk ruas jalan poros kecamatan dan poros desa. Target sampai dengan tahun 2021 selesai, dengan panjang jalan 813 kilometer. Sedangkan pada tahun 2019, telah dianggarkan Rp 609,4 miliar, untuk pembangunan ruas jalan sepanjang 130, 91 kilometer.

Jembatan: Untuk pembangunan jembatan, masih dalam perencanaan. Tahun 2019 ditargetkan perbaikan jembatan sebanyak 103 buah, dengan alokasi anggaran Rp 85,08 miliar dan ditargetkan sampai dengan 2021 terselesaikan.

 

Bidang Pemerintahan.

a. Review Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro, Nomor 35 tahun 2014, tentang Penghasilan Kepala Desa dan Perangkat Desa. Diubah atas dasar masukan dari kepala desa dan perangkat desa, terkait penghasilan tetap (Siltap) dan tunjangannya. Atas pelaksanaannya, Bupati Anna mengeluarkan Perbup Nomor 45 Tahun 2018, tentang Penghasilan Kepala Desa dan Perangkat Desa dan Perbup Nomor 46 Tahun 2018, tentang Hasil Pengelolaan Tanah Bengkok, Sebagai Tunjangan Kepala Desa dan Perangkat Desa.

b. Dana Insentif Desa (DID). Dana tersebut merupakan reward bagi pemerintah desa yang berhasil dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.

a. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui BUMDes. Yaitu stimulan kepada BUMDes yang fokus di bidang agribisnis dan wisata, dengan besar anggaran Rp 100 juta per desa. Untuk tahun 2019, telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk atau untuk 50 BUMDes.

b. Pemberdayaan Fakir Miskin Melalui Usaha Ekonomi Produktif. Masihdalam perencanaan dan pada tahun 2019, telah dianggarkan sebesar Rp 3 miliar, dengan sasaran menyesuaikan.

c. Kartu Pedagang Produktif (KPP). Telah dianggarkan pada tahun 2019, berdasarkan Perbup Nomor 54 tahun 2018, tentang Pemberdyaan Usaha Mikro melaui Program Pedagang Produktif, yang disalurkan melalui BPR Bojonegoro, untuk pedagang produktif

Adapun manfaat kepemilikan Kartu Pedagang Produktif: 1). Fasilitas akses permodalan maksimal Rp 25 juta dengan bunga ringan; 2). Pelatihan kewirausahaan; 3). Kemudahan Akses Kemitraan; 4). Kemudahan layanan perizinan usaha; 5). Bantuan pengurusan sertifikasi produk; dan 6). Fasilitasi hak patent bagi pedagang.

Sedangkan sasarannya: 1). Warga Bojonegoro yang berdomisili dan memiliki usaha di Bojonegoro; 2). Perorangan dan atau badan usaha perorangan, yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

 

Bidang Kesejahteraan Masyarakat

a. Santunan Kematian. Pada tahun 2019 telah dianggarkan sebesar Rp 6 miliar, berdasarkan Perbup Nomor 49 Tahun 2018, Tentang Pedoman Pemberian Santunan Bagi Masyarakat Miskin, dengan besaran Rp 2,5 juta pe orang.

Mekanisme Pencairan: Surat permohonan santunan diajukan ahli waris kepada Bupati melalui Bagian Kesra Setda Pemkab Bojonegoro; Melampirkan fotocopy e-KTP dan KK warga yang meninggal; Melampirkan fotocopy e-KTP dan KK ahli waris; Surat keterangan kematian dari desa atau kelurahan; Surat keterangan miskin ahli waris; Akta Kelahiran bagi ahli waris; dan Verifikasi pada Bagian Kesra Setda Pemkab Bojonegoro.

b. Bantuan Warga Sakit Menahun. Pada tahun 2019 telah dianggarkan sebesar Rp 2,5 miliar untuk 2.000 orang, dengan besaran bantuan Rp 1,25 juta per orang.

c. Bantuan Untuk Anak Yatim. Pada tahun 2019 telah dianggarkan Rp 10 miliar untuk 8.000 anak, dengan besaran bantuan Rp 1,25 juta per anak

d. Bantuan Penyandang Disabilitas Berat. Pada tahun 2019 telah diangaarkan sebesar Rp 1 miliar untuk 500 orang, dengan besaran bantuan Rp 2 juta per orang.

e. Asistensi Sosial Lanjut Usia (Aslut) Terlantar. Pada tahun 2019 telah diaggarkan sebesar Rp 3 milyar, unutk 2.000 orang, dengan besaran bantuan Rp 1,5 juta per orang.

f. Rehab Rumah Tidak Layak Huni. Alokasi anggaran tahun 2019 sebesar Rp 18,2 milyar dengan sasaran 989 unit.

g. Tempat Penitipan Anak. Direncana akan dibangun di 3 titik.

 

Bidang Pembinaan Keagamaan

a. Insentif ustad dan ustadah TPA/TPQ. Telah dianggarkan pada tahun 2019, untuk 5.000 ustad dan ustadzah, dengan besaran insentif Rp 100 ribu per bulan.

b. Insentif Marbot Masjid. Pada tahun 2019 telah dianggarkan, dengan sasaran satu desa satu masjid, yang diberikan kepada tiga orang petugas, yaitu satu penjaga dan dua petugas kebersihan, dengan besaran insentif Rp 100 ribu per bulan per orang.

c. Insentif Jamaah Tahlil Putra dan Putri. Telah dianggarkan pada tahun 2019, dengan sasaran satu desa diambilkan 10 jamaah tahlil, dengan besaran anggaran tiap desa Rp 1 juta per tahun.

d. Insentif Modin Perempuan. Telah dianggarkan pada tahun 2019 dengan sasaran modin perempuan di setiap desa dengan besaran bantuan Rp 1 juta per desa per tahun.

e. Rehab Rumah Ibadah. Telah dialokasi anggaran pada tahun 2019 sebesar Rp 5,5 miliar

 

Bidang Pertanian.

Kartu Petani Mandiri Plus (KPM Plus). Akan segera dilaunching pada bulan Januari 2019 ini dan telah dianggarkan pada tahun 2019 sebesar Rp15 miliar untuk lahan seluas 60 hektare.

Ada 6 point penting dalam Program Kartu Petani Manduri Plus, 1). Mendapatkan bantuan modal maksimal Rp10 juta bagi setiap rumah tangga petani; 2). Mendukung akses prioritas pelatihan dan pengembangan usaha di balai latihan kerja bagi petani; 3). Mendukung mendapatkan subsidi untuk pembelian pupuk, bibit dan pakan ternak bagi petani; 4). Mendukung jaminan pembelian hasil pertanian, bekerjasama dengan BUMDes dan BUMD bagi petani; 5). Mendukung asuransi gagal panen, mendapatkan 100 persen premi bagi petani (AUTP) sebesar Rp 2,5 juta per hektare; dan 6). Mendukung beasiswa untuk anak petani yang berprestasi. (*/imm)

 

Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713483257.8533 at start, 1713483258.3025 at end, 0.44914388656616 sec elapsed