News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Jalan Dusun Mboti Tambakrejo Bojonegoro Tuntas Dibangun, Warga 3 Dusun Tak Lagi Terisolir

Jalan Dusun Mboti Tambakrejo Bojonegoro Tuntas Dibangun, Warga 3 Dusun Tak Lagi Terisolir

Bojonegoro - Setelah menunggu selama belasan tahun, harapan warga masyarakat di 3 dusun, yaitu Dusun Mboti, Dusun Dusun Bacem, dan Dusun Sukosewu, ketiganya berada di Desa Turi Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro untuk memiliki jalan yang baik, kini akhirnya terwujud.
 
Warga di 3 dusun tersebut yang sebelumnya jika musim penghujan nyaris terisolir, dengan kondisi jalan yang sekarang sudah mulus, akses transportasi warga sudah terbuka, sehingga diharapkan akan meningkatkan perekonomian warga setempat.
 
 
Upaya pembangunan jalan tersebut bukan tanpa hambatan, dikarenakan jalan yang menghubungkan Dusun Mboti Desa Turi menuju Dusun Kaliaren Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo, sepanjang kurang lebih 12 kilometer tersebut berada di kawasan hutan, yang status kepemilikannya merupakan milik Perum Perhutani, sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro tidak dapat secara langsung membangun ruas jalan tersebut.
 
Agar dapat melakukan pembangunan ruas jalan yang kewenangannya ada di Perhutani tersebut, Pemkab Bojonegoro bekerja sama dengan Kodim 0813 Bojonegoro, melalui program Karya Bakti Skala Besar (KBSB) tahun 2020, akhirnya pembangunan jalan penghubung Dusun Mboti Desa Turi menuju Dusun Kaliaren Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo, dapat terrealisasikan.
 
 
 

Kondisi salah stu titk jalan di Dusun Mboti Desa Turi Kecamatan Tambakrejo sebelum dilakukan pembangunan.

 
Kepala Desa Turi Kecamatan Tambakrejo, Riyadi kepada awak media ini Jumat (27/11/2020) menyampaikan bahwa atas nama warga masyarakat Desa Turi Kecamatan Tambakrejo, dirinya mengucapkan banyak-banyak terima kasih, kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, khususnya kepada Bupati Bojonegoro Dr Hj Anna Muawanah beserta jajarannya, dan juga kepada Komandan Kodim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariyanto, beserta jajaranya, yang telah melaksanakan pembangunan jalan penghubung Dusun Mboti Desa Turi menuju Dusun Kaliaren Desa Malingmati tersebut.
 
"Seperti mimpi saja. Sekarang jalan Dusun Mboti sudah mulus beraspal. Terima kasih Ibu Bupati Bojonegoro, Pak Dandim Bojonegoro. Terima kasih juga Perhutani, dan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan jalan di desa kami," tutur Kepala Desa Turi Kecamatan Tambakrejo, Riyadi. Jumat (27/11/2020)
 
 

Proses pembangunan jalan penghubung Dusun Mboti Desa Turi menuju Dusun Kaliaren Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo sepanjang kurang lebih 12 kilometer.

 
Riyadi mengungkapkan bahwa warga masyarakat di desanya, khususnya warga Dusun Mboti, Dusun Mbacem, dan Dusun Sukosewu, sudah menunggu cukup lama adanya perbaikan infrakstruktur jalan tersebut.
 
Menurutnya, sejak belasan tahun jalan menuju tiga dusun tersebut masih berupa tanah liat dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, itu pun di saat musim kemarau saja, sementara saat musim penghujan bisa dipastikan masyarakat 3 dusun tersebut ketika ingin pergi ke luar dusun tidak bisa menggunakan kendaraan roda dua, apalagi kendaraan roda empat, dikarenakan jalan yang berupa tanah liat dan berlumpur sangat licin, sehingga tidak ada pilihan lain selain jalan kaki.
 
"Dulu, kalau musim hujan, dengan berjalan kaki warga 3 dusun tersebut untuk menuju Balai Desa Turi, membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sekarang, karena jalan sudah mulus, dengan kendaraan roda dua atau roda empat, hanya butuh waktu 15 menit," kata Riyadi.
 
 
 

Kondisi jalan penghubung Dusun Mboti Desa Turi menuju Dusun Kaliaren Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo sepanjang kurang lebih 12 kilometer yang selesai dibangun.

 
Riyadi menjelaskan bahwa 3 dusun tersebut, yaitu Dusun Mboti, Dusun Dusun Bacem, dan Dusun Sukosewu, dihuni sekitar 400 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 900 jiwa.
 
Sementara, selain menjadi akses warga Dusun Mboti, Dusun Dusun Bacem, dan Dusun Sukosewu menuju pusat Pemerintahan Desa Turi, jalan penghubung yang telah selesai dibangun tersebut juga merupakan akses warga dari Dusun Banjarsari Desa Bobol Kecamatan Sekar dan warga Dusun Ngengo Desa Ngrancang Kecamatan Tambakrejo.
 
"Semoga dengan kondisi jalan sekarang yang sudah mulus bisa meningkatkan ekonomi warga desa kami, selain memperlancar akses warga, juga terbukanya akses wisata perbukitan di Dusun Guyangan Desa Turi, atau warga mengenalnya dengan Guyangan Park. Semoga nantinya bisa menjadi ikon wisata di wilayah Kecamatan Tambakrejo," kata Riyadi.
 
 
 

Kondisi jalan penghubung Dusun Mboti Desa Turi menuju Dusun Kaliaren Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo sepanjang kurang lebih 12 kilometer yang selesai dibangun.

 
Untuk diketahui, di Kabupaten Bojonegoro, banyak sekali ruas jalan yang berada di lahan milik Perhutani (termasuk jalan penghubung dari Dusun Mboti Desa Turi menuju Dusun Kaliaren Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo), sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro tidak dapat secara langsung membangun ruas-ruas jalan tersebut.
 
Jika Pemkab Bojonegoro mau membangun jalan milik pihak lain seperti milik Perhutani tersebut, ada mekanismenya yang harus dilalui sesuai perundang-undangan yang berlaku, agar kebijakan yang dibuat tidak melanggar undang-undang.
 
 
Kendala tersebut yang selama ini dihadapi oleh Pemkab Bojonegoro, kenapa tidak bisa dengan serta-merta membangun ruas-ruas jalan yang kewenangannya berada di Perhutani. Sehingga sempat muncul adanya angapan dari sebagian masyarakat, bahwa Pemkab Bojonegoro seakan tidak peduli terhadap pembangunan akses jalan, khususnya yang berada di kawasan hutan, yang statusnya milik Perhutani.
 
Agar Pemkab Bojonegoro agar dapat melakukan pembangunan ruas-ruas jalan yang kewenangannya ada di Perhutani, Pemkab Bojonegoro melakukan terobosan dengan bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), melalui program Karya Bakti Skala Besar (KBSB). Akan tetapi harus mendapatkan izin dulu dari Perhutani, karena kewenangannya ada di Perhutani.
 
 
Salah satu ruas jalan yang telah mendapatkan ijin dari Perhutani untuk dilakukan pembangunan melalui program KBSB yaitu jalan penghubung dari Dusun Mboti Desa Turi menuju Dusun Kaliaren Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo, yang dibangun melalui program KBSB, Kodim 0813 Bojonegoro. (dan/imm)
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714189440.4172 at start, 1714189440.8587 at end, 0.44148182868958 sec elapsed