News Ticker
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
  • Berkah Ramadan, Petani Blewah di Blora Mengaku Untung Besar
  • Kembali Targetkan Raih Opini WTP, Ini yang Dilakukan Pemkab Blora
  • Diduga Sakit Epilepsi Kambuh, Warga Bubulan, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Sungai
  • Gebyar Ramadan Blora 2024 Kini Dikonsep Semakin Matang
  • Tinjau Tebing Sungai Longsor di Cepu, Blora, Bupati Koordinasi dengan BBWS Bengawan Solo
  • Tergerus Banjir Bengawan Solo, Akses Jalan Kedungtuban-Cepu, Blora Terancam Putus
  • Tebing Bengawan Solo Longsor, Empat Rumah Warga di Blora Terancam
  • Berjalan Kaki saat ke Sekolah, Siswi SMK dapat Sepeda dari Ka SPKT Polsek Blora
  • Polisi di Bojonegoro Bagikan 3.000 Nasi Bungkus bagi Warga Terdampak Banjir Bengawan Solo
IDI Cabang Bojonegoro Gelar Bakti Sosial 'Berbakti untuk Negeri, Mengabdi untuk Rakyat'

IDI Cabang Bojonegoro Gelar Bakti Sosial 'Berbakti untuk Negeri, Mengabdi untuk Rakyat'

Bojonegoro - Dalam rangka memperingati Hari Dokter Indonesia ke-114 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-72, IDI Cabang Bojonegoro, pada Jumat (28/10/2022) menggelar bakti sosial di Pondok Pesantren (Ponpes) Abu Dzarrin, di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro.
 
 
Peringatan Hari Dokter Indonesia dan HUT IDI tahun 2022 ini mengusung tema "Berbakti untuk Negeri, Mengabdi untuk Rakyat".
 
Kegiatan bakti sosial tersebut meliputi konsultasi kesehatan oleh dokter spesialis dengan sasaran 500 orang. Kemudian khitan gratis dengan sasaran 25 anak, dan penyuluhan kesehatan untuk para santriwati Ponpes Abu Dzarrin, dengan materi Reproduksi dan Penyakit Kulit.
 
 
 
 
 

Ketua IDI Bojonegoro, dr Askan SpOGK MMKes, saat beri penyuluhan kesehatan di Pondok pesantren (Ponpes) Abu Dzarrin, di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro. (Foto: Dok. Istimewa)

 
Ketua IDI Cabang Bojonegoro, dr Askan SpOGK MMKes, mengawali sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pondok Pesantren (Ponpes) Abu Dzarrin, yang telah memberikan tempat dan kesempatan kepada IDI Cabang Bojonegoro menggelar bakti sosial tersebut.
 
Dokter Askan menyampaikan bahwa kesehatan dan pendidikan adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, kedua kebutuhan ini harus tercukupi.
 
"Untuk itu peran kami bagaimana memaksimalkan tugas kami di bidang kesehatan. Maka kami harus mengabdikan diri mengambil peran bagaimana meningkatkan kesehatan untuk warga Bojonegoro, khususnya untuk Pondok Pesantren Abu Dzarrin," tutur dr Askan
 
 

Khitan massal gratis yang digelar IDI Cabang Bojonegoro di Pondok pesantren (Ponpes) Abu Dzarrin, di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro. (Foto: Dok. Istimewa)

 
Dokter Askan menyampaikan bahwa dalam bakti sosial hari ini IDI Bojonegoro akan melakukan serangkaian kegiatan, yaitu yang pertama penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan para santri, kemudian yang kedua pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh dokter spesialis, dan yang ketiga ada khitanan massal.
 
"Mudah-mudahan dengan dikhitan ini, adik-adik nanti bisa segera dewasa. Saya berharap acara ini bisa berjalan lancar dan berkesinambungan." kata dr Askan
 
 

Konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar IDI Cabang Bojonegoro di Pondok pesantren (Ponpes) Abu Dzarrin, di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro. (Foto: Dok. Istimewa)

 
Ketua Panitia kegiatan, dr Ibnu Rusydi, dalam laporannya menyampaikan bahwa bakti sosial di Pondok Pesantren (Ponpes) Abu Dzarrin hari ini diisi dengan konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter spesialis, yang kedua pelaksanaan khitan oleh dokter.
 
Selain itu, juga dilaksanakan serangkaian penyuluhan atau pembukaan kelas kesehatan, dengan materi kesehatan reproduksi pada remaja, kesehatan syaraf dan stroke.
 
"Serta pelaksaan kelas khitan yang dikhususkan untuk peserta khitan dan diikuti oleh orang tua dari peserta khitan." tutur dr Ibnu Rusydi.
 
 
Adapun jumlah peserta sebanyak 525 orang, terdiri dari 25 anak yang merupakan peserta khitan massal yang berasal dari Kecamaan Tambakrejo dan Desa Ngumpakdalem, dan 500 orang peserta pemeriksaan atau pengobatan massal yang berasal dari Pondok Pesantren Abu Dzarrin dan warga Desa Ngumpakdalem,
 
"Harapan kami kegiatan ini akan bermanfaat bagi kita semua, terima kasih kepada semua pihak yang terkait sehingga kegiatan ini bisa berjalan sebagaimana mestinya," tutur dr Ibnu Rusydi.
 
 

KH Lutfi Zamroni, saat beri sambutan dalam pembukaan acara bakti sosial yang digelar IDI Cabang Bojonegoro di Ponpes Abu Dzarrin, di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro. (Foto: Dok. Istimewa)

 
Sementara itu, perwakilan Pondok Pesantren Abu Dzarrin, KH Lutfi Zamroni, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena diberikan kenikmatan kesehatan, sehingga dapat beraktivitas melaksanakan kegiatan bakti sosial bersama IDI Cabang Bojonegoro
 
"Semoga keberadaan kita bersama, selalu mendapatkan naungan, ridho, dan rahmat, dari Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin,"
 
Pada kesempatan tersebut, KH Lutfi Zamroni menyampaikan bahwa Imam Syafii pernah berfatwa: "Jangan sekali-kali kamu hidup di dalam lingkungan yang tidak ada orang alim, yang bisa kamu mintai fatwa tentang massalah anda. Dan jangan sekali-kali kamu hidup di lingkungan di mana lingkungan itu tidak ada ahli kesehatan atau dokter yang dapat kamu mintai konsultasi dalam massalah kesehatan".
 
"Alhamdulillah, pagi ini dokter yang ada di Bojonegoro, hadir di tengah-tengah kita, untuk memberikan wawasan kesehatan, melaksanakan khitan massal, pemeriksaan oleh dokter spesialis, penyuluhan kesehatan, yang semuanya itu gratis," kata KH Lutfi Zamroni.
 
 
Di akhir sambutannya, mewakili keluarga besar Pondok Pesantren Abu Dzarrin KH Lutfi Zamroni mengucapkan terima kasih kepada jajaran IDI Cabang Bojonegoro yang telah memberikan kontribusi di lingkungan Ponpes Abu Dzarrin.
 
"Semoga apa yang menjadi niat para dokter dibalas oleh allah SWT dengan balasan yang sebaik-baiknya. Aamiin," tutur KH Lutfi Zamroni. (red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Ucapan SELAMAT HARI PERS NASIONAL 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1711653219.2064 at start, 1711653219.3756 at end, 0.16923213005066 sec elapsed