News Ticker
  • Hendak Perbaiki Pengeras Suara Masjid, Marbot Masjid Pungpungan Pingsan di Atas Menara
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Seorang Pengendara Motor Meninggal Dunia
  • Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro Evakuasi Warga Yang Pingsan di Atas Menara Masjid
  • Hobi Bermain Musik, Bercita-Cita Jadi Anggota Polisi
  • HUT Polwan ke-69, Polwan Polres Bojonegoro Gelar Bakti Sosial
  • Polres Bojonegoro Adakan Pengobatan Massal di Negeri Atas Angin Kecamatan Sekar
  • Si Jago Merah Hanguskan Rumah Warga Padangan, Kerugian Diperkirakan Capai Rp 100 Juta
  • Ambil Lajur Kanan, Honda Vario Tabrak Truk Trailler, Pengendara Vario Meninggal Dunia
  • Tabrak Truk Boks Parkir, Pengendara Scoopy di Sumberrejo Luka-Luka
  • Merah Putih Berhasil Dibentangkan di Puncak Bukit Cinta Negeri Atas Angin
  • Pemkab Bojonegoro Terus Upayakan Realisasi Pembangunan Dry Port
  • Diduga Pengemudi Mengantuk, Suzuki Carry Bertabrakan Dengan Truk Fuso
  • Kobarkan Semangat Merah Putih di Bukit Cinta Negeri Atas Angin
  • Kapolres Bojonegoro Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Penurunan Bendera
  • Lomba Panahan Turut Meriahkan Agustusan
  • Usai Upacara Peringatan HUT RI ke-72, Bupati Blora Lantik Kades Terpilih Pilkades Serentak
  • 2 Orang Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Bojonegoro Peroleh Remisi Bebas
  • Rayakan Hari Kemerdekaan RI ke-72, Ratusan Warga Kibarkan Bendera Raksasa di Perut Bumi
  • Polres Blora Musnahkan Barang Bukti Kasus Narkoba Selama Tahun 2017
  • Upacara Peringatan HUT RI ke-72 di Alun-Alun Bojonegoro, 165 Peserta Kelelahan dan Pingsan

Karakterisrik Manusia Muttaqien...!

Karakterisrik Manusia Muttaqien...!

*Oleh Roly Abdul Rokhman

IBADAH puasa yang sedang kita jalani pada saat sekarang ini telah diperitahkan  oleh Allah SWT didalam firman-Nya, surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Esensi  puasa untuk membentuk pribadi muslim yang beriman dan bertaqwa. Betapa pentingnya nilai taqwa untuk menopang seluruh aspek kehidupan manusia, karena taqwa  merupakan bekal yang terbaik dalam menjalani kehidupan di dunia dan menjadi bekal yang paling meyakinkan untuk menjalani kehidupan di akhirat. Oleh karena itu manusia yang paling mulia derajatnya di sisi Allah SWT adalah orang yang paling bertaqwa. 

Secara umum kategori orang-orang bertakwa diantaranya; Pertama, dalam hidupnya gemar menginfakkan harta bendanya di jalan Allah, baik dalam keadaan sempit maupun lapang. Karena orang yang bertaqwa meyakini bahwa infaq menjadi jalan untuk meraih berkah dalam kehidupan.

Kedua, mampu mengendalikan serta menahan diri dari sifat amarah. Karena sifat amarah akan merusak jiwa raga orang beriman dan amarah akan dapat menjauhkan pergaulan yang harmonis dengan sesama mukmin.

Ketiga, selalu bersifat pemaaf dan tidak pendendam kepada orang lain yang berbuat salah. Jiwa  pemaaf akan dapat memberikan ketenangan batin dalam beragam situasi ataupun keadaan.

Keempat, tatkala terjerumus pada perbuatan keji dan dosa atau menzalimi diri sendiri, orang yang bertaqwa akan segera ingat kepada Allah dan kemudian bertobat, beristighfar, memohon ampunan kepada-Nya atas segala perbuatan dosa yang telah dilakukannya.

Kelima, orang bertaqwa secara sadar tidak akan mengulang perbuatan keji dan mungkar yang pernah dilakukan.

Karakteristik orang yang bertakwa dapat dirujuk secara jelas dalam surah Ali Imran ayat 133-135. Betapa luhurnya manusia takwa ini, oleh karena itu kita berharap ibadah puasa yang sedang kita kerjakan dapat menempa diri setiap orang mukmin dan sekaligus agar dapat melahirkan masyarakat yang mengedepankan  keluhuran ahlaq mulia, ditengah hiruk pikuk dan gemerlapnya kehidupan di era digital.

Setiap mukmin harus berusaha untuk menjaga kualitas puasa, karena penjagaan kualitas puasa akan dapat melahirkan orang-orang bermoral taqwa dan mulia,  moral ini sangat dibutukan di dalam  membangun masyarakat  berkemajuan dan juga beradab.

Ada banyak keuntungan yang akan diperoleh baik secara individu maupun kolektif terhadap kualitas nilai ketakwaan itu diantaranya:

Pertama, mereka akan memperoleh Al-Furqon, yaitu kemampuan untuk membedakan antara yang haq dan yang bathil, halal dan haram dan segenap kesalahannya serta dosa-dosanya akan diampuni. Hal ini menjadi bagian sebuah perjuangan masing-masing  agar meraih predikat taqwa tersebut.

Kedua, mereka akan memperoleh jalan keluar dari segala ragam problema hidup yang dihadapinya, dan akan dianugrahkan rezeki tanpa diduga serta dimudahkan segala urusannya.

Ketiga, segenap amalan-amalan shaleh-nya diterima oleh Allah SWT dan menjadi berat timbangannya di hari kiamat kelak, dengan mudah penghisabannya dan kelak menerima catatan-catatan amalnya yang baik. Coba kita renungkan firman Allah SWT dalam QS Az-Zalzalah ayat 7-8 yang artinya, “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat atompun, niscaya dia akan melihat (balasan)-Nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat atompun, niscaya dia akan melihat (balasan)-Nya pula.”

Keempat, Allah SWT akan memasukan ke dalam surga, kekal didalamnya serta hidup dalam keridhaan-Nya. Hal itu sebagaimana  firman Allah SWT dalam surah Ali Imran ayat 15 yang artinya, “untuk orang-orang bertaqwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah SWT. Dan Allah maha melihat akan hamba-hambanhya.”

Dengan bertaqwa kepada Allah SWT menjadi wahana untuk meraih keberuntungan dan juga kemulian hidup serta kebaikan di dunia atau diakhirat.

Melalui ibadah puasa selama sebulan penuh semoga saja akan dapat membentuk  pribadi yang baik dan akan dapat meningkatkan kualitas iman dan  taqwa bagi setiap mukiminin yang menjalankanya.

Nilai ketakwaan ini akan sangat dibutuhkan dan akan menjadi modal sosial untuk membangun peradaban masyarakat yang multi kultural dan memiliki kompleksitas permasalahan. Orang-orang yang memiliki kualitas taqwa akan dapat survive dan dapat dimanifestasikan ke dalam tata-laku hidup sehari-hari. Sehingga nilai taqwa akan memberi kontribusi positif bagi kehidupan sosial yang lebih luas.

 Sebagaimana yang dituturkan Rasulullah SAW, “Bertaqwalah kamu dimanapun berada, ikuti perbuatan buruk dengan perbuatan yang baik dan berakhlaklah dengan akhlak yang baik dalam bergaul dengan sesama manusia.” (HR. Muslim) .

Semoga kita ditakdirkan oleh Allah SWT ke dalam golongan orang-orang yang selalu taat serta patuh terhadap perintah-Nya. Serta istiqomah untuk menjaga kebaikan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan- Nya. Semiga sukses dan barokah. Amiin. (*/inc)

Berita Bojonegoro
Berita Terkait
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro

Berita TerkiniBerita Poluler

Sosok

Sosok Dibalik Aplikasi CAS dan System e-Police Polres Bojonegoro

Sosok Dibalik Aplikasi CAS dan System e-Police Polres Bojonegoro

Oleh Imam Nurcahyo SEBAGAIMANA diketahui, berkat ide dan gagasan cemerlang dari Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro SH SIK MSI, ...

Quote

Sambutan Bupati Bojonegoro Pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72

Sambutan Bupati Bojonegoro Pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72

Bekerja Bersama, Bersatu Melangkah Maju Assalamu'alaikum waroh matullahi wabarokaatuh Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua Merdeka!!! Yang saya ...

Opini

Mengamalkan Nilai Pancasila Untuk Keutuhan Bangsa

Sebuah Refleksi Peringatan HUT RI ke-72

Mengamalkan Nilai Pancasila Untuk Keutuhan Bangsa

Oleh: Said Edy Wibowo*) Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa di ...

Eksis

Hobi Bermain Musik,  Bercita-Cita Jadi Anggota Polisi

Briyan Armando

Hobi Bermain Musik, Bercita-Cita Jadi Anggota Polisi

Oleh Vera Astanti TUBUHNYA besar seperti anggota tentara. Bahkan wajahnya lebih dewasa dibanding teman-teman yang ada di sekitarnya meski seharusnya ...

Pelesir

Belanja Buku Bekas di Pojok Pasar Kota Bojonegoro

Belanja Buku Bekas di Pojok Pasar Kota Bojonegoro

Oleh Vera Astanti Bojonegoro Kota Buku tak harus baru. Asalkan masih bisa terbaca tulisannya dan diambil manfaatnya, bekas tidak masalah. ...

Religi

Pesan Penting Untuk Jamaah Haji Bojonegoro

Pesan Penting Untuk Jamaah Haji Bojonegoro

*Oleh Drs H Sholikin Jamik SH MHes MARI kita panjatkan puji kepada Allah, yang telah melimpahkan taufik kepada kita sekalian ...

Kegiatan Masyarakat Bojonegoro

Minggu, 20 Agustus 2017

Berita Foto

Bendera Dengan Ukuran 17 kali 45 Meter, Membentang Di Bengawan Solo

Bendera Dengan Ukuran 17 kali 45 Meter, Membentang Di Bengawan Solo

Oleh Vera Astanti MESKI cukup lama menunggu selesainya penjahitan bendera sebesar 17 meter kali 45 meter, akhirnya bendera tersebut bisa ...

Infotorial

Program Pendukung Operasi ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Mengolah Sampah Jadi Berkah

Program PHBS dan Pengelolaan Sampah di Sekolah

Program Pendukung Operasi ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Mengolah Sampah Jadi Berkah

Oleh Imam Nurcahyo Operator minyak dan gas bumi Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama pemerintah terus melakukan berbagai ...

Resensi

Peluang Sukses dengan Outliers di Sekitar Kita

Buku Outliers Karya Malcom Gladwell

Peluang Sukses dengan Outliers di Sekitar Kita

Oleh Muliyanto OUTLIERS adalah buku karya Malcom Gladwell yang bagus. Tema buku ini menarik minat saya yang ingin hidup sukses. ...

Feature

Sate Jamur Tiram yang Benar-Benar Maknyus

Kuliner

Sate Jamur Tiram yang Benar-Benar Maknyus

Oleh Muliyanto Kapas Tiada orang yang tak yang tak kenal sate, baik daging kambing, sapi, ayam, maupun lainnya. Tapi tidak ...

Teras

Menikmati Senja di Jakarta

Menikmati Senja di Jakarta

Oleh Heriyanto Jakarta Liburan Lebaran yang berbarengan dengan liburan sekolah terasa kurang lengkap apabila tidak memanfaatkannya untuk liburan. Melepas penat ...

Statistik

Hari ini

482 pengunjung

812 halaman dibuka

117 pengunjung online

Bulan ini

67.321 pengunjung

192.450 halaman dibuka

Tahun ini

687.684 pengunjung

2.781.334 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 514.970

Indonesia: 10.717

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015