News Ticker
  • Sat Lantas Polres Bojonegoro Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas di Lokasi Wisata
  • Pemerintah Desa Bleboh, Blora, Mulai Kembangkan Wisata Budaya Makam Wong Kalang
  • Polres Bojonegoro Peringati Maulid Nabi Muhammad Bersama Anak Yatim
  • Objek Wisata Air Grogoland di Dander Bojonegoro, Bisa Jadi Pilihan saat Libur Panjang
  • KPU Blora Siapkan Bilik Khusus Bagi Pemilih dengan Suhu Badan 37 Derajat
  • Wakil Bupati Budi Irawanto Ajak Warga Masyarakat Bojonegoro Berwisata di Daerah Sendiri
  • Mayat Korban Tenggelam di Bengawan Solo Bojonegoro, Identitasnya Masih Belum Diketahui
  • Peringati Hari Sumpah Pemuda, Sat Lantas Polres Bojonegoro Gelar Bakti Sosial
  • Seorang Petani Warga Sugihwaras Bojonegoro Ditemukan Meninggal Dunia saat Bekerja di Sawah
  • Warga yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Bojonegoro, Ditemukan Meninggal Dunia
  • Anak Sungai Pacal Meluap, Sejumlah Rumah Warga di Gondang Bojonegoro Tergenang
  • Seorang Tukang Kayu di Sumberrejo Bojonegoro, Meninggal Dunia Akibat Tersengat Listrik
  • Polres Bojonegoro Siagakan Personel Saat Libur Panjang Cuti Bersama
  • Warga yang Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro, Belum Ditemukan
  • Operasi Zebra Semeru 2020 Hari Kedua, Sat Lantas Polres Bojonegoro Tindak 85 Pelanggar
  • Jelang Musim Penghujan, Pembangunan Jembatan Lume, Penghubung Bojonegoro-Blora, Digenjot
  • Blusukan ke Desa Perbatasan, Pasangan ARTYS Serap Aspirasi Masyarakat Blora
  • Hingga Hari Ini, 3.450 UMKM di Bojonegoro telah Mendaftar Banpres Produktif untuk Usaha Mikro
  • Hari Pertama Operasi Zebra Semeru 2020, Sat Lantas Polres Bojonegoro Tindak 81 Pelanggar
  • Jelang Libur Panjang, Pengelola Objek Wisata di Blora Diminta Terapkan Protokol Kesehatan
  • Seorang Warga di Bojonegoro, Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Diduga Akibat 'Bediang', 6 Unit Rumah Milik Warga Kunduran Blora Ludes Terbakar
  • 7 Prioritas Pelanggaran Lalu-Lintas, Jadi Sasaran Operasi Zebra Semeru 2020 di Bojonegoro
  • Polres Bojonegoro Gelar Latihan Pra Operasi Zebra Semeru 2020

Kabupaten Bojonegoro Terima Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, pada Rabu (23/09/2020), terima Piagam Penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, atas komitmennya dalam mendukung tercapainya Universal Health Coverage (UHC) dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada tahun 2020.
 
 
Penyerahan Piagam Penghargaan tersebut dilaksanakan di Ruang Agling Dharma Pemkab Bojonegoro, oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Timur, dr I Made Puja Yasa AK, kepada Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah.
 
Kegiatan Penyerahan Piagam Penghargaan UHC tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro, Dra Nurul Azizah MM, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bojonegoro, Janoe Tegoeh Prasetijo, Kepala OPD Terkait dan tamu undangan lainnya.
 
 
 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro, Janoe Tegoeh Prasetijo, saat beri sambutan dalam acara Penyerahan Piagam Penghargaan UHC, di Ruang Agling Dharma Pemkab Bojonegoro. Rabu (23/09/2020)

 
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro, Janoe Tegoeh Prasetijo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa berdasarkan data dari BPJS Kesehatan, jumlah peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Bojonegoro hingga pertengahan September 2020 ini, dari 1.335.840 penduduk, jumlah peserta JKN KIS sebanyak 1.319.301 orang atau sebesar 98,76 persen.
 
Sementara, BPJS Kesehatan Bojonegoro telah bekerja sama denga 97 fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, baik puskesmas, klinik maupun dokter praktek perorangan, kemudian 9 fasilitas kesehatan tingkat lanjut untuk rujukan (rumah sakit), dan 5 apotek penunjang untuk pelayanan rujukan tersebut.
 
"JKN KIS di Kabupaten Bojonegoro, kami yakin tidak dapat berjalan baik, tanpa ada dukungan dari pemerintah, khususnya Ibu Bupati dan segenap jajaran pemkab Bojonegoro, serta fasilitas kesehatan dan stakeholder JKN. Untuk itu pada kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ibu Bupati berikut seluruh jajarannya," kata Janoe Tegoeh Prasetijo.
 
 
 

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Timur, dr I Made Puja Yasa AAK, saat beri sambutan dalam acara Penyerahan Piagam Penghargaan UHC, di Ruang Agling Dharma Pemkab Bojonegoro. Rabu (23/09/2020)

 
Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Timur, dr I Made Puja Yasa AAK, mengawali sambutannya mengucapkan apresiasi kepada Bupati Bojonegoro, yang sudah begitu luar biasa dedikasinya untuk masyarakat Bojonegoro dalam memberikan akses pelayanan kesehatan, sehingga pada bulan Maret 2020, hampir seluruh masyarakat Kabupaten Bojonegoro sudah menjadi peserta JKN KIS
 
"Jadi kalau kita melihat pertumbuhan kepesertaan JKN secara nasional sampai saat ini kurang lebih 83 persen, sedangkan di Jawa Timur atau lebih kurang 74 persen. Di Kabupaten Bojonegoro sudah 98 persen. Dan kalau kita liat dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur, baru 5 kota dan 1 kabupaten yang sudah UHC, 1 kabupaten yang sudah UHC tersebut yaitu Kabupaten Bojonegoro," kata  I Made Puja Yasa.
 
I Made Puja Yasa mengungkapkan bahwa rasio peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Bojonegoro, jika dibanding dengan jumlah tempat tidur di rumah sakit, untuk kelas 1 dan kelas 2 sudah terpenuhi, sementara untuk kelas 3 masih terdapat kekurangan.
 
"Kami sangat berharap lewat kesempatan ini agar rumah bisa lebih menambah jumlah tempat tidur khususnya kelas 3. Karena untuk Bojonegoro hampir semua rumah sakit sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Yang perlu di dorong adalah penambahan tempat tidur." kata I Made Puja Yasa
 
 
 
Terkait proteksi finansial, I Made Puja Yasa menjelaskan bahwa saat ini sudah berjalan dengan baik, terlebih lagi di Kabupaten Bojonegoro, ada lebih dari 400 ribu Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang di cover oleh Pemkab Bojonegoro, sehingga kemungkinan permasalahan finansial masyarakat di dalam memenuhi pelayanan kesehatan tidak ada lagi.
 
"Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Ibu Bupati yang sudah memastikan akses layanan kesehatan masyarakat miskin," kata I Made Puja Yasa.
 
Di akhir sambutannya, I Made Puja Yasamengungkapkan bahwa yang menjadi problema selanjutnya adalah bagaimana bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Untuk itu, pihaknya juga berharap kepada seluruh rumah sakit agar bisa memastikan komitmen pelayanan tersebut bisa di jalankan dengan sebaik baiknya.
 
"Kami juga memberikan apresiasi, rumah sakit, dokter dan tenaga kesehatan di Bojonegoro, meskipun dalam kondisi pandemi covid-19, masih tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Mudah-mudahan Program JKN KIS ini ke depan bisa lebih berkualitas dan tanpa adanya diskriminasi," kata I Made Puja Yasa.
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat beri sambutan dalam acara Penyerahan Piagam Penghargaan UHC, di Ruang Agling Dharma Pemkab Bojonegoro. Rabu (23/09/2020)

 
Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, dalam sambutannya berharap bahwa dengan tercapainya UHC di Kabupaten Bojonegoro, agar diimbangi dengan rasio tempat tidur di rumah sakti, khususnya untuk kelas 3.
 
"Tolong nanti di cek rasio bed (tempat tidur) di rumah sakit. Jangan sampai bed-nya kurang. Nanti dicek rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS, ada mandatory berapa rasio bed kelas 3 yang harus di siapkan," kata Bupati Anna Muawanah.
 
Pada kesempatan tersebut Bupati menuturkan bahwa Pemkab Bojonegoro pada tahun 2020 menargetkan capai UHC, di mana semua warga Bojonegoro sudah memiliki jaminan kesehatan melalui JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.
 
"Dari awal kami ingin memberikan yang terbaik kepada warga," kata Bupati Anna Muawanah.
 
 
 
Bupati menyampaikan bahwa dengan adanya pandemi Covid-19, orang yang datang ke puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya menurun. Untuk itu Bupati berharap agar para dokter dapat mengembangkan aplikasi, sehingga masyarakat dapat dilayani secara online (dalam jaringan).
 
"Untuk konsultasi itu tidak harus datang. Mulai memikirkan untuk membuat aplikasi bagaimana masyarakat untuk konsultasi tidak perlu datang," kata Bupati.
 
Di akhir sambutannya Bupati bersyukur karena Kabupaten Bojonegoro sudah masuk UHC. Menurut Bojonegoro hal tersebut karena berkat kerja-sama semua pihak. Bupati juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi atau penghargaan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada Kabupaten Bojonegoro.
 
"Bojonegoro masuk UHC kali ini berkat campur tangan kita semua. Apa yang sudah bagus kita pertahankan, agar warga masyarakat Bjonegoro semuanya mendapatkan pelayanan." kata Bupati Anna Muawanah.
 
 
 
 
Universal Health Coveage (UHC) atau yang biasa disebut sebagai jaminan kesehatan cakupan semesta, adalah program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengahadapi kesulitan finansial, dan ditunjang dengan pelayanan fasilitas kesehatan yang berkualitas.
 
UHC merupakan salah satu cita-cita Pemerintah Indonesia, dalam meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan dan derajat kesehatan. Selain itu UHC juga menjadi jalan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan melindungi dari risiko finansial akibat pelayanan kesehatan. (red/imm)
 
Berita Terkait
Camat Kalitidu untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020 Camat Malo untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020
Camat Sumberrejo untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020 Camat Gayam untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020
Camat Ngraho untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020 Camat Kasiman untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020
Camat Kapas untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020 Camat Bojonegoro Kota untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020
Camat Dander untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020 Pak Adi PU untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020
Dinas Perindustrian Kab. Bojonegoro untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-342 Tahun 2020 Dinas Perhutani untuk Hari Jadi Bojnegoro ke-343 Tahun 2020
Disdik Provinsi Jawa Timur untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-343 Tahun 2020 Kades Malo untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-343 Tahun 2020
Dinas Kesehatan Kab. Bojonegoro untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-343 Tahun 2020 Kapolres Bojonegoro untuk Hari Jadi Bojonegoro ke-343 Tahun 2020

Videotorial

'Bobota', Robot Pintar untuk Dukung Tugas Kepolisian di Bojonegoro

Berita Video

'Bobota', Robot Pintar untuk Dukung Tugas Kepolisian di Bojonegoro

Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro, membuat inovasi berbasis Informasi Teknologi (IT), yakni dengan mengembangan robot pintar yang diberi nama Robot Bojonegoro ...

Berita Video

Video Prosesi Pemakaman Positif Corona Asal Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro

Berita Video

Video Prosesi Pemakaman Positif Corona Asal Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro

Bojonegoro - Seorang warga Kabupaten Bojonegoro, yang berstatus positif terkonfirmasi virus Corona (Covid-19), pada Sabtu (11/07/2020), sekitar pukul 01.30 WIB ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Penggunaan Teknologi untuk Mengurangi Angka Kecelakaan

Penggunaan Teknologi untuk Mengurangi Angka Kecelakaan

Pada beberapa tahun terakhir, angka kecelakaan lalu lintas semakin meningkat. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor salah satunya kecepatan kendaraan yang ...

Quote

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

Quote Islami

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

KONDISI mewabahnya virus Corona (Covid-19) dalam bulan Ramadan ini tidak mengalami penurunan, bahkan semakin meningkat, maka untuk mencegah bahkan memutus ...

Sosok

Petani di Ngasem Bojonegoro ini Mencoba Peruntungan Dengan Menanam Buncis

Petani di Ngasem Bojonegoro ini Mencoba Peruntungan Dengan Menanam Buncis

Bojonegoro - Berawal dari niat untuk memaksimalkan hasil dari sawah yang dimilikinya, Charis Manan (39) petani asal Dusun Gempol Garut ...

Eksis

Toko Purnomo Bojonegoro, Eksis di Tengah Pandemi dengan Lanyanan Pembelian Secara Online

Toko Purnomo Bojonegoro, Eksis di Tengah Pandemi dengan Lanyanan Pembelian Secara Online

Bojonegoro - Sejak merebaknya pandemi virus Corona (Covid-19), yang disusul dengan kebijakan pemerintah agar masyarakat melakukan kegiatan di rumah dengan ...

Infotorial

Koestini dan Batik dalam Pemberdayaan

Koestini dan Batik dalam Pemberdayaan

Tuban - Koestini (52) tak pernah membayangkan minatnya pada batik dapat meningkatkan pamor Batik Tuban. Tak hanya itu, ia juga ...

Berita Foto

Foto Kecelakaan Lalu-Lintas di Dander Bojonegoro, yang Aklibatkan Mobil Pikap Terbakar

Berita Foto

Foto Kecelakaan Lalu-Lintas di Dander Bojonegoro, yang Aklibatkan Mobil Pikap Terbakar

Bojonegoro - Sebuah mobil pikap Mitsubishi L300 pada Minggu (18/10/2020) sekira pukul 04.00 WIB, hangus terbakar, setelah terlibat kecelakaan lalu-lintas ...

Feature

Pemerintah Desa Bleboh, Blora, Mulai Kembangkan Wisata Budaya Makam Wong Kalang

Pemerintah Desa Bleboh, Blora, Mulai Kembangkan Wisata Budaya Makam Wong Kalang

Blora - Pemerintah Desa (Pemdes) Bleboh Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, mulai berbenah mewujudkan kawasan Gunung Pontang, sebagai destinasi wisata edukasi ...

Religi

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

Oase Ramadan

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

KARENA pelaksanaan salat idulfitri berjamaah di tanah lapang atau di masjid rentan mengorbankan kepentingan yang lebih utama, yaitu memutus rantai ...

Pelesir

Objek Wisata Air Grogoland di Dander Bojonegoro, Bisa Jadi Pilihan saat Libur Panjang

Wisata Alam

Objek Wisata Air Grogoland di Dander Bojonegoro, Bisa Jadi Pilihan saat Libur Panjang

Bojonegoro - Wahana wisata air Grogoland yang berada di Desa Ngunut Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, bisa jadi destinasi wisata alternatif ...

Hiburan

Cak Nun bersama Kyai Kanjeng Meriahkan Full Moon Festival di Negeri Atas Angin Bojonegoro

Full Moon Festival #2

Cak Nun bersama Kyai Kanjeng Meriahkan Full Moon Festival di Negeri Atas Angin Bojonegoro

Bojonegoro - Full Moon Festival kembali digelar untuk yang kedua kalinya, Selasa (10/03/2020) malam, di puncak di Negeri Atas Angin ...

Statistik

Hari ini

405 kunjungan

524 halaman dibuka

71 pengunjung online

Bulan ini

191.119 kunjungan

267.270 halaman dibuka

Tahun ini

3.104.530 kunjungan

4.425.855 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 748.270

Indonesia: 10.453

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1604009664.6043 at start, 1604009664.9422 at end, 0.3378598690033 sec elapsed