News Ticker
  • Tingkatkan Pemahaman dalam Penanganan Covid-19, Polres Bojonegoro Gelar FGD
  • 15 Agustus 2020, Pemerintah Akan Lakukan Reopening Objek Wisata di Bojonegoro
  • Pemkab Bojonegoro Gelar FGD, Tingkatkan Kontribusi Sektor Pertanian Terhadap PDRB
  • Bupati Bojonegoro Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD di Kecamatan Purwosari
  • Jelang Jatuh Tempo, Realisasi Pembayaran PBB-P2 Kabupaten Bojonegoro Capai 52,55 Persen
  • Realisasi Pembayaran PBB-P2 Kecamatan Purwosari Capai 100 Persen, Pertama di Bojonegoro
  • Motor Tabrak Truk Parkir di Sumberrejo Bojonegoro, Pengendara Motor Luka-Luka
  • Polres Bojonegoro Salurkan 10 Ton Beras Bantuan Mabes Polri, Bagi Warga Terdampak Covid-19
  • Wakil Bupati Blora, Arief Rohman, Jenguk Bocah Penyandang Disabilitas
  • Seorang Warga Sidoarjo Ditemukan Meninggal Dunia di Dalam Kamar Kosnya di Bojonegoro
  • Jaga Kelestarian Sumber Air, Pemkab Bojonegoro Segera Revitalisasi Sejumlah Sumber Mata Air
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Terpadu di Dander
  • Warga Sukosewu Bojonegoro Meninggal Dunia Akibat Tersengat Listrik Jebakan Tikus di Sawah
  • Rumah Warga Sumbang Bojonegoro Kota Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Rp 130 Juta
  • 3 Tenaga Kesehatan Puskesmas Pungpungan Bojonegoro Positif Corona
  • Pemkab Bojonegoro Mulai Lakukan Uji Coba Pembukaan Sejumlah Objek Wisata
  • 5 Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, Pelayanan Puskesmas Kunduran Blora Sementara Ditutup
  • Dampak Musim Kemarau, 53 Desa di Blora Mulai Alami Krisis Air Bersih
  • Jaga Ketahanan Pangan, Tahun 2021 Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 20 Embung Baru
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Simulasi Pembukaan Objek Wisata dengan Protokoler Covid-19
  • Mayat yang Ditemukan di Kelurahan Sumbang Bojonegoro Kota, Telah Diambil Keluarganya
  • Identitas Mayat yang Ditemukan Warga di Kelurahan Sumbang Bojonegoro Kota, Telah Teridentifikasi
  • Pembangunan 51 Ruas Jalan di Bojonegoro Ditargetkan Rampung Tepat Waktu
  • Kampanyekan 'Jatim Bermasker', Kapolres dan Wakil Bupati Bojonegoro Bagikan Ribuan Masker
  • Melompat Menuju 2045

Komunitas Perantau Blora Jalin Silahturahmi Melalui KOPRA

Oleh Priyo Spd

BLORA-  Komunitas Perantau Blora atau yang lebih dikenal sebagai KOPRA menggelar acara halal bihalal di Pendopo Kabupaten Blora pada Selasa (27/06/2017). Komunitas yang menjadi wadah berkumpulnya para pekerja asal Blora yang berada di berbagai kota di Indonesia dan luar negeri ini menjadi ajang silahrutahmi bagi para perantau Blora.

Kegiatan halal bihalal KOPRA Nusantara ini berlangsung meriah dengan diikuti ribuan pekerja rantau yang tengah mudik di tanah kelahiran saat moment Idul Fitri. Sejumlah pekerja dari sejumlah wilayah nusantara hadir berbaur menjadi satu di pendopo Kabupaten Blora. Acara halal bihalal KOPRA juga di hadiri Bupati Blora Djoko Nugroho dan sejumlah pengurus KOPRA.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H kepada seluruh anggota KOPRA yang hadir pada acara halal bihalal di pendopo Kabupaten Blora.

"Selamat datang di tanah kelahiran, atas nama Pemerintah Kabupaten Blora, saya ucapkan selamat hari raya idhul fitri dan selamat berkumpul dengan keluarga," Jelas Bupati Blora Djoko Nugroho, Selasa (27/06/2017)

Menurutnya, acara silahturhami KOPRA sangat luar biasa. Pihaknya mengapresiasi dengan para perantau yang tergabung dalam KOPRA, meski bekerja di luar Blora namun komunikasi diantara anggota tetap terjalin baik dan tidak melupakan tanah kelahiran dan berkomitmen untuk bersama sama membangun Blora.

"Silaturahmi itu penting ketika kita terpisah jarak dan waktu, ketika semua sibuk dengan pekerjaan, di hari yang fitri ini kita bisa berkumpul, semoga dengan acara ini silaturahmi semakin baik dan semakin kompak," ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati Djoko Nugroho yang akrab di sapa Kokok itu juga memaparkan sejumlah pembangunan di wilayah Blora selama kepemimpinan Djoko-Arif. Salah satunya yaitu perbaikan sejumlah ruas jalan yang ada di Kabupaten Blora, di antaranya yang berada di wilayah hutan.

"Kami terus berupaya mealakukan pembangunan insfrastruktur jalan terutama jalan hutan, oleh sebab itu kami atas nama pemerintahan daerah mohon doa dan dukungan dari saudara-saudara semua yang tergabung dalam KOPRA," harapnya.

Tak hanya itu, Bupati juga memamaparkan, bahwa pada tahun 2015 jalan Rembang hinga Cepu telah menjadi jalan nasional tipe C. Selain itu Pemerintah Kabupaten Blora juga berusaha untuk melakukan reaaktifasi bandara Ngloram yang sudah lama tidak berfungsi.

"Lahan yang dulu milik kementrian ESDM sekarang sudah di serahkan kepada Kementrian Perhubungan dan semoga hal ini bisa segera terealisasi untuk pengaktifan bandara Ngloram," ujarnya.

Bupati Djoko Nugroho berpesan agar setelah acara dalam kembali ke masing-masing kota perantauan, selalu hati-hati dan mengutamakan keselamatan berlalulintas, tak hanya itu beliau juga berharap semua bisa selalu kompak dan bersatu demi menjalin silahturahmi antar sesama.

"Nanti kalau kembali ke perantauan tetaplah hati-hati dan saya doakan semoga selamat sampai tujuan. Kenalkan seni budaya dan kuliner Blora di luar kota, agar Blora semakin dikenal," pesan Bupati.

Supardi, Ketua Umum komunitas KOPRA menjelaskan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan halal bihalal KOPRA ini adalah untuk menyatukan dan mempererat tali silaturahmi warga Blora perantauan.

"Mumpung sedang mudik semua, kita kumpulkan untuk saling bertemu dan bersilaturahmi. Yang belum kenal bisa menjadi kenal. Sehingga saat merantau nanti bisa lebih banyak mempunyai teman di masing-masing kota tujuan. Disamping itu kita juga bernostalgia dengan kampung halaman bersama-sama," jelas Supardi.

Sementara itu salah satu pembina KOPRA, Dwi Jatmiko mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi kawan kawan KOPRA yang bisa hadir dan berkumpul untuk mempererat tali persaudaraan di antara sesama perantau.

"Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pak bupati yang telah memberikan tempat untuk acara kami. Ke depan rencananya KOPRA akan membentuk sebuah yayasan yang nantinya untuk para anggota dan masyarakat Blora," terangnya.

Selain acara inti, yaitu dengan silahturahmi dan halal bihalal, acara tersebut juga dimeriahkan dengan beberapa atraksi kesenian khas Blora seperti barongan. Beberapa grup band yang dimainkan oleh anggota KOPRA juga turut unjuk gigi di pendopo Blora . Tak hanya itu KOPRA juga telah membangun masjid di Randublatung yaitu di Desa Bekutuk.

Untuk diketahui, anggota KOPRA tersebar di berbagai kota di Indonesia bahkan luar negeri. Diantaranya terbagi beberapa korwil seperti Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya dan Hongkong. Semua saling berkomunikasi dalam wadah KOPRA. (teg/imm)

 

Berita Terkait

Videotorial

InsertLive Covid Campaign: Kampanye Lawan Corona

#MediaLawanCovid19

InsertLive Covid Campaign: Kampanye Lawan Corona

#MediaLawanCovid19 kembali meluncurkan konten edukasi bersama, salah satunya melalui video, pada Minggu (29/03/2020) . Kampanye besar kedua ini dilakukan untuk ...

Berita Video

Video Prosesi Pemakaman Positif Corona Asal Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro

Berita Video

Video Prosesi Pemakaman Positif Corona Asal Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro

Bojonegoro - Seorang warga Kabupaten Bojonegoro, yang berstatus positif terkonfirmasi virus Corona (Covid-19), pada Sabtu (11/07/2020), sekitar pukul 01.30 WIB ...

Teras

Mempertanyakan Keseriusan Manajemen Persibo Bojonegoro #2

Mempertanyakan Keseriusan Manajemen Persibo Bojonegoro #2

DALAM tulisan sebelumnya, untuk kembali membangun Persibo, menurut penulis paling tidak ada tiga hal utama yaitu, pertama aspek legalitas, kedua ...

Opini

Melompat Menuju 2045

Opini

Melompat Menuju 2045

TANGGAL 17 Agustus 2020 ini, kita warga Negara Indonesia akan memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 dan 25 tahun lagi ...

Quote

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

Quote Islami

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

KONDISI mewabahnya virus Corona (Covid-19) dalam bulan Ramadan ini tidak mengalami penurunan, bahkan semakin meningkat, maka untuk mencegah bahkan memutus ...

Sosok

Petani di Ngasem Bojonegoro ini Mencoba Peruntungan Dengan Menanam Buncis

Petani di Ngasem Bojonegoro ini Mencoba Peruntungan Dengan Menanam Buncis

Bojonegoro - Berawal dari niat untuk memaksimalkan hasil dari sawah yang dimilikinya, Charis Manan (39) petani asal Dusun Gempol Garut ...

Eksis

Zulma, Produksi Video Klip Gandeng Sineas dan Musisi Milenial Bojonegoro

Zulma, Produksi Video Klip Gandeng Sineas dan Musisi Milenial Bojonegoro

Bojonegoro - Kepedulian sutradara muda asal Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Zulma Dwi Satrio Putra terhadap kesenian dan budaya lokal Bojonegoro ...

Infotorial

Program Pengembangan Masyarakat ExxonMobil Cepu Limited

Program Pengembangan Masyarakat ExxonMobil Cepu Limited

Banyu Kanggo Urip Banyune Resik, Uripe Apik AIR BERSIH merupakan kebutuhan dasar bagi kita. Seluruh aspek kehidupan ditunjang dengan keberadaan ...

Berita Foto

Foto Proses Evakuasi Korban Tertimbun Longsoran Galian Sumur di Sumberrejo Bojonegoro

Berita Foto

Foto Proses Evakuasi Korban Tertimbun Longsoran Galian Sumur di Sumberrejo Bojonegoro

Bojonegoro - Diberitakan sebelumnya, Tim SAR Gabungan Kabupaten Bojonegoro, masih terus berupaya melakukan evakuasi terhadap korban Saki (48) warga Dusun ...

Feature

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Bojonegoro - Sebagian masyarakat Desa Napis Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (07/02/2020) pagi, menggelar tradisi Nyadran atau Manganan, dengan ...

Religi

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

Oase Ramadan

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

KARENA pelaksanaan salat idulfitri berjamaah di tanah lapang atau di masjid rentan mengorbankan kepentingan yang lebih utama, yaitu memutus rantai ...

Pelesir

Pemerintah Desa Kunci Dander, Bojonegoro, Mulai Kembangkan Potensi Wisata Alam Gua Macan

Wisata

Pemerintah Desa Kunci Dander, Bojonegoro, Mulai Kembangkan Potensi Wisata Alam Gua Macan

Bojonegoro Pemerintah Desa Kunci Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mulai melakukan upaya pengembangan potensi wisata alam di desa tersebut, ...

Hiburan

Cak Nun bersama Kyai Kanjeng Meriahkan Full Moon Festival di Negeri Atas Angin Bojonegoro

Full Moon Festival #2

Cak Nun bersama Kyai Kanjeng Meriahkan Full Moon Festival di Negeri Atas Angin Bojonegoro

Bojonegoro - Full Moon Festival kembali digelar untuk yang kedua kalinya, Selasa (10/03/2020) malam, di puncak di Negeri Atas Angin ...

Statistik

Hari ini

2.846 kunjungan

3.681 halaman dibuka

128 pengunjung online

Bulan ini

84.456 kunjungan

113.785 halaman dibuka

Tahun ini

2.607.377 kunjungan

3.743.861 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 667.293

Indonesia: 17.927

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1597299384.9731 at start, 1597299385.4602 at end, 0.48705196380615 sec elapsed