News Ticker
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
Bupati: PKK Penggerak Pembangunan dan Inovasi Data

Raker TP PKK Kabupaten Bojonegoro

Bupati: PKK Penggerak Pembangunan dan Inovasi Data

Oleh Imam Nurcahyo

Bojonegoro Kota - Tim Penggerak PKK dan para Kadernya bukan sekedar organisasi wanita, namun sebaliknya organisasi ini memiliki kiprah yang luar biasa baik sebagai mitra, ujung tombak dan pencetus gagasan dan inovasi. “Bisa dikatakan antara Bupati dan PKK, yang  lebih berkuasa adalah PKK karena  bisa menggerakan dan  menyuruh tanpa  punya  kekuasaan  mulai dirumah, desa, kecamatan bahkan Kabupaten dan negara.”

Demikian sambutan Bupati Bojonegoro, Drs H Suyoto, Msi, Selasa (01/08/2017) pagi tadi di pendapa Malowopati Kantor Pemerintah Kabupaten Bojonegoro saat membuka acara Rapat Kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro.

Seperti pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Bojonegoro ini, di mulai dari ibu PKK melalui  dasa wisma. Dicontonhkan  dengan  data  dawis  kita  bisa  mengetahui  jumlah ODF atau kepemilikan jamban. “Kemudian kita bisa mengetahui jumlah balita gizi kurang secara gamlang dengan menyertakan nama serta alamat.” ungkap Bupati.

Menurut Bupati preventif gizi buruk yang mengetahui lebih dahulu adalah ibu-ibu yakni kader PKK. Bupati menuturkan, jika rapat evaluasi setiap jumat kita akan memaparkan kondisi balita dan pendikan di Bojonegoro. Seperti saat ini dimana kita benar-benar mendata jumlah anak-anak usia sekolah di Kabupaten Bojonegoro. Para camat kini tengah membuat laporan detil anak usia sekolah yang tidak bersekolah.  Jika diketahui maka orang tua dan anak akan di panggil  di Polsek  untuk mengetahui secara  gamblang mengapa mereka tidak bersekolah. 

“Oleh karenanya ke depan Pemkab Akan berkerjasama dengan Aparat Kepolisian untuk mensukseskan gerakan  Ayo Sekolah.” terangnya.

Data tentang  anak sekolahan juga didapat dari data dawis. Dihadapkan para kader Tim Penggerak  PKK mengingatkan tentang pentingnya ketrampilan hidup yakni 9 ketrampilan hidup yang wajib diajarkan kepada para seluruh peserta didik.  “Anak anak kita harus menjadi pribadi yang memiliki kecakapan hidup, tanggap bencana, dengan berani melampaui batas maksimal.” imbuh Bupati. 

Sementara itu masih ditempat yang sama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro,  Dra Hj  Mahfudhoh Suyoto, dalam  sambutannya menyampaikan bahwa Rakor PKK untuk mengingatkan jat diri kita sebagai anggota PKK. “PKK harus senantiasa  ada ditengah  masyarakat untuk mendukung kinerja dan program pemerintah.” ucap Dra Hj  Mahfudhoh Suyoto.

Lebih lanjut Dra Hj  Mahfudhoh Suyoto berharap, agar ditingkat desa, apa yang dilakukan hendaknya untuk diberikan kepada pemangku kebijakan ditingkat desa. “Karena PKK  mengetahui keadaan yang terjadi dilapangan.” terangnya.

Sejalan dengan 5 pilar PKK, dalam berkarya melalui ekonomi, pendidikan, kesehatan, keagamaan dan keharmonisan yang didukung dengan ketrampilan hidup yang dibutuhkan dewasa kini. 5 Pilar dan Buku Dawis sejalan dengan program yang dijalankan pemerintah mulai gerakan Ayo Sekolah  dan bagaimana mendata anak-anak usia sekolah yang belum terlayani pendidikan.  “Kesuksesan  program diawali dengan tersedianya data yang valid dengan adanya buku inovasi  data dasar wisma yang sudah dijalankan  PKK secara digital dan berbasis  IT.” jelas Dra Hj  Mahfudhoh Suyoto.

Sementara, untuk mencegah risiko kanker servis yang  mengancam perempuan, Bu Yoto, panggilan akrabnya, mengajak kepada seluruh perempuan untuk memperhatikan kesehatan mereka, salah satunya dengan menambah pengetahuan tentang penyakit kanker mulai kanker serviks, kanker payudara dan kanker lainnya. “Semua dipicu dengan  adanya stimulan makanan yang berpengawet  dan mengandung bahan berbahaya  lainnya, yang akan memicu perkembangan sel kanker.” jelasnya.

Dalam Rapat Kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro ini juga menyinggung pentingnya keharmonisan yang meliputi segala aspek, bahagia tak hanya bersama suami namun juga kepada anak-anak dan keluarga  kita. “Dengan  keharmonisan  ini akan terwujud wong Jonegoro yang bahagia.” pungkas  Dra Hj  Mahfudhoh Suyoto.

Rapat Kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro ini adalah  untuk sinkronisasi antara buku dawis dengan buku  administrasi  PKK,  akan dikembangkan ulang  untuk menata  administrasi PKK yang meliputi buku inti dan buku baku. Administrasi  yang ada dilihat sepintas ada kendala atau kesulitan  utamanya sinkronisasi data dengan administrasi yang ada. Sehingga  banyak ditemukan ketidak samaan dengan data dawis dan data di asing masing pokja. Buku ini dibuat  agar memudahkan tata administrasi di PKK.

Raker akan dilaksanakan selama 5 hari yakni mulai tanggal 1 sampai 3 agustus dan dilanjutkan pada tanggal 7 dan 8 Agustus dengan peserta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa serta Kader PKK di semua bidang dan Pokja diseluruh Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bojonegoro.  (inc/imm)

Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714049932.9179 at start, 1714049933.1724 at end, 0.25447607040405 sec elapsed