News Ticker
  • Berdiri di Tanah Milik Dinas Pengairan Jatim, 168 Rumah Warga Sukorejo Dirobohkan
  • Dekopinda Bojonegoro Seriusi Kerjasama Bidang Retail Antar Koperasi
  • Pengendara Motor di Baureno, Tewas Tertabrak Truk
  • Reaktivasi Ngloram Terus Alami Perkembangan Positif
  • Sat Sabhara Polres Bojonegoro Kembali Laksanakan Razia Miras
  • Pemkab Gelar Pertemuan Bahas Pengembangan Proyek JTB
  • Polres Bojonegoro Kirim 97 Dai Cilik, Ikuti Lomba Dai di Polda Jatim
  • Blora Kumandhang Pikat Duta Besar Negara Sahabat
  • Kandang Milik Warga Temayang Terbakar, Belasan Ekor Ayam Terpanggang
  • Aipda Suherin, Bhabinkamtibmas Yang Memiliki Jiwa Sosial Tinggi
  • Raih Penghargaan Kapolri, Kapolres Jadikan Aiptu Sholeh Sebagai Motivator Anggota
  • 108 Pejabat Pemkab Bojonegoro Resmi Tempati Posisi Baru
  • Guru SMAN Sumberrejo Meninggal Dunia Akibat Korban Tabrak Lari
  • Satlantas Polres Bojonegoro Tindak Pelanggaran TNKB Modifikasi
  • Kapolres Bojonegoro Bangga Anggotanya Mendapat Penghargaan dari Kapolri
  • Kapolres Bojonegoro Sampaikan Hasil Apel Kasatwil Pada Para Bhabinkamtibmas
  • Bulog Akan Tindak Tegas Pemdes yang Nunggak Uang Rastra
  • Jupiter Z Senggol Mio di Dander, 2 Orang Luka-Luka
  • Minimalisir Laka Lantas, Sat Lantas Polres Bojonegoro Tindak Pelanggar Lalu-Lintas
  • Pagi Band, Band Kumpulan Anak SD yang Eksis

Karakterisrik Manusia Muttaqien...!

Karakterisrik Manusia Muttaqien...!

*Oleh Roly Abdul Rokhman

IBADAH puasa yang sedang kita jalani pada saat sekarang ini telah diperitahkan  oleh Allah SWT didalam firman-Nya, surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Esensi  puasa untuk membentuk pribadi muslim yang beriman dan bertaqwa. Betapa pentingnya nilai taqwa untuk menopang seluruh aspek kehidupan manusia, karena taqwa  merupakan bekal yang terbaik dalam menjalani kehidupan di dunia dan menjadi bekal yang paling meyakinkan untuk menjalani kehidupan di akhirat. Oleh karena itu manusia yang paling mulia derajatnya di sisi Allah SWT adalah orang yang paling bertaqwa. 

Secara umum kategori orang-orang bertakwa diantaranya; Pertama, dalam hidupnya gemar menginfakkan harta bendanya di jalan Allah, baik dalam keadaan sempit maupun lapang. Karena orang yang bertaqwa meyakini bahwa infaq menjadi jalan untuk meraih berkah dalam kehidupan.

Kedua, mampu mengendalikan serta menahan diri dari sifat amarah. Karena sifat amarah akan merusak jiwa raga orang beriman dan amarah akan dapat menjauhkan pergaulan yang harmonis dengan sesama mukmin.

Ketiga, selalu bersifat pemaaf dan tidak pendendam kepada orang lain yang berbuat salah. Jiwa  pemaaf akan dapat memberikan ketenangan batin dalam beragam situasi ataupun keadaan.

Keempat, tatkala terjerumus pada perbuatan keji dan dosa atau menzalimi diri sendiri, orang yang bertaqwa akan segera ingat kepada Allah dan kemudian bertobat, beristighfar, memohon ampunan kepada-Nya atas segala perbuatan dosa yang telah dilakukannya.

Kelima, orang bertaqwa secara sadar tidak akan mengulang perbuatan keji dan mungkar yang pernah dilakukan.

Karakteristik orang yang bertakwa dapat dirujuk secara jelas dalam surah Ali Imran ayat 133-135. Betapa luhurnya manusia takwa ini, oleh karena itu kita berharap ibadah puasa yang sedang kita kerjakan dapat menempa diri setiap orang mukmin dan sekaligus agar dapat melahirkan masyarakat yang mengedepankan  keluhuran ahlaq mulia, ditengah hiruk pikuk dan gemerlapnya kehidupan di era digital.

Setiap mukmin harus berusaha untuk menjaga kualitas puasa, karena penjagaan kualitas puasa akan dapat melahirkan orang-orang bermoral taqwa dan mulia,  moral ini sangat dibutukan di dalam  membangun masyarakat  berkemajuan dan juga beradab.

Ada banyak keuntungan yang akan diperoleh baik secara individu maupun kolektif terhadap kualitas nilai ketakwaan itu diantaranya:

Pertama, mereka akan memperoleh Al-Furqon, yaitu kemampuan untuk membedakan antara yang haq dan yang bathil, halal dan haram dan segenap kesalahannya serta dosa-dosanya akan diampuni. Hal ini menjadi bagian sebuah perjuangan masing-masing  agar meraih predikat taqwa tersebut.

Kedua, mereka akan memperoleh jalan keluar dari segala ragam problema hidup yang dihadapinya, dan akan dianugrahkan rezeki tanpa diduga serta dimudahkan segala urusannya.

Ketiga, segenap amalan-amalan shaleh-nya diterima oleh Allah SWT dan menjadi berat timbangannya di hari kiamat kelak, dengan mudah penghisabannya dan kelak menerima catatan-catatan amalnya yang baik. Coba kita renungkan firman Allah SWT dalam QS Az-Zalzalah ayat 7-8 yang artinya, “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat atompun, niscaya dia akan melihat (balasan)-Nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat atompun, niscaya dia akan melihat (balasan)-Nya pula.”

Keempat, Allah SWT akan memasukan ke dalam surga, kekal didalamnya serta hidup dalam keridhaan-Nya. Hal itu sebagaimana  firman Allah SWT dalam surah Ali Imran ayat 15 yang artinya, “untuk orang-orang bertaqwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah SWT. Dan Allah maha melihat akan hamba-hambanhya.”

Dengan bertaqwa kepada Allah SWT menjadi wahana untuk meraih keberuntungan dan juga kemulian hidup serta kebaikan di dunia atau diakhirat.

Melalui ibadah puasa selama sebulan penuh semoga saja akan dapat membentuk  pribadi yang baik dan akan dapat meningkatkan kualitas iman dan  taqwa bagi setiap mukiminin yang menjalankanya.

Nilai ketakwaan ini akan sangat dibutuhkan dan akan menjadi modal sosial untuk membangun peradaban masyarakat yang multi kultural dan memiliki kompleksitas permasalahan. Orang-orang yang memiliki kualitas taqwa akan dapat survive dan dapat dimanifestasikan ke dalam tata-laku hidup sehari-hari. Sehingga nilai taqwa akan memberi kontribusi positif bagi kehidupan sosial yang lebih luas.

 Sebagaimana yang dituturkan Rasulullah SAW, “Bertaqwalah kamu dimanapun berada, ikuti perbuatan buruk dengan perbuatan yang baik dan berakhlaklah dengan akhlak yang baik dalam bergaul dengan sesama manusia.” (HR. Muslim) .

Semoga kita ditakdirkan oleh Allah SWT ke dalam golongan orang-orang yang selalu taat serta patuh terhadap perintah-Nya. Serta istiqomah untuk menjaga kebaikan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan- Nya. Semiga sukses dan barokah. Amiin. (*/inc)

Berita Bojonegoro
Berita Terkait
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro

Sosok

Tidak Menyangka Terima Penghargaan Langsung dari Kapolri

Aiptu Sholeh, Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kanor

Tidak Menyangka Terima Penghargaan Langsung dari Kapolri

Oleh Muhammad Roqib Bojonegoro - Karena jasa-jasa serta pengabdiannya yang melebihi panggilan tugas semestinya, Aiptu Sholeh Bhabinkamtibmas Desa Sroyo Polsek ...

Quote

Sambutan Bupati Bojonegoro pada Idul Adha 1438 H

Berkorban Untuk Masa Depan Bersama Yang Lebih Baik!

Sambutan Bupati Bojonegoro pada Idul Adha 1438 H

Berkorban Untuk Masa Depan Bersama Yang Lebih Baik! Allahu Akbar Allahu Akbar walillahil hamd Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakaatuh Yang saya cintai, ...

Opini

Buah Demokrasi dari Rukun Kematian

Buah Demokrasi dari Rukun Kematian

Oleh Drs H Suyoto MSi INDONESIA mendapatkan berkah demokrasi sejak reformasi. Bahkan, sejauh demokrasi itu diartikan sebagai ruang publik sebagaimana ...

Eksis

Pagi Band, Band Kumpulan Anak SD yang Eksis

Pagi Band, Band Kumpulan Anak SD yang Eksis

Oleh Muliyanto Bojonegoro - Indahnya kerlap-kerlip lampu Go-fun Bojonegoro menambah gelora semangat malam itu pada puncak acara Sparkling Night Run ...

Pelesir

Belanja Buku Bekas di Pojok Pasar Kota Bojonegoro

Belanja Buku Bekas di Pojok Pasar Kota Bojonegoro

Oleh Vera Astanti Bojonegoro Kota Buku tak harus baru. Asalkan masih bisa terbaca tulisannya dan diambil manfaatnya, bekas tidak masalah. ...

Religi

Hadiri Pengajian di Sukosewu, Kapolres Ajak Jamaah Untuk Tidak Ikut Aksi di Jakarta

Hadiri Pengajian di Sukosewu, Kapolres Ajak Jamaah Untuk Tidak Ikut Aksi di Jakarta

*Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro (Sukosewu) - Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro SH SIK MSi menghadiri pengajian umum Jamaah Tahlil, ...

Kegiatan Masyarakat Bojonegoro

Selasa, 17 Oktober 2017

Berita Foto

Pesta Gebyak Waduk  Glendeng Tambakrejo

Pesta Gebyak Waduk Glendeng Tambakrejo

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro (Tambakrejo) - Ratusan warga Desa Gading Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro pada Minggu (15/10/2017) pagi tadi, beramai-ramai ...

Infotorial

Hijaukan Desa dengan Tanaman Bermanfaat

Program Penghijauan SKK Migas - ExxonMobil Cepu Limited (EMCL)

Hijaukan Desa dengan Tanaman Bermanfaat

*Oleh Imam Nurcahyo DI BAWAH hangatnya sinar matahari sore Desa Brabowan Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, sekelompok pemuda nampak sibuk menyiram ...

Resensi

Saling Menyayangi Agar Tak Diganggu Setan

Film Pengabdi Setan (2017)

Saling Menyayangi Agar Tak Diganggu Setan

Oleh Vera Astanti DI RUMAH itu ada seorang pembantu misterius berwajah cantik tapi menyeramkan. Ditambah lagi, rumah tersebut baru kehilangan ...

Feature

Melihat Kampung Keramik di Desa Balong Kecamatan Jepon - Blora

Melihat Kampung Keramik di Desa Balong Kecamatan Jepon - Blora

Oleh Imam Nurcahyo Blora - Jalan Desa Balong Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, terlihat lengang. Namun, setelah melintas balai desa setempat, ...

Teras

Tidak Ingin Terciduk, Bijaklah Bermedsos

Tidak Ingin Terciduk, Bijaklah Bermedsos

*Oleh Imam Nurcahyo SATU lagi, warga Bojonegoro dilaporkan telah melakukan tindak pidana ujaran kebencian (hate speech) dan atau pencemaran nama ...

Statistik

Hari ini

6.464 pengunjung

13.738 halaman dibuka

149 pengunjung online

Bulan ini

69.665 pengunjung

201.238 halaman dibuka

Tahun ini

864.578 pengunjung

3.420.500 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 534.905

Indonesia: 12.406

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015