News Ticker
  • Bayi Prematur Yang Lahir di Pinggir Jalan di Hutan Bojonegoro, Akhirnya Meninggal Dunia
  • Meski Sungai Bengawan Solo Diduga Tercemar, Air PDAM Bojonegoro Aman Dikonsumsi
  • Dinas Lingkungan Hidup Bersama Kodim Bojonegoro Tanan Pohon Penghijauan
  • Kapolres Bojonegoro Apresiasi Anggota Polisi yang Bantu Persalinan Warga di Tengah Hutan
  • Novel 'Pulang ke Desa', Karya Penulis Bojonegoro Dapat Apresiasi dari Menteri Desa PDDT
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Rakor dan Pembinaan Pengelolaan Lumbung Pangan Desa
  • 34 Bidan Dukuhan di Kabupaten Bojonegoro Terima Kendaraan Dinas Jenis Motor Tril
  • Wakil Bupati Bojonegoro Buka Kegiatan Training Service Excellence
  • Kondisi Air Bengawan Solo di Bojonegoro Tercemar atau Lebihi Ambang Batas Baku Mutu
  • Aksi Kemanusiaan Polisi Bojonegoro Bantu Persalinan Warga di Pinggir Jalan Tengah Hutan
  • Tersengat Listrik Jebakan Tikus di Sawah Sendiri, Warga Baureno Bojonegoro Meninggal Dunia
  • EMCL Revisi AMDAL untuk Peningkatan Produksi Lapangan Banyu Urip Jadi 235 Barel Per Hari
  • Pertamina EP Asset 4 Cepu Bersama Polres Blora Tertibkan Penampungan Minyak Ilegal
  • Para Peserta Antusias Ikuti Acara Orientasi Jurnalistik dan Sosialisasi UU Pers di Blora
  • Peran dan Pentingnya Dokter Hewan bagi Manusia
  • Kapolres Bojonegoro Ajak Pelajar, Netizen dan Awak Media, Nonton Bareng Film Sang Prawira
  • Diterjang Angin, 2 Kandang Ayam di Baureno Bojonegoro Roboh, 1 Lainnya Rusak
  • Garap Tanah Tanpa Ijin yang Berhak, Warga Sukosewu Bojonegoro Dipidana Kurungan 15 Hari
  • Tabrakan Motor di Kedungadem Bojonegoro, Seorang Pemotor Luka Berat, 2 Lainnya Luka Ringan
  • Akibat Diterjang Angin, 2 Rumah Warga Kanor Bojonegoro Roboh, 3 Lainnya Rusak Berat
  • Pimpin Polres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan Luncurkan Program Kerja 'Bahagia'
  • Usai Tipu Warga, Polisi Gadungan di Blora Diamankan Polsek Randublatung
  • PWI Blora Segera Gelar Orientasi Jurnalistik dan Sosialisasi Undang-Undang Pers
  • Open Class, Pelatihan Kebijakan Akuntansi Asset Pemerintah, Digelar di Bojonegoro
  • Hari Ini Pendaftaran Bakal Calon Kades, Pilkades Serentak 2020 Kabupaten Bojonegoro, Dibuka

Tolong Menolong Meringankan Sesama

HIDUP itu bagaikan sebuah bangunan, yang saling menopang antara unsur yang satu dengan unsur yang lainya, karena itu setiap muslim harus memiliki kesadaran penuh dan kepekaan yang tinggi untuk selalu membantu dan memuliakan sesamanya, agar hidup yang dijalaninya bermanfaat dan membawa kemuliaan.
 
Sebagaimana Hadits Nabi Muhammad SAW: Orang mukmin itu bagi orang mukmin lainya, seperti sebuah banguan yang saling memperkokoh lainya. Kemudian Rasulullah menganyamkan jari-jemarinya. (HR Bukhori Muslim, Turmudzi).
 
Sebidang dinding yang berdiri tegak sendiri adalah lemah, namun apabila disambungkan dengan dinding lainya, maka akan menjadi sangat kuat. Inilah gambaran antara mukmin satu dengan lainya, maka antara orang mukmin satu dengan lainya harus saling membantu, menolong, menopang dan sama-sama memikul beban untuk kemaslahatan mereka bersama.
 
Sebagaimana Allah menganjurkan dalam firmanya: Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.
 
Perpecahan ataupun saling merendahkan bukanlah menjadi semangat yang terkandung dalam keimanan seseorang. Agama tidak menganjurkan unsur-unsur yang mengajarkan perpecahan, saling merendahkan antara sesama manusia ataupun usaha-usaha yang menghalangi ataupun menggagalkan.
 
Saling membantu merupakan kekuatan bagi orang-orang muslim dan sebagai senjata persatuan yang menyatukan tangan satu dengan lainya, dan menjauhkan perselisihan serta permusuhan.
 
Sebagaimana isyarat Allah dalam Al-Quran: Dan berpeganglah kamu semuanya pada tali agama Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu, ketika kamu dahulu masih jahiliah bermusuh-musuhan, maka Allah menjinakan diantara kamu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara.
 
Ayat ini telah memberikan isyarat bahwa setiap mukmin memiliki kewajiban untuk membangun kerjasama ataupun tolong menolong dengan sesamanya. Karena hal ini akan memberikan manfaat dalam melindungi setiap muslim dari semua behaya yang mengancamnya, dan akan mengantarkan setiap muslim mewujudkan kehidupan yang bahagia dan harmonis dalam menjalani kehidupan, di bawah lindungan dan bimbingan Allah SWT.
 
Kewajiban terhadap orang lain itu merupakan sikap perhatian dan saling membantu dengan kemampuan yang ada. Dalam hal ini Al-Quran walaupun menganjurkan sumbangan sukarela dan menekankan keinsafan pribadi, namun dalam beberapa hal Kitab Suci ini menekankan hak dan kewajiban baik melalui kewajiban zakat yang merupakan hak delapan kelompok yang telah ditetapkan (QS. At-Taubah: 60) maupun melalui infaq, sedekah wajib yang merupakan hak bagi yang memintanya atau yang tidak namun membutuhkan bantuan.
 
Sebagaimana firman-Nya: Dalam harta mereka ada hak untuk (orang miskin yang meminta) dan yang tidak berkecukupan (walaupun tidak meminta) (QS. Al-Dzariyat 51:19).
 
Hak dan kewajiban tersebut mempunyai kekuatan tersendiri karena keduanya merupakan keharusan kepada yang berkewajiban untuk melaksanakannya. Bukan hanya keharusan yang tumbuh dari lubuk hatinya tetapi juga atas dasar bahwa pemerintah dapat tampil memaksakan pelaksanaan kewajiban tersebut untuk diserahkan kepada pemilik haknya.
 
Dalam konteks inilah Al-Quran menetapkan kewajiban membantu keluarga dan kewajiban setiap individu untuk dapat membantu anggota masyarakatnya. Boleh jadi karena satu dan lain hal agar seseorang tidak mampu memperoleh kecukupan untuk kebutuhan pokoknya, maka dalam hal ini Al- Quran menegaskan kewajiban memberi nafkah kepada keluarga atau dengan istilah lain jaminan antar satu rumpun keluarga sehingga setiap keluarga harus saling menjamin dan mencukupi.
 
Sebagaimana firman Allah: Dan berikanlah kepada keluarga dekat haknya, juga kepada orang miskin, dan orang yang berada dalam perjalanan. (QS. Al-Isra: 26).
 
Ayat ini menggaris bawahi adanya hak bagi keluarga yang tidak mampu terhadap yang mampu. Bahkan memberi nafkah kepada anak cucu atau ayah dan kakek merupakan kewajiban walaupun mereka bukan muslim.
 
Islam menganjurkan sikap persamaan hak, pengertian dan penghargaan serta pelayanan yang tidak mengenal perbedaan di antara sesama manusia.
 
Allah swt telah menyinggung pengajaran ini dalam Surat Abasa ayat 1-11 sebagai berikut: Dia (Muhammad) bermuka masam karena didatangi oleh salah seorang yang buta. Tahukah kamu barangkali dia ingin membersihkan dirinya (dari dosa) atau dia ingin mendapat pengajaran lalu pengajaran itu bermanfaat baginya. Adapun orang yang kaya, maka kamu melayaninya. Padahal tidak ada dosa atasmu karena dia tidak membersihkan diri (beriman). Adapun orang yang datang kepadamu dengan segera (untuk mendapat pengajaran) dan dia takut kepada Allah, maka kamu melupakannya tidak menghiraukannya. Jangan sekali bersikap demikian karena sesungguhnya ajaran Allah adalah suatu peringatan. (QS Abasa: 1-11).
 
Isyarat Al-Quran ini mengandung makna dan pengajaran agar setiap muslim memberikan pelayanan yang baik kepada sesama muslim tanpa membedakan status sosialnya ataupun keadaan fisiknya. Tidak boleh membedakan orang kaya dan miskin ataupun rakyat jelata dengan penguasa yang berpangkat tinggi dan sesama muslim lebih diutamakan daripada orang yang beragama lain.
Maka dalam ayat ini semakin tegas posisi setiap muslim di hadapan sesama manusia atau di hadapan Allah SWT. Maka sesungguhnya yang membedakan antara manusia satu dengan yang lainya hanyalah kualitas ketaqwaan yang dimiliki seseorang.
 
Untuk dapat mencapai kemuliaan amal saleh, maka setiap orang harus terus berjuang untuk menutup pintu hati dari semua godaan setan yang terkutuk, sehingga setan tidak bisa lagi masuk menggoda manusia.
 
Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk meneguhkan komitmen dalam menjalani segala ketaatan dalam beragama, mencerdaskan, mencerahkan dan membawa kebahagiaan dan menambah kemuliaan dalam menjalani hidup dengan nilai kebenaran, kebaikan dan keberkahan.
Jadilah orang yang selalu rela dalam menjalani takdir, sabar menghadapi ujian dan bahagia dalam menikmati kehidupan.
 
Barokallaahu Fiikum (*/imm).
 
 
 

Penulis: Roli Abdul Rokhman SAg MPd.I, Presidium Majelis Dakwah KAHMI Kabupaten Bojonegoro.

 

Ilustrasi: Gambar tangan (Foto Pixabay)

Berita Terkait

Videotorial

Ademos The Series, Geliat Desa Menuju Perubahan

Videotorial

Ademos The Series, Geliat Desa Menuju Perubahan

Web Series Ademos The Series, Geliat Desa Menuju Perubahan, garapan Ademos Indonesia bekerja Yayasan Mannah dan Jampro, mengusung tema tentang ...

Berita Video

Viral! Video Pengendara Motor di Bojonegoro Masuk Got, Disenggol Truk Trailer

Berita Video

Viral! Video Pengendara Motor di Bojonegoro Masuk Got, Disenggol Truk Trailer

Bojonegoro - Video pengendara motor disenggol truk trailer di Bundaran Adipura Bojonegoro, yang diunggah oleh akun facebook @Mila Yanana, di ...

Teras

Hari Batik Nasional, Sudahkah Anda Menggunakan Batik?

Hari Batik Nasional, Sudahkah Anda Menggunakan Batik?

HARI INI, 2 Oktober 2019, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Peringatan Hari Batik Nasional ini terjadi ketika pada 2 Oktober ...

Opini

Peran dan Pentingnya Dokter Hewan bagi Manusia

Opini

Peran dan Pentingnya Dokter Hewan bagi Manusia

DOKTER hewan, mungkin masih asing di telinga masyarakat dan kadang masih sering diremehkan oleh yang mendengar. Berdasarkan motto dokter hewan ...

Quote

Pendekatan

Quote

Pendekatan

Seorang kepala sekolah selalu datang 30 menit sebelum jadwal pelajaran dimulai atau pintu gerbang ditutup untuk memberi salam, berjabat tangan ...

Sosok

Mbah Sapurah, Nenek 80 Tahun Warga Trucuk Bojonegoro ini Bertahan Hidup di Usia Senja

Mbah Sapurah, Nenek 80 Tahun Warga Trucuk Bojonegoro ini Bertahan Hidup di Usia Senja

Di depan gedung Kantor Sat Reksrim Polres Bojonegoro yang sepi karena hari libur, pada Sabtu (16/11/2019) siang, nampak seorang nenek ...

Eksis

Novel 'Pulang ke Desa', Karya Penulis Bojonegoro Dapat Apresiasi dari Menteri Desa PDDT

Novel 'Pulang ke Desa', Karya Penulis Bojonegoro Dapat Apresiasi dari Menteri Desa PDDT

Bojonegoro - Penulis asal Bojonegoro Didik Wahyudi, mendapat apresiasi dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim ...

Infotorial

Biogas: Energi Terbarukan, Banyak Keuntungan

Biogas: Energi Terbarukan, Banyak Keuntungan

Ramah lingkungan dan sangat menguntungkan, kata Sutrisno, warga Desa Glodog, Palang, Tuban, saat ditanya seputar penggunaan biogas di tempat tinggalnya. ...

Berita Foto

Suasana Baru di Depan Pendapa Pemkab Bojonegoro

Berita Foto

Suasana Baru di Depan Pendapa Pemkab Bojonegoro

#adsense# Bojonegoro - Pemandangan berbeda terlihat di depan Pendapa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, di Jalan Mas Tumapel Bojonegoro. Papan nama kantor ...

Religi

Ribuan Jemaah Hadiri Pengajian dan Gema Salawat di Alun-Alun Bojonegoro

Ribuan Jemaah Hadiri Pengajian dan Gema Salawat di Alun-Alun Bojonegoro

Bojonegoro - Ribuan jemaah pada Minggu (06/10/2019) siang, tumpah ruah berdatangan ke Alun-alun Kota Bojonegoro, untuk menghadiri acara Gema Salawat ...

Pelesir

Wahana Wisata Dander Park Bojonegoro, Ramai Didatangi Pengunjung

Wahana Wisata Dander Park Bojonegoro, Ramai Didatangi Pengunjung

Bojonegoro - Wahana wisata air Dander Park, yang berada di Desa Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, pada Minggu (01/12/2019) diserbu ...

Hiburan

Kapolres Bojonegoro Ajak Pelajar, Netizen dan Awak Media, Nonton Bareng Film Sang Prawira

Kapolres Bojonegoro Ajak Pelajar, Netizen dan Awak Media, Nonton Bareng Film Sang Prawira

Bojonegoro - Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan SIK MH, pada Rabu (04/12/2019) malam, mengajak sejumlah pelajar, netizen dan awak ...

Statistik

Hari ini

7.609 kunjungan

10.619 halaman dibuka

429 pengunjung online

Bulan ini

83.403 kunjungan

117.263 halaman dibuka

Tahun ini

2.206.552 kunjungan

3.400.542 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 595.950

Indonesia: 7.405

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1575725853.4712 at start, 1575725853.7011 at end, 0.22994685173035 sec elapsed