News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Penjelasan Tentang Pentingnya Pendirian AKN Bojonegoro

Perguruan Tinggi Negeri

Penjelasan Tentang Pentingnya Pendirian AKN Bojonegoro

Oleh Piping Dian Permadi

KETUA Panitia Pendirian PTN (Perguruan Tinggi Negeri) Bojonegoro Yudi Pramono, Jumat (02/09/2016) kemarin, mencoba menanggapi pemberitaan tentang Akademi Komunitas Negeri (AKN) di media massa akhir-akhir ini. Pejabat yang mendapat tugas dari Bupati Bojonegoro Drs H Suyoto MSi ini menguraikan panjang lebar tentang keberadaan AKN.  

Berikut ini penjelasannya. Pendirian AKN itu adalah amanat Undang-Undang Pendidikan Tinggi yang baru, yaitu Nomor 12 Tahun 2012 yang telah disahkan DPR RI. Yudi mengatakan, harusnya daerah bangga karena diberi kesempatan untuk pendirian PTN setingkat Diploma Satu (D1) dan Diploma Dua (D2).

Kemudian terbit Permendikbud Nomor 161/P/2012, yang menugaskan Politeknik Negeri Malang untuk membuka Program Studi Diluar Domisili (PDD) di Bojonegoro dalam rangka pendirian AKN. "Maka saya yang ditugasi sebagai Ketua PDD di Bojonegoro," ujarnya.

Saat ini memang belum AKN seperti yang diberitakan, tetapi Rintisan Akademi Komunitas. Juga bukan Rintisan Polinema karena Polinema sudah mandiri lama. Itu hanya sementara sampai dengan AKN itu mandiri. Pendirian AKN ini sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 48 Tahun 2013 yang sebelumnya berbentuk ketentuan dan persyaratan pendirian mulai tahun 2013 sudah dibakukan menjadi Permendikbud.

Bojonegoro adalah Bact I, yang dipilih Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) berjumlah 20 calon AKN di Indonesia dari 185 yang mengajukan pendirian AKN. Sedang Polinema ditugasi membina pada Bact I, yaitu Blitar, Jepara, dan Taliwang Sumbawa Barat. Disusul Trenggalek, Lumajang, dan Pamekasan. Sedangkan Lamongan dan Sumenep dibina oleh Pens Surabaya. Saat ini Pacitan dan Blitar yang sudah mandiri, karena sudah melengkapi persyaratannya.

Target yang diharapkan menurut undang-undang tersebut, ke depan AKN ini ada untuk semua kota atau kabupaten di Indonesia. Sekarang baru sekitar 85 kota dan kabupaten yang sedang dirintis dan didanai Dikti melalui pembinanya yang ditunjuk Dikti dan baru sekitar 5 kota atau kabupaten yang sudah mandiri di Indonesia. "Semoga Bojonegoro yang keenamnya," harap Yudi Pramono.

Pendirian PTN berbeda dengan PTS, kalau negeri harus ada pendampingan atau pembina dari PTN yang ditunjuk Dikti. Contoh Pens Surabaya dulunya didampingi atau dibina ITS, Polinema didampingi Universitas Brawijaya Malang. Dan, AKN Bojonegoro ditunjuk sesuai Permendikbud yaitu Polinema sebagai satuan kerja pembinanya, sampai mandiri baru dilepas menjadi satuan kerja sendiri.

Jadi semua mengikuti ketentuan Polinema termasuk anggaran pembiayaan DIPA-nya. PDD Bojonegoro tidak mengelola keuangan kecuali menyalurkan anggaran yang telah ditetapkan Polinema.

"Contoh gaji, kita tinggal mengajukan saja. Alat-alat praktek, tender juga Polinema, kita tinggal terima alat, termasuk kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dan lainnya, semua mengajukan ke Polinema. Memang ada SPP (UKP) tapi 100 persen harus disetor ke Polinema dan itu sangat ringan untuk standar kuliah di PTN hanya Rp 900.000 per semester atau Rp 150.000 per bulan, wisuda dan ijasah semua dari Polinema," terangnya.

Ke depan setelah mandiri semua pembiayaan bangunan, alat, gaji pegawai, dan lain-lain akan ditanggung seluruhnya dari Dikti. Kang Yoto, sapaan akrab Bupati Bojonegoro, sangat berharap AKN ini bisa menjadi Politeknik yang bisa membuka Diploma Tiga (D3) dan Diploma Empat (D4). Bahkan bisa saja dibuka Strata Dua (S2) dan Strata Tiga (S3) Terapan. Karena sudah diatur di Undang-Undang Pendidikan Tinggi Nomor 12 Tahun 2012.

Terkait larangan kelas jauh, PDD ini berbeda dengan kelas jauh, karena Permendikbud No. 161/P/2012 itu mengamanatkan kepada PTN pembina untuk membuka Prodi Diluar Domisili di kota atau kabupaten yang akan didirikan AKN. Jadi SK PDD tidak berlaku untuk PTN/PTS yang hanya buka kelas jauh tanpa ada rintisan PTN baru. Konsep PDD ini dibuat oleh Dikti sendiri dalam rangka proses pendirian PTN di daerah.

Setelah terbit Permendikbud di atas maka untuk menguji komitmen dan kelayakan serta minat masyarakat, PDD Bojonegoro mulai 19 September 2012 diizinkan menerima mahasiswa baru. Saat ini dari 85 Rintisan AKN di Indonesia, Bojonegoro yang terbesar dan menjadi percontohan dengan jumlah mahasiswa kisaran 1.000 mahasiswa.

Dalam persyaratan pendirian disebutkan bahwa Bupati sanggup untuk menyediakan tempat sementara, tenaga dosen, dan staf sementara.  Lalu ditetapkan SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Bojonegoro, menjadi tempat sementara sesuai arahan Bupati Bojonegoro.

"Masalah sewa, mulai tahun 2012 dicoba diusulkan sewa ke Polinema ternyata ditolak oleh Dikti dan BPK. Karena ini sama-sama aset negara tidak boleh disewakan. Sebagai kompensasi Polinema mengizinkan seluruh peralatan dan perlengkapan lain untuk digunakan praktek siswa SMKN 1 dan SMKN 2, termasuk bandwicth atau koneksi internet, dan Polinema membantu perawatan dan pemeliharaan alat. Jadi tidak benar kalau ada sewa diterima SMKN 1 dan SMKN 2," tandasnya.

Terhadap PNS yang ditugasi jadi dosen sementara memang diizinkan untuk proses pendirian ini. Setelah mandiri semua kembali ke satuan kerjanya masing-masing dan AKN akan diisi oleh Dikti sendiri. "Kita semua hanya mengantarkan untuk bisa menjadi PTN di Bojonegoro yang diamanatkan Bupati," imbuh Kepala SMK Negeri 1 Bojonegoro tersebut.

Jadi sangat disayangkan kalau program ini tidak didukung semua pihak. Apalagi Bojonegoro dengan masih banyaknya lulusan SLTA yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Maka AKN sangat tepat untuk masyarakat Bojonegoro. Letak Bojonegoro yang sangat strategis akan sangat memberi efek domino menyejahterakan rakyat.

Lokasi kampus di Dukuh Kedungrejo Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander dan sekitarnya yang sangat tandus untuk pertanian, maka dengan adanya kampus diharapkan bisa mengangkat harkat dan martabat masyarakat sekitar.

Terkait masalah beasiswa, tidak benar kalau hanya PDD Bojonegoro yang terima. Data sudah jelas banyak mahasiswa dari Bojonegoro yang menerima beasiswa sekolah di beberapa PTN dan PTS. Memang PDD agak banyak, ini strategi Bupati biar proses PTN di Bojonegoro ini bisa segera dimandirikan oleh Dikti.

"Akhirnya saya mengajak semua pihak untuk turut mendukung dan memperlancar proses pendirian PTN di Bojonegoro. Kalau ada hal-hal yang kurang, dicari solusinya bersama yang baik dengan kepala dingin. Masalah hibah daerah ke pusat sudah jelas tidak ada masalah. Contoh yang baru, yaitu barusan minggu ini ITB di Jatinangor telah dihibahkan dari Pemprov Bandung ke Dikti, juga makam Bung Karno dihibahkan ke pusat, Pacitan, Blitar dan daerah lain termasuk Lamongan," pungkasnya. (pin/tap)

Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714162382.5701 at start, 1714162382.7685 at end, 0.19845819473267 sec elapsed