News Ticker
  • Sat Lantas Polres Blora Lakukan Rekayasa Arus Lalu-Lintas Saat Pawai Budaya
  • Tabrak Pintu Mobil, Seorang Pemotor di Padangan Bojonegoro Luka-Luka
  • Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 24 Agustus 2019
  • 108 Peserta Apprentice Program PEPC Siap Jalani Masa Pendidikan di PEM Akamigas
  • Kapolsek Sumberrejo Ajak Jamaah Jumat Waspadai Adu Domba Atas Nama Agama
  • Tingkatkan Pelayanan, Polres Bojonegoro Gelar Forum Konsultasi Standarisasi Pelayanan Publik
  • Kapolres Bojonegoro Laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Polsek Dander
  • Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 23 Agustus 2019
  • Genjot Penurunan Angka Kemiskinan, Blora Akan Bentuk TPK Kecamatan Hingga Desa
  • Sejumlah Wilayah di Kabupaten Bojonegoro Mulai Diguyur Hujan Pertama
  • Kekeringan di Bojonegoro Meluas, 22 Desa di 12 Kecamatan Krisis Air Bersih
  • Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 22 Agustus 2019
  • 3 Anggota DPRD Bojonegoro Yang Baru Dilantik, Berasal dari Desa Brenggolo Kalitidu
  • Polres Blora Imbau Pelajar Cerdas Bermedia Sosial
  • Diduga Serangan Jantung, Warga Kedungadem Bojonegoro Meninggal Dunia di Jalan
  • Bupati Bojonegoro Harap Pimpinan DPRD Definitif dan Alat Kelengkapan Dewan Segera Terbentuk
  • Imam Sholikin Ditunjuk Sebagai Ketua Sementara DPRD Kabupaten Bojonegoro
  • Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Masa Jabatan 2019-2024, Dilantik
  • Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 21 Agustus 2019
  • Lifter Bojonegoro M Fauzan, Raih Medali Perak pada Kejurnas dan Pra-PON di Bandung
  • UPP Saber Pungli Kabupaten Bojonegoro, Gelar Sosialisasi di Dinas Perhubungan
  • Diduga Akibat Korsleting Listrik, Atap Rumah Milik Warga Gayam Bojonegoro Terbakar
  • Goes to School Polwan Polres Bojonegoro, Ajak Pelajar Lawan Narkoba dan Kenakalan Remaja
  • Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 20 Agustus 2019

Tolong Menolong Meringankan Sesama

HIDUP itu bagaikan sebuah bangunan, yang saling menopang antara unsur yang satu dengan unsur yang lainya, karena itu setiap muslim harus memiliki kesadaran penuh dan kepekaan yang tinggi untuk selalu membantu dan memuliakan sesamanya, agar hidup yang dijalaninya bermanfaat dan membawa kemuliaan.
 
Sebagaimana Hadits Nabi Muhammad SAW: Orang mukmin itu bagi orang mukmin lainya, seperti sebuah banguan yang saling memperkokoh lainya. Kemudian Rasulullah menganyamkan jari-jemarinya. (HR Bukhori Muslim, Turmudzi).
 
Sebidang dinding yang berdiri tegak sendiri adalah lemah, namun apabila disambungkan dengan dinding lainya, maka akan menjadi sangat kuat. Inilah gambaran antara mukmin satu dengan lainya, maka antara orang mukmin satu dengan lainya harus saling membantu, menolong, menopang dan sama-sama memikul beban untuk kemaslahatan mereka bersama.
 
Sebagaimana Allah menganjurkan dalam firmanya: Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.
 
Perpecahan ataupun saling merendahkan bukanlah menjadi semangat yang terkandung dalam keimanan seseorang. Agama tidak menganjurkan unsur-unsur yang mengajarkan perpecahan, saling merendahkan antara sesama manusia ataupun usaha-usaha yang menghalangi ataupun menggagalkan.
 
Saling membantu merupakan kekuatan bagi orang-orang muslim dan sebagai senjata persatuan yang menyatukan tangan satu dengan lainya, dan menjauhkan perselisihan serta permusuhan.
 
Sebagaimana isyarat Allah dalam Al-Quran: Dan berpeganglah kamu semuanya pada tali agama Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu, ketika kamu dahulu masih jahiliah bermusuh-musuhan, maka Allah menjinakan diantara kamu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara.
 
Ayat ini telah memberikan isyarat bahwa setiap mukmin memiliki kewajiban untuk membangun kerjasama ataupun tolong menolong dengan sesamanya. Karena hal ini akan memberikan manfaat dalam melindungi setiap muslim dari semua behaya yang mengancamnya, dan akan mengantarkan setiap muslim mewujudkan kehidupan yang bahagia dan harmonis dalam menjalani kehidupan, di bawah lindungan dan bimbingan Allah SWT.
 
Kewajiban terhadap orang lain itu merupakan sikap perhatian dan saling membantu dengan kemampuan yang ada. Dalam hal ini Al-Quran walaupun menganjurkan sumbangan sukarela dan menekankan keinsafan pribadi, namun dalam beberapa hal Kitab Suci ini menekankan hak dan kewajiban baik melalui kewajiban zakat yang merupakan hak delapan kelompok yang telah ditetapkan (QS. At-Taubah: 60) maupun melalui infaq, sedekah wajib yang merupakan hak bagi yang memintanya atau yang tidak namun membutuhkan bantuan.
 
Sebagaimana firman-Nya: Dalam harta mereka ada hak untuk (orang miskin yang meminta) dan yang tidak berkecukupan (walaupun tidak meminta) (QS. Al-Dzariyat 51:19).
 
Hak dan kewajiban tersebut mempunyai kekuatan tersendiri karena keduanya merupakan keharusan kepada yang berkewajiban untuk melaksanakannya. Bukan hanya keharusan yang tumbuh dari lubuk hatinya tetapi juga atas dasar bahwa pemerintah dapat tampil memaksakan pelaksanaan kewajiban tersebut untuk diserahkan kepada pemilik haknya.
 
Dalam konteks inilah Al-Quran menetapkan kewajiban membantu keluarga dan kewajiban setiap individu untuk dapat membantu anggota masyarakatnya. Boleh jadi karena satu dan lain hal agar seseorang tidak mampu memperoleh kecukupan untuk kebutuhan pokoknya, maka dalam hal ini Al- Quran menegaskan kewajiban memberi nafkah kepada keluarga atau dengan istilah lain jaminan antar satu rumpun keluarga sehingga setiap keluarga harus saling menjamin dan mencukupi.
 
Sebagaimana firman Allah: Dan berikanlah kepada keluarga dekat haknya, juga kepada orang miskin, dan orang yang berada dalam perjalanan. (QS. Al-Isra: 26).
 
Ayat ini menggaris bawahi adanya hak bagi keluarga yang tidak mampu terhadap yang mampu. Bahkan memberi nafkah kepada anak cucu atau ayah dan kakek merupakan kewajiban walaupun mereka bukan muslim.
 
Islam menganjurkan sikap persamaan hak, pengertian dan penghargaan serta pelayanan yang tidak mengenal perbedaan di antara sesama manusia.
 
Allah swt telah menyinggung pengajaran ini dalam Surat Abasa ayat 1-11 sebagai berikut: Dia (Muhammad) bermuka masam karena didatangi oleh salah seorang yang buta. Tahukah kamu barangkali dia ingin membersihkan dirinya (dari dosa) atau dia ingin mendapat pengajaran lalu pengajaran itu bermanfaat baginya. Adapun orang yang kaya, maka kamu melayaninya. Padahal tidak ada dosa atasmu karena dia tidak membersihkan diri (beriman). Adapun orang yang datang kepadamu dengan segera (untuk mendapat pengajaran) dan dia takut kepada Allah, maka kamu melupakannya tidak menghiraukannya. Jangan sekali bersikap demikian karena sesungguhnya ajaran Allah adalah suatu peringatan. (QS Abasa: 1-11).
 
Isyarat Al-Quran ini mengandung makna dan pengajaran agar setiap muslim memberikan pelayanan yang baik kepada sesama muslim tanpa membedakan status sosialnya ataupun keadaan fisiknya. Tidak boleh membedakan orang kaya dan miskin ataupun rakyat jelata dengan penguasa yang berpangkat tinggi dan sesama muslim lebih diutamakan daripada orang yang beragama lain.
Maka dalam ayat ini semakin tegas posisi setiap muslim di hadapan sesama manusia atau di hadapan Allah SWT. Maka sesungguhnya yang membedakan antara manusia satu dengan yang lainya hanyalah kualitas ketaqwaan yang dimiliki seseorang.
 
Untuk dapat mencapai kemuliaan amal saleh, maka setiap orang harus terus berjuang untuk menutup pintu hati dari semua godaan setan yang terkutuk, sehingga setan tidak bisa lagi masuk menggoda manusia.
 
Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk meneguhkan komitmen dalam menjalani segala ketaatan dalam beragama, mencerdaskan, mencerahkan dan membawa kebahagiaan dan menambah kemuliaan dalam menjalani hidup dengan nilai kebenaran, kebaikan dan keberkahan.
Jadilah orang yang selalu rela dalam menjalani takdir, sabar menghadapi ujian dan bahagia dalam menikmati kehidupan.
 
Barokallaahu Fiikum (*/imm).
 
 
 

Penulis: Roli Abdul Rokhman SAg MPd.I, Presidium Majelis Dakwah KAHMI Kabupaten Bojonegoro.

 

Ilustrasi: Gambar tangan (Foto Pixabay)

Berita Terkait

Videotorial

Video: Semarak Gapura Kemerdekaan Polres Bojonegoro

Videotorial

Video: Semarak Gapura Kemerdekaan Polres Bojonegoro

Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke74, Polres Bojonegoro bersama Polsek jajaran, dirikan gapura di depan pintu ...

Berita Video

Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Gayam Bojonegoro

Berita Video

Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Gayam Bojonegoro

Kebakaran tersebut menghanguskan rumah yang sekaligus dipergunakan sebagai tempat penggilingan padi, milik Moh Uzaini (58), warga Desa Gayam RT 004 ...

Teras

Hukum Mengapung di Atas Samudera Etika

Hukum Mengapung di Atas Samudera Etika

*Oleh Muhammad Roqib Akhir-akhir ini Prof. Dr. Jimly Asshidiqie, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi , memberi perhatian lebih pada pentingnya etika ...

Opini

‘Sesat Pikir’ atas Keberadaan Media Siber

Muhammad Abdul Qohhar Editor Imam Nurcahyo

‘Sesat Pikir’ atas Keberadaan Media Siber

PAGI sangat cerah, seperti hari-hari sebelumnya. Tapi saat tengah menikmati kopi panas, beberapa pesan masuk berantai dengan disertai gambar tulisan ...

Quote

Pendekatan

Quote

Pendekatan

Seorang kepala sekolah selalu datang 30 menit sebelum jadwal pelajaran dimulai atau pintu gerbang ditutup untuk memberi salam, berjabat tangan ...

Sosok

Mochlasin Afan, Caleg DPRD Bojonegoro Partai Demokrat, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

Serba-Serbi Pemilu 2019

Mochlasin Afan, Caleg DPRD Bojonegoro Partai Demokrat, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

Bojonegoro - Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 telah usai dilaksananan dan perolehan suara partai politik peserta Pemilu 2019 tingkat ...

Eksis

Talenta Kartika Putri, Pelajar SD Asal Blora Peraih Juara 3 Lomba Sempoa Tingkat Nasional

Talenta Kartika Putri, Pelajar SD Asal Blora Peraih Juara 3 Lomba Sempoa Tingkat Nasional

Blora - Prestasi membanggakan datang dari putra daerah Kabupaten Blora. Dia adalah Talenta Kartika Putri (11), siswi SDN Kunden 1 ...

Infotorial

Program Semai Benih Bangsa: Sekolah PAUD Berkualitas, Siapkan Generasi Emas

Program Semai Benih Bangsa: Sekolah PAUD Berkualitas, Siapkan Generasi Emas

Usia 6 tahun pertama adalah masa keemasan dan fase terpenting dalam pertumbuhan anak. Pada kurun usia tersebut, perkembangan otak anak ...

Berita Foto

Foto Aksi Unjuk Rasa Warga Desa Ngampel di Pendapa Pemkab Bojonegoro

Berita Foto

Foto Aksi Unjuk Rasa Warga Desa Ngampel di Pendapa Pemkab Bojonegoro

Bojonegoro - Diberitakan sebelumnya, warga masyarakat Desa Ngampel Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, pada Rabu (14/08/2019), menggelar unjuk rasa (unras) atau ...

Feature

Ngadoellah Warga Campurejo Bojonegoro ini Tekuni Pembibitan Kelengkeng Jenis Diamond River

Ngadoellah Warga Campurejo Bojonegoro ini Tekuni Pembibitan Kelengkeng Jenis Diamond River

Bojonegoro - Berawal dari kegemarannya merawat segala jenis tanaman, Ngadoellah (56) akhirnya menekuni pembibitan tanaman kelengkeng jenis diamond river. Hampir ...

Religi

Tolong Menolong Meringankan Sesama

Tolong Menolong Meringankan Sesama

HIDUP itu bagaikan sebuah bangunan, yang saling menopang antara unsur yang satu dengan unsur yang lainya, karena itu setiap muslim ...

Pelesir

Air Terjun 'Niagara Mini' Kracakaan di Ngloram Blora, Mulai Ramai Didatangi Pengunjung

Air Terjun 'Niagara Mini' Kracakaan di Ngloram Blora, Mulai Ramai Didatangi Pengunjung

Blora - Datangnya musim kemarau membawa keberuntungan sendiri bagi warga di sekitar aliran Sungai Bengawan Solo, khususnya warga yang tinggal ...

Hiburan

Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 24 Agustus 2019

Rencana Kegiatan Masyarakat Bojonegoro 24 Agustus 2019

Rencana Kegiatan Masyarakat di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (24/08/2019): KEGIATAN MASYARAKAT KOMERSIAL Waktu Pukul 16.00 WIB s/d selesai Tempat: Lapangan ...

Statistik

Hari ini

3.011 kunjungan

4.376 halaman dibuka

123 pengunjung online

Bulan ini

101.396 kunjungan

148.696 halaman dibuka

Tahun ini

1.289.095 kunjungan

2.053.673 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 668.531

Indonesia: 9.905

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015