News Ticker
  • Kirab Gunungan Buka Gelaran Festival Sentono di Kradenan Blora
  • Kemendesa PDTT Bantu Pembangunan Sarpras Agribisnis Ayam Joper Desa Brabowan Blora
  • Rumah Mbah Nyaminah, Warga Balen Bojonegoro Yang Roboh, Segera Dibangun Kembali
  • Diduga Akibat Selang Elpiji Bocor, 3 Rumah Warga Kedungadem Bojonegoro Terbakar
  • Masyarakat dan Karyawan EMCL Berbaur dalam Kerja Bakti Sukarelawan di Desa Manukan
  • Kondisi Air Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro Lebihi Ambang Batas Baku Mutu
  • Harga Cabai Merah Besar di Bojonegoro Turun, Petani Merugi
  • Optimalisasi Penanggulangan Karhutla, Polres Bojonegoro Gelar Rakor dengan Instansi Terkait
  • Polisi di Bojonegoro Bongkar Makam 2 Warga Kedungadem untuk Dilakukan Diotopsi
  • Kembangkan Ekonomi Kreatif, Pemkab Bojonegoro Tandatangani MoU dengan ICCN
  • Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 18 September 2019
  • Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Dapat Sosialisasi Saber Pungli
  • Tiga Sekolah Swasta di Blora Terima Bantuan Hibah Barang Milik Daerah
  • Sat Lantas Polres Blora Droping 15 Tangki Air Bersih, Untuk Warga Desa Jepangrejo
  • Malam Tirakatan, Sedulur Sikep Samin Blora, Gelar Pertunjukan Wayang Kulit
  • 2 Orang Warga Kedungadem Bojonegoro Ditemukan Meninggal Dunia di Dalam Rumah
  • Pimpinan DPRD Kabupaten Bojonegoro Masa Jabatan 2019-2024, Dilantik
  • Pemdes Pengkol Tambakrejo Bojonegoro, Gelar Pelatihan Budidaya Jamur Tiram
  • Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 17 September 2019
  • Satukan Visi Jogo Jawa Timur, Kapolda Jatim Kumpul Bareng Warganet
  • Komitmen Pertamina EP Jaga Lingkungan Cukup Kuat
  • Bojonegoro Raih Penghargaan Kabupaten Peduli Olah Raga dari Gubernur Jatim
  • Kirab Pusaka Ki Andong Sari, di Kelurahan Ledok Kulon Bojonegoro Berjalan Meriah
  • Ketua Umum KONI Bojonegoro Lantik Pengurus Perwosi
  • Warga Sambut Baik Rehab Pagar Pendapa Pemkab Bojonegoro

Resensi: Revival Konspirasi Dua Sisi

Perjalanan kehidupan Farah Alicia, seorang mantan pembaca berita (news anchor) yang sebelumnya menjadi istri simpanan Chandra, seorang mantan Menteri Sosial penuh liku. Namun, Farah akhirnya menjalani kehidupan sebagai seorang janda di mana Chandra yang dulu sebagai suaminya meninggal dunia di dalam sel tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Farah dikaruniai seorang anak perempuan bernama Alexa yang menjadi alas an Farah untuk bertahan di tengah badai kehidupan yang tiada henti menghantamnya. Ia kini tinggal di negeri Tiongkok.
 
Farah sosok wanita yang cerdas dan memiliki kemampuan analisa yang tajam. Farah merasa kematian suaminya terdapat keganjilan. Ini bukan kematian alami karena bunuh diri seperti yang sudah diberitakan di media. Dengan ketajaman analisanya, Farah bisa menduga ada yang tidak beres dengan kematian suaminya, Chandra saat di sel tahanan. Farah melihat di stasiun televisi dia  bekerja dulu yaitu Gold TV memberitakan kejadian ini dengan berat sebelah. Chandra, suami Farah, saat ditangkap, diberitakan terus menerus di saluran televise Gold TV. Tetapi anehnya, saat berita kematian Chandra hanya diberitakan sekilas dan diganti dengan berita lainnya.
 
Farah pun sebagai seorang istri Chandra bertanya-tanya tentang kejadian tersebut dan perlahan Farah bangkit dari keterpurukan. Farah pun memutuskan untuk kembali ke Jakarta dan memutuskan meninggalkan Tiongkok untuk menyelediki kasus kematian suaminya. Ia menitipkan bayi perempuannya, Alexa, kepada Meilly sahabatnya.
 
Raffi Subrata, sahabat Farah dan juga ahli waris dinasti Subrata yang memiliki Gold TV  mendukung Farah untuk kembali bekerja di stasiun televisi. Farah memutuskan untuk kembali bekerja karena untuk memuluskan langkahnya menyelidiki kasus kematian suaminya. Farah mulai menemukan fakta-fakta terbaru satu demi satu kasus kematian suaminya dan bahkan kenyataan yang tak terduka hadir. Raffi Subrata merupakan anak semata wayang dari pemilik stasiun televisi tersebut kembali diam-diam memiliki perasaan dengan Farah yang dahulu pernah menjadi mantan pacar Farah. Raffi pun mengungkapkan perasaannya kepada Farah dan melamarnya, namun Farah dengan jelas menolak lamaran tersebut karena Farah merasa tidak pantas dengan Raffi. Ia  merasa masa lalunya yang kelam dan di sisi lain Raffi dijodohkan dengan Danisa yang merupakan anak dari kolega ayah Raffi. Di sisi lain Farah masih berusaha mengungkap misteri  kematian suaminya.
 
Farah yang masih melakukan penyelidikan menemukan fakta terbaru bahwa suaminya masih hidup dan yang melakukan konspirasi skandal semuanya yaitu istri sah Chandra yaitu Saraswati dengan Radi Djuada yaitu lelaki simpanan Saraswati. Saraswati menginginkan kedudukan sebagai Menteri sosial dan Radi Djuada sebagai menteri pertahanan. Mereka merencanakan dan bersekongkol untuk menjebak Chandra dengan kasus korupsi. Merencanakan pelenyapan nyawa Chandra di dalam sel tahanan. Chandra diam dengan penuduhan korupsi tersebut semata-mata untuk melindungi Farah yaitu istri simpanan yang tidak mau diketahui publik. Radi Djuada yang melakukan pengalihan isu kematian Chandra di stasuin televisi karena mempunyai saham di stasiun televisi tersebut.Namun Chandra sebenarnya tidak mati, ia diselamatkan oleh Pandji yaitu presiden yang sudah mengetahui rencana Saraswati dan Radi dan Chandra dirawat dan hidup di rumah Raila yaitu sepupu dari Panji.
 
Tak lama kemudian Raffi melakukan pernikahan dengan Danisa karena Raffi yang merasa kecewa dengan tolakan lamaran dengan Farah. Farah pun merasa tak berdaya melihat Raffi dan Danisa menikah yang bertepatan dengan diagnosis penyakit Farah yaitu penyakit parkinson yang dapat melumpuhkan Farah dan merambat ke otak dan susah untuk di sembuhkan, namun tak seorang pun mengetahui penyakit yang dideritanya. Farah tetap melakukan pekerjaannya. Farah menjalani hidupnya yang tidak mudah, belum lagi dia didiagnosis memiliki penyakit mematikan yang mengancam nyawanya. Alexa putri kecilnya yang salalu menjadi penyemangat hidupnya.
 
Satu sisi Saraswati kemudian diangkat sebagai Menteri Sosial dan melakukan banyak pelanggaran penggunaan dana serta melakukan korupsi bersama Radi Djuada. Farah melakukan penyelidikan dengan mentransfer seluruh data dan bukti-bukti lain untuk mendukung membalas dendamnya. Bukti-bukti tersebut kemudian diberikan Pandji sebagai presiden ke KPK. Saraswati dipanggil dan diperiksa KPK serta Radi Djuada. Untuk menghilangkan bukti-bukti yang lain kemudian Saraswati nekat melakukan bunuh diri dengan menerjukan mobilnya ke dalam jurang dan Radi Djuada menjadi tersangka kasus korupsi dan dipenjara. Hal ini membuat lega Farah karena usahanya membuahkan hasil.
 
Farah menemui Chandra di rumah Raila yang sangat kecewa karena Chandra ternyata sudah menikah dengan Raila dan seketika itu menceraikan Farah. Farah seperti hancur dengan keadaannya saat itu dan harus dirawat di berbagai negara untuk melakukan kemoterapi. Raffi yang mencari keberadaan Farah dan bertemu dengan Farah dengan keadaan Farah yang tidak seperti dulu. Raffi terus meneteskan air mata dengan surat yang dibacanya yang dibuat Farah untuk Raffi yang berisi Farah sangat mencintai Raffi, namun tidak dapat bersatu. Raffi kemudian selalu menemaninya setiap berobat dan Farah merasa lebih baik keadaanya jika dekat dengan Raffi. Raffi pun meminta izin kepada istrinya Danisa untuk menikahi Farah dan sudah melamar Farah yang saat itu sakit parah, namun Tuhan berkehendak lain Farah yang kritis dinyatakan meninggal dunia. Chandra yang penuh sesal mengetahui kabar duka tersebut kemudian datang ke pemakaman Farah dan bertemu dengan ibu Farah beserta Alexa putri kandung Chandra. Chandra membaca surat yang dititipkan ibu Farah, dengan air mata yang terus mengalir membaca isi surat yang ditulis Farah saat masih hidup. Farah berpesan kepada Chandra menitipkan Alexa putri kecilnya untuk dirawat dan dibesarkan bersama istri baru Chandra dan Farah yakin Chandra bisa menjaga amanah yang diberikan Farah. (*/kik)
 
 
Keunggulan novel ini :
 
1).Di Indonesia, masih jarang novel yang mengangkat isu politik-ekonomi
2).Penulis memahami isu yang terjadi di era politik saat ini
3).Cerita fiksi yang dituliskan berdasarkan riset, dimana menceritakan skandal politik yang diwarnai dengan cerita-cerita cinta pada tokoh utama.
4).Bercerita menggunakan sudut pandang orang ketiga yang lebih banyak mengisahkan tentang kehidupan dari sisi farah, sehingga membuat pembaca dapat mengikuti jalannya cerita dan dilengkapi dengan dengan cerita tokoh lain.
5).Novel yang semula hanya cerita fiksa sekarang satu per satu latar belakang kisah politik tersebut menjadi kenyataan pada era politik masa sekarang.
 
Identitas buku :
 
Penulis                        :  Wenny Artha Lugina
Penyunting                  :  Shophie Mou
Perancang Sampul     :  Tristas George
Penerbit                      :  Bentang Aksara
Cetakan                      :  Pertama, April 2016
Jumlah Hal                  :  vii +332 halaman
ISBN                           :  978-602-291-179-1
 
*) Penulis resensi, guru Bimbel Gugusan Bintang YKIB
Berita Terkait

Videotorial

Video: Semarak Gapura Kemerdekaan Polres Bojonegoro

Videotorial

Video: Semarak Gapura Kemerdekaan Polres Bojonegoro

Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke74, Polres Bojonegoro bersama Polsek jajaran, dirikan gapura di depan pintu ...

Berita Video

Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Gayam Bojonegoro

Berita Video

Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Gayam Bojonegoro

Kebakaran tersebut menghanguskan rumah yang sekaligus dipergunakan sebagai tempat penggilingan padi, milik Moh Uzaini (58), warga Desa Gayam RT 004 ...

Teras

Hukum Mengapung di Atas Samudera Etika

Hukum Mengapung di Atas Samudera Etika

*Oleh Muhammad Roqib Akhir-akhir ini Prof. Dr. Jimly Asshidiqie, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi , memberi perhatian lebih pada pentingnya etika ...

Opini

‘Sesat Pikir’ atas Keberadaan Media Siber

Muhammad Abdul Qohhar Editor Imam Nurcahyo

‘Sesat Pikir’ atas Keberadaan Media Siber

PAGI sangat cerah, seperti hari-hari sebelumnya. Tapi saat tengah menikmati kopi panas, beberapa pesan masuk berantai dengan disertai gambar tulisan ...

Quote

Pendekatan

Quote

Pendekatan

Seorang kepala sekolah selalu datang 30 menit sebelum jadwal pelajaran dimulai atau pintu gerbang ditutup untuk memberi salam, berjabat tangan ...

Sosok

Mochlasin Afan, Caleg DPRD Bojonegoro Partai Demokrat, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

Serba-Serbi Pemilu 2019

Mochlasin Afan, Caleg DPRD Bojonegoro Partai Demokrat, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

Bojonegoro - Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 telah usai dilaksananan dan perolehan suara partai politik peserta Pemilu 2019 tingkat ...

Eksis

Talenta Kartika Putri, Pelajar SD Asal Blora Peraih Juara 3 Lomba Sempoa Tingkat Nasional

Talenta Kartika Putri, Pelajar SD Asal Blora Peraih Juara 3 Lomba Sempoa Tingkat Nasional

Blora - Prestasi membanggakan datang dari putra daerah Kabupaten Blora. Dia adalah Talenta Kartika Putri (11), siswi SDN Kunden 1 ...

Infotorial

Program Semai Benih Bangsa: Sekolah PAUD Berkualitas, Siapkan Generasi Emas

Program Semai Benih Bangsa: Sekolah PAUD Berkualitas, Siapkan Generasi Emas

Usia 6 tahun pertama adalah masa keemasan dan fase terpenting dalam pertumbuhan anak. Pada kurun usia tersebut, perkembangan otak anak ...

Berita Foto

Foto Aksi Unjuk Rasa Warga Desa Ngampel di Pendapa Pemkab Bojonegoro

Berita Foto

Foto Aksi Unjuk Rasa Warga Desa Ngampel di Pendapa Pemkab Bojonegoro

Bojonegoro - Diberitakan sebelumnya, warga masyarakat Desa Ngampel Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, pada Rabu (14/08/2019), menggelar unjuk rasa (unras) atau ...

Feature

Ngadoellah Warga Campurejo Bojonegoro ini Tekuni Pembibitan Kelengkeng Jenis Diamond River

Ngadoellah Warga Campurejo Bojonegoro ini Tekuni Pembibitan Kelengkeng Jenis Diamond River

Bojonegoro - Berawal dari kegemarannya merawat segala jenis tanaman, Ngadoellah (56) akhirnya menekuni pembibitan tanaman kelengkeng jenis diamond river. Hampir ...

Religi

Tolong Menolong Meringankan Sesama

Tolong Menolong Meringankan Sesama

HIDUP itu bagaikan sebuah bangunan, yang saling menopang antara unsur yang satu dengan unsur yang lainya, karena itu setiap muslim ...

Pelesir

Wisata Edukasi Gerabah Malo Bojonegoro, Tawarkan Motif Kendi "Pinarak Bojonegoro"

Wisata Edukasi Gerabah Malo Bojonegoro, Tawarkan Motif Kendi "Pinarak Bojonegoro"

Bojonegoro - Wisata Edukasi Gerabah di Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro, selalu berbenah dan menciptakan model-model terbaru. Selain motif ...

Hiburan

Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 18 September 2019

Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 18 September 2019

Rencana Kegiatan Masyarakat di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Rabu (18/09/2019): KEGIATAN MASYARAKAT KOMERSIAL Waktu: Pukul 17.00 WIB s/d Selesai Tempat: Desa ...

Statistik

Hari ini

17.478 kunjungan

24.405 halaman dibuka

644 pengunjung online

Bulan ini

111.437 kunjungan

165.291 halaman dibuka

Tahun ini

1.430.193 kunjungan

2.263.230 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 668.531

Indonesia: 9.905

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015