News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Karakterisrik Manusia Muttaqien...!

Karakterisrik Manusia Muttaqien...!

*Oleh Roly Abdul Rokhman

IBADAH puasa yang sedang kita jalani pada saat sekarang ini telah diperitahkan  oleh Allah SWT didalam firman-Nya, surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Esensi  puasa untuk membentuk pribadi muslim yang beriman dan bertaqwa. Betapa pentingnya nilai taqwa untuk menopang seluruh aspek kehidupan manusia, karena taqwa  merupakan bekal yang terbaik dalam menjalani kehidupan di dunia dan menjadi bekal yang paling meyakinkan untuk menjalani kehidupan di akhirat. Oleh karena itu manusia yang paling mulia derajatnya di sisi Allah SWT adalah orang yang paling bertaqwa. 

Secara umum kategori orang-orang bertakwa diantaranya; Pertama, dalam hidupnya gemar menginfakkan harta bendanya di jalan Allah, baik dalam keadaan sempit maupun lapang. Karena orang yang bertaqwa meyakini bahwa infaq menjadi jalan untuk meraih berkah dalam kehidupan.

Kedua, mampu mengendalikan serta menahan diri dari sifat amarah. Karena sifat amarah akan merusak jiwa raga orang beriman dan amarah akan dapat menjauhkan pergaulan yang harmonis dengan sesama mukmin.

Ketiga, selalu bersifat pemaaf dan tidak pendendam kepada orang lain yang berbuat salah. Jiwa  pemaaf akan dapat memberikan ketenangan batin dalam beragam situasi ataupun keadaan.

Keempat, tatkala terjerumus pada perbuatan keji dan dosa atau menzalimi diri sendiri, orang yang bertaqwa akan segera ingat kepada Allah dan kemudian bertobat, beristighfar, memohon ampunan kepada-Nya atas segala perbuatan dosa yang telah dilakukannya.

Kelima, orang bertaqwa secara sadar tidak akan mengulang perbuatan keji dan mungkar yang pernah dilakukan.

Karakteristik orang yang bertakwa dapat dirujuk secara jelas dalam surah Ali Imran ayat 133-135. Betapa luhurnya manusia takwa ini, oleh karena itu kita berharap ibadah puasa yang sedang kita kerjakan dapat menempa diri setiap orang mukmin dan sekaligus agar dapat melahirkan masyarakat yang mengedepankan  keluhuran ahlaq mulia, ditengah hiruk pikuk dan gemerlapnya kehidupan di era digital.

Setiap mukmin harus berusaha untuk menjaga kualitas puasa, karena penjagaan kualitas puasa akan dapat melahirkan orang-orang bermoral taqwa dan mulia,  moral ini sangat dibutukan di dalam  membangun masyarakat  berkemajuan dan juga beradab.

Ada banyak keuntungan yang akan diperoleh baik secara individu maupun kolektif terhadap kualitas nilai ketakwaan itu diantaranya:

Pertama, mereka akan memperoleh Al-Furqon, yaitu kemampuan untuk membedakan antara yang haq dan yang bathil, halal dan haram dan segenap kesalahannya serta dosa-dosanya akan diampuni. Hal ini menjadi bagian sebuah perjuangan masing-masing  agar meraih predikat taqwa tersebut.

Kedua, mereka akan memperoleh jalan keluar dari segala ragam problema hidup yang dihadapinya, dan akan dianugrahkan rezeki tanpa diduga serta dimudahkan segala urusannya.

Ketiga, segenap amalan-amalan shaleh-nya diterima oleh Allah SWT dan menjadi berat timbangannya di hari kiamat kelak, dengan mudah penghisabannya dan kelak menerima catatan-catatan amalnya yang baik. Coba kita renungkan firman Allah SWT dalam QS Az-Zalzalah ayat 7-8 yang artinya, “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat atompun, niscaya dia akan melihat (balasan)-Nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat atompun, niscaya dia akan melihat (balasan)-Nya pula.”

Keempat, Allah SWT akan memasukan ke dalam surga, kekal didalamnya serta hidup dalam keridhaan-Nya. Hal itu sebagaimana  firman Allah SWT dalam surah Ali Imran ayat 15 yang artinya, “untuk orang-orang bertaqwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah SWT. Dan Allah maha melihat akan hamba-hambanhya.”

Dengan bertaqwa kepada Allah SWT menjadi wahana untuk meraih keberuntungan dan juga kemulian hidup serta kebaikan di dunia atau diakhirat.

Melalui ibadah puasa selama sebulan penuh semoga saja akan dapat membentuk  pribadi yang baik dan akan dapat meningkatkan kualitas iman dan  taqwa bagi setiap mukiminin yang menjalankanya.

Nilai ketakwaan ini akan sangat dibutuhkan dan akan menjadi modal sosial untuk membangun peradaban masyarakat yang multi kultural dan memiliki kompleksitas permasalahan. Orang-orang yang memiliki kualitas taqwa akan dapat survive dan dapat dimanifestasikan ke dalam tata-laku hidup sehari-hari. Sehingga nilai taqwa akan memberi kontribusi positif bagi kehidupan sosial yang lebih luas.

 Sebagaimana yang dituturkan Rasulullah SAW, “Bertaqwalah kamu dimanapun berada, ikuti perbuatan buruk dengan perbuatan yang baik dan berakhlaklah dengan akhlak yang baik dalam bergaul dengan sesama manusia.” (HR. Muslim) .

Semoga kita ditakdirkan oleh Allah SWT ke dalam golongan orang-orang yang selalu taat serta patuh terhadap perintah-Nya. Serta istiqomah untuk menjaga kebaikan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan- Nya. Semiga sukses dan barokah. Amiin. (*/inc)

Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714194874.6215 at start, 1714194874.7905 at end, 0.1689989566803 sec elapsed