News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Melalui Sambang Desa, Bupati Bojonegoro Serap Aspirasi Masyarakat

Melalui Sambang Desa, Bupati Bojonegoro Serap Aspirasi Masyarakat

Bojonegoro - Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, pada Selasa (12/03/2019), hadiri acara Sambang Desa di Desa Jati Blimbing Kecamatan Dander. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka  untuk mendengar langsung apa yang menjadi aspirasi masyarakat di desa.
 
 
Selain dihadiri Bupati Bojonegoro, acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra, kepala Dinas Kominfo beserta jajaran, sejumpah  Kepala OPD, Camat Dander beserta Forpimca Dander, Kepala Desa Jati Blimbing beserta perangkat desa dan masyarakat setempat.
 
Camat Dander, Nanik Lusetiyani SSos MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat, karena bupati Bojonegoro turun langsung untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat. Menurutnya, apa yang menjadi keluhan dari masyarakat bisa disampaikan langsung kepada Bupati Bojonegoro dan juga kepala OPD yang bersangkutan. Sehingga bisa segera diambil tindakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
 
“Kesempatan ini perlu digunakan dengan baik oleh masyarakat kecamatan Dander pada umumnya dan masyarakat Desa jati Blimbing pada khususnya, untuk menyampaikan aspirasi dan unek-uneknya.” kata  Camat Dander, Nanik Lusetiyani SSos MM.
 
Kepala Dinas Pertanian, Ir Akhmad Djupari MSi, pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Pemkab Bojonegoro memmiliki Asuransi Usaha Tanaman Padi, yang mana dulu petani membayar premi sendiri, sekarang dibayar oleh Pemkab melalui APBD. Menurutnya, Asuransi ini untuk mengcover sawah yang gagal panen atau mengalami kerusakan, dengan ketentuan sebanyak 75 persen akan mendapatkan ganti rugi sebesar Rp 6 juta per hektare.
 
Ke depan juga akan diusulkan untuk asuransi Tembakau, Jagung, serta Bawang. Selain itu, lanjutnya,  ada juga pemberdayaan petani melalui sekolah tani. Hal ini didasari semakin berkurangnya petani muda.
 
“Setiap desa mengalokasikan lahan sawan seluas satu hektare, yang biaya operasionalnya dibiayayi pemerintah, seperti benih dan pupuk. Namun nanti hasilnya bisa diambil oleh desa sendiri.” kata Ir Akhmad Djupari MSi.
 
Kepala Dinas PU Bina Marga, Nur Sujito menyampaikan bahwa Bupati Bojonegoro memberi target tiga tahun untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur, mulai dari jalan jembatan dan penerangan jalan umum.
Menurutnya, mulai tahun 2019 ini pemkab akan melakukan pembangunan Infrastruktur jalan.
 
“Apabila ada jalan desa yang ingin pembangunannyang dibantu oleh pemkab, harus mengajukan Bantuan Keuangan Desa, yang pengajuannya harus detil.” kata  Nur Sujito.
 
Kepala Dinas PU Sumber Daya Air, Edi Susanto SSos MSi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa irigasi merupakan hal penting, baik untuk kehidupan maupun bagi pertanian, sehingga perlu ada perhatian agar ketersedian air bisa tetap berlangsung. Menjadi tugas Dinas PU SDA untuk menangani masalah irigasi, sehingga air memiliki saluran agar air bisa mengalir.
 
“Dinas PU SDA juga akan melakukan perbaikan kepada saluran yang mengalami penyumbatan. Selain itu juga pembangunan jaringan irigasi baru.” kata Edi Susanto SSos MSi
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat memberikan sambutan dalam acara Sambang Desa di Desa Jati Blimbing Kecamatan Dander. Selasa (12/03/2019)

 
Bupati Bojonegoro Dr Hj Anna Muawanah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab Bojonegoro menyakini tahun 2021, pembangunan jalan inti bisa tuntas semuanya. Setelah permasalahan infrastruktur jalan rampung, pemkab akan fokus pada masalah air, yang mana bila musim penghujan mengalami banjir dan pada musim kemarau mengalami kekeringan.
 
“Kita akan memberikan perhatian lebih kepada pembangunan saluran sungai agar air yang melewati Bojonegoro bisa mengalir dengan lancar. Selain itu perlu kerjasama dari masyarakat Bojonegoro agar tidak membuang sampah di sungai. Karena sampah di sungai bisa menyumbat saluran air yang mengakibatkan banjir.” tutur Bupati.
 
Lebih lanjut Bupati menuturkan, bahwa pemkab juga akan melakukan kerjasama anatar daerah, dengan pembangunan jembatan yang menghubungkan desa Luwihhaji Kecamatan Ngraho Bojonegoro dengan Desa Medalem Kabupaten Blora.
 
“Dengan pembangunan jembatan tersebut, diharapkan nantinya bisa meningkatkan perekonomian Kabupaten Bojonegoro bagian Selatan.” kata Bupati.
 
Selain itu, lanjutnya, ada juga usulan warga Kecamatan Kanor yang ingin dibangun jembatan, yang menghubungkan ke Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban, namun hal tersebut harus mendapat ijin dari Provinsi.
 
“Karena orientasi pembangunan kita adalah pembangunan kawasan secara bersama. Sehingga nanti semua daerah di Bojonegoro bisa maju secara bersama-sama.” pungkas Bupati. (red/imm)
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714153351.4436 at start, 1714153351.6868 at end, 0.24323511123657 sec elapsed