News Ticker
  • Kebakaran Oven Tembakau di Sukosewu, Bojonegoro, 8 Ton Daun Tembakau Ludes Terbakar
  • PSI Bojonegoro Siap Menangkan Pasangan Setyo Wahono-Nurul Azizah dalam Pilkada 2024
  • Exco Partai Buruh Bojonegoro Siap Gerakkan Mesin Partai untuk Menangkan Wahono-Nurul
  • Dukung Bapaslon Teguh-Farida di Pilkada Bojonegoro, Perindo Tak Gentar Hadapi Koalisi Besar
  • Ditinggal Nonton Pagelaran Wayang Kulit, Rumah Warga Malo, Bojonegoro Terbakar
  • Peran Saka Daerah Jawa Timur 2024 Digelar di Bumi Perkemahan Kokobo Dander Forest, Bojonegoro
  • Pemilik Kafe di Bojonegoro Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Tindak Pidana Penganiayaan
  • Sowan Gus Nafik, Bacabup Setyo Wahono Minta Masukkan untuk Memajukan Bojonegoro
  • Pelajar di Blora Sulap Limbah Ban Jadi Tas Fashion Unik dan Bernilai Ekonomi
  • Masyarakat Blora Senang, Bupati Arief Realisasikan Pembangunan Ruas Jalan Mojorembun-Gondel
  • Polisi di Sumberrejo, Bojonegoro Sampaikan Imbauan Larangan Penggunaan Jebakan Tikus Listrik
  • Pj Bupati Harap Pagelaran Seni di TMII Mampu Mendongkrak Pasar UMKM Bojonegoro
  • FAAB Serahkan Dokumen Rancang Bangun untuk Bacabup-Bacawabup Bojonegoro, Wahono-Nurul
  • Tabrakan Honda PCX Kontra Honda CB di Dander, Bojonegoro, Seorang Pemotor Luka Berat
  • Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Setyo Wahono-Nurul Azizah Kompak Semangati Persibo
  • Pertandingan Perdana Pegadaian Liga 2, Persibo Bojonegoro Ungguli Gresik United 2-1
  • Safari Politik, Bacabup Setyo Wahono Bersama PCNU Bojonegoro Konsolidasi dengan MWC NU
  • Adira Finance Rayakan Hari Pelanggan Nasional Melalui "Adira Menyapa Sahabat"
  • Tenggelam di Galian Pembuangan Air, Seorang Bocah di Kalitidu, Bojonegoro Meninggal
  • Bupati Blora Apresiasi PT SPHC Bangun 20 Jamban untuk Keluarga Kurang Mampu
  • Pedayung Blora, Rifki Bagus Winulyo, Raih Medali Perunggu di PON 2024
  • Daulat Rakyat, Bukan Daulat Raja
  • Kecelakaan di Bojonegoro, Seorang Pembonceng Motor Meninggal Terlindas Truk
  • Ditinggal Pergi ke Luar Kota, Rumah Warga Kedungadem, Bojonegoro Terbakar
Pertunjukan Seni Ketoprak ‘Siswo Budoyo’ Digelar di Desa Kanten, Trucuk, Bojonegoro

Pertunjukan Seni Ketoprak ‘Siswo Budoyo’ Digelar di Desa Kanten, Trucuk, Bojonegoro

Bojonegoro - Sebagai upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif di sektor seni pertunjukan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, pada Sabtu malam (10/08/2024) menggelar pertunjukan seni ketoprak Siswo Budoyo, di Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.
 
Pagelaran seni ketoprak yang mengambil lakon “Balelo Nami” tersebut difasilitasi oleh Anggota DPRD Provinsi Jatim Dapil 12 (Bojonegoro-Tuban) Budiono.
 
 
Kegiatan tersebut merupakan harmonisasi antara eksekutif dan legislatif, khususnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, yang telah terjalin dengan baik.
 
Selain dihadiri anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Budiono, kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Museum Negeri Mpu Tantular Sidoarjo, Sadari, Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Sudiono, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Fokopimcam) Trucuk, dan Pj Kepala Desa Kanten, Kecamatan Trucuk Tajuk Setiawan.
 
Selain itu, pagelaran seni ketoprak tersebut juga dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda setempat, serta disaksikan oleh ribuan masyarakat Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro.
 
 
 

Camat Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Biyanto, saat beri sambutan sebelum pertunjukan seni ketoprak Siswo Budoyo, di Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Sabtu (10/08/2024) (Aset: Istimewa)

 
Camat Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Biyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa bagi generasi yang saat ini berusia lebih dari 40 tahun, pagelaran seni ketoprak merupakan hal yang biasa, akan tetapi bagi generasi muda yang berusia 20 tahun ke bawah, kemungkinan hal yang baru bahkan ada yang belum pernah melihat.
 
“Acara malam ini dalam rangka melestarikan budaya Jawa, khususnya budaya yang ada di Kabupaten Bojonegoro, di antaranya adalah ketoprak.” tutur Camat Biyanto.
 
Biyanto menyampaikan bahwa budaya itu macam-macam. Ada kesenian dan juga bahasa (daerah), karena bahasa itu adalah bagian dari budaya.
 
 
Ia mengungkapkan bahwa jika dilihat sekarang ini, penggunaan bahasa daerah yang ada di Bojonegoro makin hari makin tergerus dan makin hilang.
 
“Budaya itu mencerminkan bangsa. Jadi bangsa yang kuat adalah bangsa yang benar-benar memegang teguh dan melestarikan budayanya,” tutur Biyanto.
 
Di akhir sambutannya, mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dan Forkopimcam Trucuk Biyanto berpesan kepada hadirin untuk melestarikan budaya, khususnya bahasa Jawa.
 
“Mari kita latih anak cucu kita sebagai orang Jawa, untuk bisa menggunakan bahasa Jawa dengan baik dan benar. Mari kita kuatkan nilai-nilai budaya dan bahasa di wilayah kita masing-masing” tutur Biyanto.
 
 

Kepala UPT Museum Negeri Mpu Tantular Sidoarjo, Sadari, saat beri sambutan sebelum pertunjukan seni ketoprak Siswo Budoyo, di Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Sabtu (10/08/2024) (Aset: Istimewa)

 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Evy Afianasari, yang diwakili Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Museum Negeri Mpu Tantular Sidoarjo, Sadari, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan sinergi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dengan DPRD Provinsi Jawa Timur.
 
“Hal ini menunjukkan harmonisasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi eksekutif dan legislatif telah terjalin dengan baik.” tutur Sudari membacakan sambutan Kepala Disbudpar Provinsi Jatim, Evy Afianasari.
 
 
Sudari menyampaikan bahwa ada 17 sub sektor ekonomi kreatif yang harus mendapatkan perhatian pemerintah, di antaranya sub sektor seni pertunjukan, seperti apa yang akan dilaksanakan pada malam hari ini.
 
“Dengan memperhatikan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat lanjutan, hal tersebut menjadi tugas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur untuk memberdayakan ekonomi kreatif sub sektor seni pertunjukan.” kata Sudari.
 
Sudari menyampaikan bahwa seni pertunjukan adalah cabang kesenian yang melibatkan perancang pekerja teknis dan penampil yang mengolah, mewujudkan menyampaikan sesuatu gagasan kepada audiens, baik dalam bentuk lisan, musik, tata rupa, ekspresi dan gerak tubuh, atau tarian yang terjadi secara langsung.
 
“Ketoprak adalah kesenian rakyat yang komplit karena dalam ketoprak membuat berbagai unsur kesenian lainnya. Dalam suatu pementasan ketoprak di dalamnya ada unsur karawitan, tari, peran, berkolaborasi untuk memainkan sebuah lakon kesenian.” kata Sudari.
 
 
 

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, saat beri sambutan sebelum pertunjukan seni ketoprak Siswo Budoyo, di Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Sabtu (10/08/2024) (Aset: Istimewa)

 
 
Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Budiono, kepada awak media ini menyampaikan bahwa acara ini digelar dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif di sektor seni pertunjukan.
 
Menurutnya, pemilihan pertunjukan seni ketoprak tersebut bertujuan untuk memperkenalkan dan mempertahankan identitas Jawa.
 
“Karena ketoprak merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Jawa dan mempunyai fungsi sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan yang ada di masyarakat secara umum.” tutur Budiono.
 
 
Dalam acara tersebut, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Budiono, juga sempat membagikan doorprize kepada sejumlah penonton yang hadir. (ads/red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Kejaksaan Bojonegoro Terima Pelimpahan Kasus Korupsi 4 Kades di Padangan

Berita Video

Kejaksaan Bojonegoro Terima Pelimpahan Kasus Korupsi 4 Kades di Padangan

Bojonegoro - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro terima pelimpahan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan bantuan keuangan khusus desa (BKKD) tahun ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Daulat Rakyat, Bukan Daulat Raja

Daulat Rakyat, Bukan Daulat Raja

*Oleh Muhammad Roqib, S.H.,M.H. Analis Politik dan Pemerintahan Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Gresik Para pendiri bangsa dan negara Indonesia ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Infotorial

Adira Finance Rayakan Hari Pelanggan Nasional Melalui "Adira Menyapa Sahabat"

Adira Finance Rayakan Hari Pelanggan Nasional Melalui "Adira Menyapa Sahabat"

Bojonegoro - Menyambut momentum Hari Pelanggan Nasional (HARPELNAS) 2024, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) Cabang Bojonegoro menyelenggarakan ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

16 Finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2024 Uji Talenta

16 Finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2024 Uji Talenta

Blora - Sebanyak 16 finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora tahun 2024, beradu kemapuan di Lapangan Tuk Buntung Kecamatan ...

1726328578.0412 at start, 1726328578.4288 at end, 0.38751912117004 sec elapsed